Istilah rambut lepek digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi di mana rambut menjadi rata dan terlihat berminyak. Ada berbagai penyebab rambut menjadi lepek, seperti pengaruh iklim dan cuaca, polusi tinggi.

Kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh cara mencuci rambut yang salah, penggunaan sabun serta hijab yang tidak tepat. Alhasil hal itu membuat kelenjar minyak yang terlalu aktif di kulit kepala, kulit kepala rentan berkeringat dan gatal-gatal.

Bagaimana sih cara agar rambut tidak lepek? Cari tahu rahasianya di sini!

Ciri-ciri rambut lepek

Seringkali rambut lepek disertai dengan bau tidak sedap yang pasti akan mempengaruhi penampilanmu. Selain bau, ada beberapa ciri yang perlu kamu ketahui tentang kondisi rambut ini:

  • Rambut terlihat menipis (volume rambut berkurang)
  • Kulit kepala berminyak
  • Rambut terasa kaku
  • Rambut sulit diatur

Penyebab rambut jadi lepek

kondisi tambut lepek

Sebelum mengetahui cara agar rambut tidak lepek, yuk cari tahu dulu penyebabnya!

Faktor gen

Sama seperti kulit di wajah, kulit kepala juga memiliki kelenjar minyak, dan setiap orang menghasilkan jumlah minyak yang berbeda.

Perhatikan orang tua atau anggota keluargamu. Apakah rambut mereka biasanya cepat berminyak? Jika demikian, maka kamu juga lebih rentan terhadap rambut lepek.

Cuaca panas

Selain ketombe, rambut lepek adalah salah satu dari tiga masalah rambut teratas bagi wanita Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah cuaca panas khas negara tropis.

Saat kepanasan, keringat akan keluar. Keringat ini juga membawa minyak ke kulit kepala dan mendistribusikannya ke seluruh rambut.

Debu dan polusi

Paparan kontaminasi kulit umumnya meningkatkan produksi minyak. Partikel yang sangat kecil dapat menempel pada kutikula dan perlahan merusak batang rambut. Ini akan membuat rambut menjadi kusam dan berminyak.

Jarang keramas

Banyak orang mengatakan bahwa keramas setiap hari dapat membuat rambut menjadi kering. Padahal, salah satu penyebab rambut lepek adalah penumpukan minyak dan kotoran di kulit kepala.

Jika kamu jarang mencuci rambut, rambutmu akan lebih rentan lepek.

Baca juga: Berapa Kali Keramas yang Baik? Bolehkan Setiap Hari? 

Salah pilih sampo

Memilih sampo yang salah dapat menyebabkan ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala. Hal ini  berpotensi membuat rambutmu semakin berminyak. Ketahui kondisi kulit kepala dan jenis rambutmu, lalu sesuaikan produk sampo yang ingin kamu gunakan.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok, Secara Medis dan Alami! 

10 cara agar rambut tidak lepek

jarang keramas sebabkan rambut lepek

Nah, daripada pusing-pusing dan bete karena rambut lepe, kamu bisa pakai cara agar rambut tidak lepek seperti di bawah ini!

1. Konsumsi antioksidan dan protein tinggi

Rambut membutuhkan protein yang dikenal sebagai keratin. Jika rambut kekurangan protein keratin, rambut akan menjadi tipis dan mudah rontok.

Untuk memenuhi kebutuhan keratin, kamu disarankan mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging, gandum, kacang-kacangan, telur, dan yogurt.

Tambahkan juga  makanan kaya antioksidan seperti apel, pir, pisang, alpukat, dan sayuran berdaun hijau.

2. Ubah belahan rambut

Cara agar rambut tidak lepek selanjutnya adalah mengubah belahan rambut. Mengubah belahan rambut tidak hanya membuatmu terlihat lebih segar, tetapi ini juga merupakan cara untuk membuat rambutmu terlihat lebih bervolume.

Setelah keramas, ubah belahan rambutmu yang masih basah, dan biarkan mengering.

3. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Jika rambutmu diikat terlalu kencang, masalah rambut lepek bisa terjadi. Kamu juga harus hindari menggunakan karet gelang karena gesekannya dapat merusak rambutmu. Sebaiknya gunakan ikat rambut  kain.

4. Pakai lidah buaya

Mengaplikasikan lidah buaya pada rambut juga bisa jadi cara agar rambut tidak terlalu berminyak, lho. Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang efektif menutrisi rambut dan kulit kepala.

Lidah buaya mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B, C dan E, sehingga kamu dapat memakainya secara teratur setiap hari untuk mendapatkan efeknya.

5. Perhatikan penggunaan kondisioner

Kondisioner memiliki kemampuan untuk melembutkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Saat menggunakan kondisioner, berhati-hatilah agar tidak mengoleskannya langsung ke akar rambut.

Menggunakan kondisioner pada garis rambut  membuat kulit kepala berminyak dan menjadikan rambut menjadi lepek.

6. Gunakan dry shampoo

Cara agar rambut tidak berminyak yang sedang menjadi tren saat ini adalah penggunaan dry shampoo. Produk ini bisa jadi penyelamat bagi kamu yang ingin keramas tapi tidak sempat keramas.

Untuk menggunakannya, kamu tidak perlu membasahi rambut terlebih dahulu. Dry shampoo yang kamu gunakan juga tidak perlu dibilas. Produk ini dapat menyerap minyak berlebih pada rambut dan mengembalikan volume rambut.

7. Memanfaatkan bedak bayi

Bedak bayi bisa jadi pengganti dry shampoo. Seperti dry shampoo, bedak bayi dapat menyerap minyak berlebih dari kulit kepala. Pertama, gosokkan bedak bayi pada telapak tangan, lalu oleskan pada akar rambut dan kulit kepalamu.

8. Gunakan roll rambut

Masih belum ampuh cara agar rambut tidak lepek? Coba pakai roll rambut. Dengan rol rambut, bagian atas rambut dapat terlihat lebih bervolume. Untuk hasil terbaik, gunakan rol rambut selama 30-60 menit.

9. Perhatikan penggunaan vitamin rambut

Vitamin rambut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Namun, berhati-hatilah saat menggunakannya. Terlalu banyak vitamin rambut sebenarnya bisa membuat rambutmu berminyak dan lepek.

Kamu juga harus ingat untuk tidak menggunakan vitamin rambut pada garis rambut. Cukup mengoleskan vitamin rambut ke batang di ujung rambut.

Baca juga: 7 Vitamin Penting untuk Rambut Lebih Sehat!

10. Hindari produk yang mengandung silikon

Banyak  sampo, kondisioner, dan produk perawatan rambut lainnya  menggunakan silikon untuk  membuat rambut terlihat lembut dan lembab.

Jenis silikon yang  paling umum ditemukan adalah dimethicone, cyclomethicone, dan amodimethicone. Ketika silikon menumpuk di rambut, rambut bisa terlihat sangat lepek.

Itulah beberapa cara agar rambut tidak lepek yang bisa kamu terapkan di rumah. Bye bye rambut lepek!

Share artikel ini
Reference