manfaat buah kelapa muda

Siang-siang minum es kelapa muda memang segar ya? Siapa yang akan menolak kehadiran minuman favorit keluarga ini? Kelapa muda sering hadir di tengah keluarga menjelang berbuka puasa, atau minuman segar di kala siang terik menyengat.

Rupanya tidak hanya dapat menghilangkan dahaga dan mengganti cairan tubuh yang hilang, manfaat buah kelapa muda ternyata sangat beragam. Yuk simak manfaatnya dan tips mengonsumsi air kelapa agar manfaatnya lebih maksimal untuk kesehatan.

Mengenal buah kelapa muda 

Buah kelapa baik masih muda atau sudah tua menyimpan banyak manfaat, terutama untuk kebutuhan dapur yang memerlukan kelapa sebagai salah satu bahan masakannya.

Kelapa muda sendiri merupakan sebutan untuk kelapa yang masih hijau. Daging buahnya masih tipis, berwarna putih bersih dan mempunyai air kelapa yang segar untuk dibuat minuman.

Buah kelapa atau cocos nucifera merupakan buah dengan kandungan elektrolit yang sangat besar pada air kelapanya. Air kelapa ini mempunyai kadar gula yang mirip dengan oralit atau solusi rehidrasi sehingga tanpa gula pun, kamu masih bisa menikmati minuman segar ini.

Manfaat buah kelapa muda tidak sekedar untuk penghilang haus saja karena kandungan dan nutrisinya yang amat bermanfaat. Apa saja kandungan dalam kelapa muda?

Baca juga:

Kandungan nutrisi kelapa mudamanfaat buah kelapa muda

Manfaat buah kelapa muda jika dimanfaatkan daging buah dan air kelapanya sungguh beragam. Dalam daging buahnya mengandung 77 kalori, 3,6 gr lemak, 1,4 gr protein, 257 gr kalium, 10 gr gula dan 6 mg vitamin c.

Menurut data Komposisi Pangan Indonesia masyarakat sering mengonsumsi air kelapa muda karena air buah ini mengandung nutrisi 100 gr-nya mengandung:

  • 17 kal kalori
  • 0,2 gr protein
  • 0,1 gr lemak
  • 3,8 gr karbohidrat
  • 15 mg kalsium
  • 8 mg fosfor
  • 0,2 mg besi
  • 1 mg natrium
  • 149 mg kalium

Dengan kandungan dalam air dan daging buahnya yang beragam, tidak heran jika manfaat buah kelapa muda juga tidak bisa diabaikan.

Kalium yang tinggi dalam kelapa muda menjadi salah satu minuman terbaik daripada minuman olahraga lainnya. Kalium ini bahkan  lebih baik daripada mengonsumsi 4 buah pisang. 

Air kelapa muda mempunyai kandungan air yang lebih banyak daripada kelapa yang sudah tua meskipun daging buahnya akan lebih sedikit daripada kelapa yang tua, hal itu karena 95% isi kelapa muda adalah air yang bermanfaat untuk kesehatan.

Jumlah air juga tergantung dari ukuran buahnya sehingga akan berbeda dengan kelapa lain, namun secara komposisi, kandungan gizinya tetap sama.

Baca juga: Ini Dia Kalori Buah Naga, Cocok Untuk Diet!

Manfaat buah kelapa muda

Manfaat buah kelapa muda, khususnya air kelapa untuk kesehatan memang beragam. Berikut manfaat yang dapat dirasakan tubuh, antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

penyakit pencernaan yang perlu diwaspadai

Air kelapa rupanya sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Air ini dapat mengobati gangguan pencernaan, cacingan, konstipasi, gangguan ginjal, diare hingga infeksi kandung kemih.

Air kelapa sebagai pengganti cairan juga direkomendasikan oleh who guna mengobati diare. Air kelapa merupakan minuman yang seibang untuk gangguan pencernaan.

2. Mencegah penuaan dini

Air kelapa mengandung sitokinin yang merupakan salah satu hormon pertumbuhan untuk mengatur perkembangan dan penuaan sel.

Sitokinin juga mempunyai efek anti penuaan, antitrombotik dan anti karsinogenik. Sitokinin menyeimbangkan ph dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit dan menghindari jaringan ikat.

Baca juga: Cara Mengatasi Penuaan Dini untuk Kulit Lebih Kencang dan Elastis!

3. Mengatur kolesterol dan tekanan darah

Kadar Kolesterol Normal Wanita Dewasa

Kolesterol dan tekanan darah dapat diatur dengan baik oleh air kelapa karena kandungan kalium tinggi dan natriumnya yang rendah.

Natrium dalam air kelapa dapat menurunkan kadar gula sehingga mencegah terbentuknya penggumpalan darah serta membantu meningkatkan kolesterol baik bagi tubuh.

4. Mencegah batu ginjal

Manfaat buah kelapa muda juga bagus untuk mencegah batu ginjal. Air ini dapat mencegah kristal yang terbentuk saat kalsium, dan komponen lain dalam urine.

