kalori buah naga

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang banyak dipilih untuk diet dan bagi mereka yang ingin menjalani hidup sehat. Pasalnya, kalori buah naga kerap disebut cukup rendah.

Apalagi, buah ini juga memiliki rasa yang manis dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang sehat dan menyegarkan. 

Kalori buah naga

Menghitung jumlah kalori pada makanan menjadi hal yang penting bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang tengah berdiet dan mencari makanan sehat. dalam setiap 100 gram buah naga mengandung 60 kalori. 

Tidak heran jika buah yang satu ini menjadi salah satu andalan bagi orang yang tengah berusaha menurunkan berat badan atau membatasi jumlah asupan kalori. Bukan hanya itu, buah naga juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu mengendalikan rasa lapar. 

Menurut penelitian yang dimuat dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, nutrisi yang terkandung dalam buah naga adalah:

  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Seng

Selain itu, buah ini juga mengandung kalsium dan tembaga dalam jumlah kecil.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat buah naga

Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah buah naga. Pasalnya, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat memberikan sejumlah manfaat baik untuk ibu dan janin, seperti:

1. Melindungi dan menjaga kesehatan sel

Kandungan vitamin C pada buah naga berguna untuk menjaga dan melindungi kesehatan sel janin. Bukan hanya itu,  kandungan ini juga membantu membentuk kolagen dalam otot, tulang, pembuluh darah dan kulit. 

2. Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Buah naga mengandung tiamin dan jenis antioksidan yang berguna untuk membantu perkembangan otak janin. Apalagi, buah ini juga diperkaya dengan kandungan riboflavin yang bermanfaat untuk menghasilkan energi dan mendukung perkembangan otot, saraf, dan tulang bayi. 

3. Mencegah terjadinya sembelit

Bukan hanya untuk janin, buah naga juga baik untuk kesehatan ibu. Buah yang satu ini kaya akan serat yang akan membantu mengatasi sembelit di masa kehamilan. Selain buah naga, ibu juga dapat mengkonsumsi buah lain yang juga tinggi akan serat. 

Manfaat buah naga untuk diet

Kalori buah naga terbilang cukup rendah. Ini sebabnya, buah yang satu ini dapat mendukung program diet yang sedang kamu jalankan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengurangi nafsu makan

Kandungan serat yang tinggi pada buah naga dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan pun akan lebih terkendali karena kamu tidak mudah merasa lapar.

2. Mengurangi asupan kalori

Mengurangi asupan kalori sangat penting bagi kamu yang sedang diet. Salah satu makanan tersebut adalah buah naga. asupan kalorinya yang rendah akan membantu kamu untuk mengendalikan asupan kalori tinggi. Dengan begitu, diet dapat berjalan dengan lebih baik. 

3. Mengurangi penumpukan lemak perut

kandungan serat yang ada di dalam buah naga memiliki sifat prebiotik. Dengan begitu, makanan ini dapat menambah pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik sendiri berguna untuk mengurangi penumpukan lemak perut yang dapat membuat perut menjadi tampak buncit. .

Cara sehat mengonsumsi buah naga untuk diet 

Selain dimakan langsung, kamu bisa mengkreasikan buah naga, seperti:

  1. Buat smoothies

Buah naga memiliki tekstur daging yang cukup lembut dan rasa yang manis dan menyegarkan. Ini bisa menjadi pilihan smoothies yang pas untuk sarapan. Kamu juga bisa memadukannya dengan berbagai buah lain seperti pisang, nanas, kiwi, dan jeruk. 

  1. diolah menjadi puding

Jika kamu suka dengan tekstur kenyal, kamu juga bisa membuat puding dari buah naga. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu mencampurkan buah naga ini ke dalam larutan puding. Ini bisa menjadi salah satu cemilan yang enak dan sehat. Namun, pastikan untuk menghindari penggunaan gula tambahan atau batasi penggunaan gula tersebut. Apalagi, buah ini juga sudah memiliki rasa manis alami. 

Bagaimana pun cara mengkonsumsi dan mengolah buah naga, pastikan untuk mencuci buah dengan bersih, dan hindari penggunaan gula tambahan. Pasalnya, menambahkan gula, sirup atau pemanis tambahan lainnya dapat membuat kalori buah naga menjadi tinggi.

Share artikel ini
Reference