25 tips menjaga kesehatan jantung

Pola hidup sehat dapat menjadi awal bagaimana jantung juga akan sehat. Jantung adalah alat vital bagi tubuh manusia sehingga ketika terdapat penyakit yang mengganggunya, maka bisa berakibat fatal hingga berujung kematian.

Banyak orang terkena serangan jantung karena tidak menjaga kesehatan jantungnya sejak awal. Padahal langkah dalam menjaga kesehatan jantung sebetulnya muda dan bisa dilakukan sehari-hari. 

Dengan tindakan pencegahan ini, maka kesehatan jantung akan terjaga dan hidup akan lebih sehat. Ketahui 25 tips agar jantung sehat dengan cara alami dan aman. Yuk simak!

Ciri-ciri jantung sehat

Jantung sehat yang mempunyai ciri berikut ini:

  • Detak jantung. Ciri-ciri jantung sehat mempunyai detak jantung 60-100 denyut per menit. Detak jantung yang lebih lambat atau lebih cepat bisa dikonsultasikan dengan dokter untuk membuat detak jantung relative normal.
  • Tekanan darah. Jantung sehat mempunyai indikasi tekanan darah 120/80. 120 merupakan ukuran dari tekanan arteri pada tubuh dan 80 merupakan tekanan otot jantung rileks. Jika terlalu tinggi atau rendah, waspada dan segera menormalkan kembali tekanan darah kamu.
  • Tingkat energi. Ciri-ciri jantung sehat juga terlihat dari berfungsinya jantung sesuai tugasnya. Jantung akan memompa darah untuk mendapatkan oksigen dan memberikan energi cukup. 
  • Kolestrol. Ciri-ciri jantung sehat berarti kadar kolestrol juga normal. Kolestrol yang tinggi dapat menyumbat dan meningkatkan masalah pada kardiovaskular.
  • Pernapasan sehat. Jantung sehat ditandai dengan pernapasan yang juga sehat. Tubuh akan memasok oksigen yang dibutuhkan untuk dapat hidup. Jika pernafasan kurang baik, maka kesehatan jantung juga bisa terancam.

Menurut american heart association, setidaknya ada 8 kunci esensial yang dapat menjadi langkah untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. 8 kunci itu antara lain:

  • Diet
  • Aktivitas fisik
  • Hindari merokok
  • Mengatur berat badan
  • Konsumsi serat
  • Hindari lemak jenuh
  • Mengurangi garam
  • Konsumsi ikan
  • Mengelola stress

Nah, lebih detailnya berikut ini 25 tips agar jantung tetap sehat!

25 tips agar jantung sehat

Ingin menjaga jantung tetap sehat? Yuk coba 25 tips agar jantung sehat ini.

1. Selalu aktif

Aktif bergerak dan olahraga adalah tips sehat utama. Lakukan 20-30 menit olahraga dan bergeraklah aktif setiap hari. Aktivitas fisik akan membantu kesehatan jantung menjadi lebih baik.

2. Hindari rokok

Rokok menjadi penyebab utama risiko penyakit jantung koroner baik untuk perokok aktif maupun pasif. Tidak hanya jantung, namun kesehatan seluruh tubuh bisa menjadi taruhannya.

Rokok dapat mengganggu kesehatan jantung dengan mengacaukan sistem pernapasan, oksigen dan nutrisi tubuh.

Baca juga: Bahaya Merokok yang Wajib Kamu Ketahui! 

3. Perbanyak serat

Serat akan menurunkan kadar LDL atau kolestrol jahat yang dapat meningkat risiko jantung. Konsumsi serat 30 gram per hari. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak ya, imbagi dengan minum air secara rutin.

4. Konsumsi asam lemak omega 3

25 Tips menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah mengonsumsi asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 bisa didapat dari berbagai ikan seperti bawal, tuna, kembung, salmon dan sebagainya. Makanan ini dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

Baca juga: Omega 3 untuk Ibu Hamil: Manfaat, Sumber, dan Tips Mengonsumsinya! 

5. Konsumsi lemak baik

Batasi lemak jenuh dan konsumsi lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol sehingga terjadi penyumbatan pembuluh darah dan risiko penyakit jantung yang besar.

6. Jaga tekanan darah

Cara Menurunkan Hipertensi di Usia Muda

Jaga tekanan darah tetap stabil dengan menghindari alkohol dan menghindari pecahnya pembuluh darah. Kesehatan jantung juga akan dipengaruhi oleh tekanan darah yang stabil.

7. Jaga kadar gula darah

Tidak hanya diabetes, penyakit jantung bisa juga menyerang jika kadar gula darah terlalu tinggi. Konsumsi makanan rendah karbohidrat dan kurangi asupan gula agar kadar gula tetap stabil dan sehat.