Kristal ini biasanya menempel pada saluran kemih dan ginjal sehingga perlu dikurangi agar tidak membentuk kristal baru pada ginjal. 

5. Dukung fungsi organ tubuh

Organ tubuh memerlukan banyak nutrisi yang akan memaksimalkan fungsi organ ini. Asam amino dalam air kelapa dapat membantu pembentukan protein sehingga regenerasi sel organ semakin baik.

Kandungan enzimnya juga membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Enzim seperti asam fosfatase, dehidrogenase, diastase, katalase, peroksidase, rna-polimerase, dan lainnya membantu kerja organ lebih baik.

6. Ganti cairan tubuh seketika

minuman isotonik, manfaat buah kelapa muda
Asian young woman drink lemonade soda at the outdoors cafe and smiles

Sebagai minuman isotonic alami, air kelapa memang dapat diformulasikan sebagai minuman olahraga yang akan menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat berolahraga.

Air kelapa dapat diminum untuk pengganti cairan dan menghindari riisko mual sakit perut atau merasa kenyang dibandingkan jenis minuman lainnya.

7. Halau radikal bebas

Radikal bebas memang sangat berbahaya untuk tubuh, produksi sel ini akan sangat meningkat pada saat seseorang sakit atau stres.

Tubuh akan rusak jika radikal bebas dapat dengan mudah menjelajahi sehingga perlu anti oksidan untuk melawannya. Air kelapa diketahui dapat membantu efek stress oksidatif menjadi turun dan menangkal zat radikal bebas.

8. Obat kumur alami

Berefek sama seperti larutan antiseptic, air kelapa memang terbukti dapat mencegah radang gusi dna mengobati sakit mulut sehingga cocok digunakan sebagai obat kumur alami.

Daging buahnya dapat dimakan langsung bersama dengan airnya sehingga dapat mencegah berbagai risiko sakit pada area mulut dan gusi.

9. Membakar lemak perut

Cara membakar lemak perut

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak bermanfaat yang dapat meningkatkan pembakaran lemak perut sehingga membantu menurunkan berat badan.

Lemak perut adalah lemak berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Minyak kelapa juga merupakan minyak yang direkomendasikan untuk kamu yang sedang berdiet karena lebih sehat dan aman.

Baca juga: 13 Cara Membakar Lemak di Perut yang Efektif! Wajib Coba!

10. Memperkuat gigi dan tulang

Manfaat buah kelapa muda mengandung kalsium yang tinggi sehingga baik untuk memperkuat gigi dan tulang. Kedua masalah ini dapat diatasi dengan memperbanyak konsumsi air kelapa, apalagi bagi anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi.

11. Bantu kerja otot

Kandungan magnesium dalam air kelapa diketahui mempua membantu penyerapan potassium dna juga kalsium sehingga memaksimalkan kerja otot. Otot menjadi lebih stabil dan kuat dengan konsumsi buah kelapa yang cukup.

12. Mempercepat pembaharuan sel

Pembaharuan sel dalam tubuh bisa lebih cepat dengan konsumsi banyak air kelapa. Air ini mengandung asam amino yang bahkan lebih banyak dari susu sapi sehingga sel baru akan lebih cepat muncul dan mengganti sel-sel lama dalam tubuh.

Dengan kandungan kelapa muda yang beragam, adakah efek saat minum air kelapa berlebihan?

Efek samping minum buah kelapa muda berlebihan

menagap wanita lebih sulit menahan kencing
menagap wanita lebih sulit menahan kencing

Manfaat buah kelapa muda akan maksimal jika dikonsumsi cukup dan tidak berlebihan, berikut ini efek samping jika kamu minum air kelapa lebih banyak dari dosis harian:

1. Tidak ideal untuk atlet

Meskipun dapat mengganti cairan dengan cepat, namun air kelapa kurang cocok untuk atlet karena jumlah natrium yang lebih rendah jika tujuannya untuk rehidrasi setelah olahraga, pilihlah air biasa dengan kandungan natrium lebih tinggi dari air kelapa.

2. Minuman bersifat diuretic

Air kelapa bersifat diuretic sehingga akan mengganggu aktivitas dan membuat kamu sering mengunjungi toilet jika dikonsumsi terlalu banyak.

3. Meningkatkan kalori

Konsumsi air kelapa berlebihan akan menambahkan banyak kalori sehingga tidak cocok untuk kamu yang ingin menguranginya. Kurangi jumlah asupan agar kalori tetap terjaga.

4. Ketidakseimbangan elektrolit

Potassium yang tinggi dari air kelapa apabila dikonsumsi berlebihan malah akan mengarah ke kondisi serius sehingga batasi jumlah minumnya setiap hari.

5. Minuman pencahar

Terlalu banyak minum air kelapa dapat mengganggu sistem pencernaan karena akan terus buang air besar. Minum sedikit sedikit saja dan batasi jumlahnya.

Manfaat buah kelapa muda ternyata tidak main-main ya, tetap konsumsi dengan bijaksana agar tidak berlebihan dan mengundang risiko terhadap kesehatan, ya!

Share artikel ini
Reference