bh menyusui

Mendekati waktu melahirkan dan selama periode emas bayi, BH menyusui bisa menjadi pilihan terbaik untukmu merawat diri dan si buah hati. Pasalnya, pakaian dalam ini memang memiliki desain khusus untuk menunjang aktivitas ibu menyusui secara maksimal.

Menggunakan BH khusus sangat dianjurkan, karena dalam masa menyusui payudara biasanya lebih berisi dan berat. Saraf-saraf sekitar payudara juga sensitif yang bila tidak terawat dengan baik, malah akan terasa sakit dan mengganggu aktivitasmu.

Untungnya, saat ini cukup banyak dijual BH menyusui yang nyaman dan juga tetap modis. Yuk, simak tips memilih BH menyusui yang aman.

Apakah BH menyusui aman digunakan?

BH menyusui merupakan produk yang aman digunakan dan memiliki manfaat tersendiri yang tidak bisa kamu dapatkan dari BH lainnya, saat dalam periode menyusui. Keamanan tersebut tampak melalui desainnya yang lebih mendukung daripada yang BH biasanya.

Model terbuat dari bahan lembut yang memungkinkan jaringan di sekitar payudara tetap aman. Selain itu, BH memiliki desain pas, tidak lapang ataupun sempit saat kamu pakai, sehingga payudara tidak kendur.

Beberapa BH menyusui bahkan punya bantalan ekstra di bagian cup, sehingga ASI yang merembes bisa terserap dan tidak menodai pakaian. Ini tentu menambah kenyamanan, karena kamu tidak perlu berganti pakaian terlalu sering.

Pakaian dalam ini juga fleksibel dan memberikan ruang untuk udara masuk untuk mencegah keringat berlebihan, ruam, iritasi, gatal-gatal, dan jamur.

Kegunaan BH menyusui

Pakaian dalam ini memiliki klip di dekat cup, sehingga kamu dapat menariknya ke bawah dan dengan mudah untuk memberi ASI pada bayi.

Kekuatan dukungannya juga lebih dari pada yang biasa, supaya payudara yang membesar bisa tertopang dengan sempurna. Bahannya juga lebih halus, karena menyesuaikan dengan payudara yang semakin sensitif.

Tidak semua orang membutuhkan BH khusus untuk menyusui, beberapa wanita tidak memakainya atau memilih memakai atasan nyaman yang gampang kamu angkat. Kamu juga bisa menggunakan tankini menyusui atau kamisol dengan kancing depan untuk memudahkan akses saat menyusui.

Jika sudah beralih ke pemberian ASI secara tidak langsung, kamu juga bisa berhenti menggunakan BH macam ini.

Cara memilih BH menyusui yang nyaman

Memilih BH menyusui memang berbeda dengan memilih BH biasa. Coba beberapa tips ini:

1. Jika kamu berbelanja secara langsung, cobalah beberapa gaya dan ukuran untuk menemukan yang paling pas dan nyaman.

2. Jika kamu berbelanja online, pastikan untuk membandingkan ukuran kamu dengan tabel ukuran merek yang tersedia.

3. Pilihan baik adalah yang memiliki jahitan dan tali yang kokoh.

4. Jika payudara kamu lebih besar, pilih yang punya tali yang lebarnya setidaknya dua sentimeter di bahu. Hal serupa juga berlaku untuk karet di bagian bawah cup.

5. Pastikan mata pengait tidak terlalu menonjol agar tak mengganggu sirkulasi darah di punggung. Beberapa model memiliki desain dengan mata pengait di bagian depan.

6. Saat berdiri dan duduk, tidak boleh ada bagian payudara yang terjepit atau tidak terlindungi. Untuk mencegah potensi lecet, cari bahan yang lembut seperti katun.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih BH menyusui. Yang terpenting ialah, kamu nyaman selama memakainya dan bisa memberikan ASI terbaik bagi bayi kamu.

Share artikel ini
Reference