8. Istirahat cukup

25 Tips supaya jatung tetap sehat selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Hindari begadang dan tidur cukup 7-8 jam setiap hari demi jantung sehat, mencegah darah tinggi, diabetes hingga obesitas.

9. Konsumsi ikan

manfaat ikan pollock untuk kesehatan

Ikan menjadi sumber omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi makanan laut ini rutin dan dikombinasikan dengan jenis makanan lain agar terhindar dari gangguan penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Manfaat Ikan Pollock untuk Kesehatan! 

10. Kelola stress

Saat stress, tubuh memproduksi adrenalin sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Jika sering stress maka kesehatan jantung juga bisa berpengaruh.

Hindari stress dengan menonton film, membaca buku dan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

11. Kurangi garam

Terlalu sering mengonsumsi garam dapat berakibat pada masalah jantung. Batasi 6 gram per hari atau sekitar 1 sdm garam dan selalu cek kemasan makanan siap saji untuk mengetahui berapa takaran garamnya.

12. Atur berat badan

Mengatur berat badan ideal akan mencegah penyakit jantung datang. Konsumsi makanan sehat bergizi, perbanyak buah dan sayur serta lakukan diet sehat yang disarankan para ahli gizi.

13. Senam

Manfaat senam irama

Senam akan membuat tubuh lebih rileks dan memengaruhi kesehatan jantung. Pilih senam yang kamu suka dan tidak terlalu berat sehingga mudah dilakukan setiap hari. Kamu bisa mengikuti senam aerobik, zumba, senam irama, atau lainnya.

14. Tertawa

Tertawa dapat menurunkan hormon stress, meningkatkan kesehatan dan melawan peradangan di arteri. Cobalah menonton film lucu atau bercengkrama bersama teman agar menaikkan mood bahagia kamu.

15. Makan coklat

Tidak hanya lezat, cokelat dikenal sebagai cemilan yang ramah jantung karena mengandung tinggi flavonoid. Makan coklat hitam akan lebih baik kamu konsumsi sewaktu-waktu untuk meningkatkan kesehatan jantung kamu.

16. Konsumsi kacang-kacangan

Apakah kacang menyebabkan jerawat?

Kacang hitam, almond, walnut menjadi rekomendasi kacang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kacang tinggi serat sehingga dapat membantu kesehatan jantung dengan menghilangkan lemak jahat dalam tubuh.

17. Fitness

Fitness bisa menjadi media olahraga yang sangat menyenangkan. Menikmati berbagai gerakan fitness atau olahraga lain bisa membakar kalori dan melatih jantung sehat.

18. Pelihara hewan

Memelihara hewan bisa menjadi terapi yang direkomendasikan untuk kesehatan jantung. Banyak penelitian yang menemukan bahwa hewan peliharaan dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan jantung.

19. Bakar lemak jenuh

Hilangkan dan bakar lemak jenuh dengan cara mudah seperti banyak bergerak, konsumsi makanan rendah lemak dan rutin berolahraga.

20. Jangan lewat sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang penting. Sarapan bisa menjadi nutrisi seharian penuh, mengatur berat badan dan menyehatkan jantung. Pilih makanan penuh protein, rendah lemak, dan kaya serat.

Baca juga: Rekomendasi Sarapan Sehat untuk Diet Kamu Sukses!

21. Naik turun tangga

Naik turun tangga bisa menjadi latihan yang baik untuk jantung kamu. Daripada menggunakan lift atau elevator, cobalah naik turun tangga sebagai olahraga sederhana.

22. The untuk kesehatan jantung

Minum teh hijau atau teh hitam untuk menjaga kesehatan jantung. 3 gelas per hari minum jenis the ini mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung yang mengintai.

23. Menyikat gigi

Rajin menyikat gigi dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Diketahui bahwa bakteri yang menyebabkan penyakit gusi ternyata dapat meningkat risiko serangan penyakit jantung dan tentunya menjaga kesehatan gigi dan gusi akan baik untuk kesehatan, ya.

24. Jalan kaki

Coba berjalan kaki saat sedang marah, buntu atau jengkel. Berjalan 5-10 menit akan membantu menjernihkan pikiran, menurunkan stress dan juga menyehatkan jantung.

25. Selalu bahagia

Stress, marah dan cemas bisa menurunkan kesehatan jantung, sebaiknya, dengan bahagia kamu bisa meningkatkan kembali kesehatannya. Kurangi stress dan perbanyak kebahagiaan agar kesehatanmu lebih terjaga.

Mengapa kesehatan jantung perlu diperhatikan

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh yang memengaruhi keberlangsungan hidup. Jantung memompa darah yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh sehingga perlu dijaga kesehatannya.

Jika jantung bermasalah, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan juga dapat terganggu. Tetap jaga dan lakukan 25 tips agar jantung sehat sederhana ini agar hidup bisa semakin sehat dan lama!

Share artikel ini
Reference