handuk wajah
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

Tips Dapatkan Kulit Mulus Dan Bebas Jerawat Dengan Handuk Wajah

Imelda Rahmawati | April 19, 2022
Share

Handuk wajah mungkin masih belum familier di kalangan orang Indonesia, masih sedikit orang yang menggunakannya. Kebanyakan dari mereka menggunakan handuk yang sama untuk wajah dan badan. Namun apakah kebiasaan ini baik untuk kulit?

Beberapa ahli kulit menyarankan untuk menggunakan alat yang berbeda untuk wajah dan badan, dengan alasan kebersihan. Setelah kamu mencuci wajah menggunakan sabun, akan lebih baik jika mengeringkannya dengan handuk bersih yang belum tersentuh apapun.

Apa itu handuk wajah?

Handuk wajah bisa disebut juga dengan waslap, penggunaannya khusus untuk mengeringkan wajah setelah cuci muka. Bentuknya persegi kecil dengan bahan kain terry retentif dengan ketebalan yang berbeda. Biasanya, berukuran kurang lebih 12 kali 12 inci (30x30cm) secara umum.

Produk ini digunakan untuk memastikan kulit wajah mendapat perawatan terbaik setelah dibilas. Cara ini akan memaksimalkan perawatan kecantikan kamu, karena handuk yang digunakan dapat dipastikan tidak terkontaminasi bakteri anggota tubuh lainnya.

Kenapa handuk badan dan wajah di pisah?

Ada banyak alasan kenapa kedua handuk harus dipisah, salah satu alasan terbesarnya yaitu karena bakteri. Berbagai bakteri, jamur, sel kulit mati, minyak, dan kotoran lainnya dapat terkumpul di handuk. Hal ini akan meningkatkan resiko iritasi, infeksi, dan jerawat pada kulit wajah yang sensitif.

Terutama bagi kamu yang memiliki tipe wajah acne prone skin, kamu harus lebih sering menggantinya. Bakteri kulit sangat mungkin berpindah-pindah antara wajah dan handuk, sehingga akan jadi masalah besar jika kulit kamu rentan berjerawat. Pastikan juga sering dicuci dan dikeringkan dengan benar.

Sebaiknya harus lebih sering diganti dan dicuci, minimal tiga hari sekali. Sedangkan untuk kulit berjerawat, lebih baik menggantinya setiap sekali pakai. Kamu setidaknya harus memiliki sekitar 3-5 handuk wajah kecil untuk penggunaan yang baik.

Manfaat handuk wajah bagi kesehatan kulit

Selain dapat terhindar dari bakteri, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari penggunaannya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat:

Dapat mengeksfoliasi kulit dengan lembut

Lapisan kulit mati pada wajah dapat terangkat saat kamu menggunakan handuk wajah, sehingga produk ini juga berperan sebagai eksfoliator. Meski berperan sebagai eksfoliator, ini aman untuk digunakan setiap hari karena tidak menghilangkan lapisan sebum yang lebih dalam dan zat sehat lainnya dari permukaan kulit.

Bisa digunakan untuk mandi

Saat sabun mandi kamu tinggal sisa sedikit, kamu bisa memanfaatkan waslap sebagai penggosok. Waslap akan menghasilkan lebih banyak busa, seluruh badan kamu pun akan tergosok dengan bersih. Pastikan langsung dicuci setelah digunakan untuk mandi, ya!

Kulit wajah lebih sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan handuk wajah dapat meminimalisir bakteri. Hal ini dapat membuat produk sabun dan skincare yang kamu gunakan bekerja lebih maksimal, sehingga kamu bisa mendapat kulit sehat bebas jerawat.

Cara memilih handuk wajah yang baik

Memilih handuk wajah yang tepat sebenarnya tidak sulit. Namun jika jenis kulit wajah kamu terlalu sensitif, maka perlu perhatian lebih untuk pemilihannya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan bahannya tidak keras, dan lembut untuk kulit.
  • Memiliki kemampuan untuk menghempaskan sel-sel kulit dan kotoran dari kulit.
  • Bersifat mudah kering.
  • Sebaiknya pilih ukuran kecil.
  • Material microfiber bisa jadi pilihan, karena memiliki tekstur lembut.

Tips membersihkan wajah dengan handuk wajah

Membersihkan wajah yang sembarangan dapat menimbulkan iritasi dan jerawat. Kamu harus membersihkan dan mengeringkan wajah dengan hati-hati, terutama bagi kulit wajah yang sedang berjerawat. Berikut beberapa tips membersihkan wajah dengannya:

  • Gunakan dalam kondisi bersih dan kering.
  • Lakukan dengan menepuk-nepukannya ke wajah.
  • Jangan menggunakannya dengan cara menggosok, karena akan menimbulkan iritasi.
  • Diamkan sebentar sebelum memakai produk perawatan kulit lainnya.

Membersihkan wajah memang terkesan sepele, namun kamu harus tetap memperhatikannya dengan tepat agar tidak timbul masalah kulit. Handuk wajah akan membantu kulit kamu terhindar dari masalah kulit, serta membantu penyerapan produk perawatan kulit secara maksimal.

Reference
Share