masturbasi wanita

Masturbasi sering dilakukan untuk memenuhi hasrat seksual seseorang. Kegiatan ini biasanya dilakukan sendiri, atau dengan bantuan orang lain. Beberapa orang menganggap masturbasi adalah tabu. Ini juga dianggap sebagai bentuk gangguan seksual. Namun, dari sudut pandang medis, ada manfaat masturbasi bagi wanita.

Faktanya, sebuah penelitian mengatakan bahwa hampir 59% orang yang melakukan masturbasi setiap minggu juga mengatakan bahwa mereka memiliki citra tubuh yang positif. Berikut manfaat masturbasi bagi wanita yang perlu kamu ketahui!

Manfaat masturbasi bagi wanita

wanita mencapai puncak

Beberapa penelitian juga menunjukkan hal itu dapat menurunkan kecemasan. Ketika kamu mengalami orgasme, otak kamu bekerja sangat keras untuk menghasilkan banyak hormon dan neurokimia yang berbeda.

Ini termasuk serotonin dan dopamin, yang memberi kamu perasaan senang dan puas. Oksitosin juga dilepaskan yang dapat membuat kamu merasa sejahtera, dekat, dan kasih sayang.

Megan Andelloux, seorang seksolog dan pendidik seksualitas mengatakan bahwa “Masturbasi bisa menjadi perilaku menenangkan diri yang menenangkan pikiran kita, membuat kita terhubung dengan tubuh kita, dan memberi kita waktu untuk fokus pada diri kita sendiri daripada mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan.”

Ternyata, masturbasi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan wanita. Berikut ini adalah manfaat masturbasi bagi wanita, di antaranya:

1. Mencegah kerutan di wajah

Sebuah penelitian melaporkan bahwa orgasme, baik yang dicapai dalam masturbasi atau seks, dapat membuat seseorang merasa jauh lebih tenang dan nyaman.

Kondisi ini akan menghindarkan kamu dari stres. Setiap kali kamu stres, kadar hormon oksitosin dalam tubuh akan menurun sehingga memicu kecemasan yang berlebihan hingga berpengaruh pada kulit.

Sehingga jerawat muncul karena adanya efek stres dari kulit. Selain itu, stres juga bisa membuat kulit tidak segar lagi bahkan menimbulkan kerutan dan garis halus.

2. Awet muda

Selain dapat meningkatkan jumlah hormon estrogen, manfaat lain dari orgasme adalah baik untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh kamu. Artinya, akan banyak sel darah merah yang membawa oksigen ke wajah.

Saat aliran darah lancar, otomatis akan terjadi peningkatan jumlah oksigen. Nah, banyaknya oksigen yang terkandung dalam darah akan merangsang produksi kolagen di kulit. Kulit wajah lebih awet muda karena tanda-tanda penuaan dapat dicegah.

3. Menghilangkan stres

Pelepasan endorfin yang diinduksi oleh orgasme juga dapat membantu menghilangkan stres dan membuat kamu dalam suasana hati yang baik. Hal ini karena endorfin dapat menimbulkan perasaan positif pada seseorang.

4. Mampu meningkatkan kognisi pada seseorang

Kognisi adalah fungsi otak tingkat tinggi yang mencakup bahasa, imajinasi, persepsi, dan perencanaan. Masturbasi dapat meningkatkan kognisi kamu seiring bertambahnya usia.

Para ahli belum yakin mengapa hubungan ini mungkin ada, tetapi mereka menyarankan bahwa neurotransmiter seperti dopamin, yang terlibat dalam aktivitas seksual, dapat menawarkan manfaat perlindungan bagi otak.

5. Bermanfaat untuk harga diri

Para ahli mengatakan mereka yang nyaman masturbasi merasa lebih nyaman dengan tubuh dan seksualitas mereka.

6. Lebih mudah untuk tidur nyenyak

Ini karena setelah kamu mengalami orgasme, tubuh melepaskan vasopresin. Ini menyertai melatonin yang mengontrol siklus tidur kamu. Ketika oksitosin menenangkan pikiran kamu dan dopamin dan serotonin membuat kamu merasa sangat puas, itu bisa menjadi kombinasi sempurna untuk tidur nyenyak dan sehat.

7. Mengurangi gejala PMS

Pada saat PMS tiba, beberapa wanita mungkin merasakan berbagai keluhan seperti pusing, dan sakit perut. Masturbasi bisa membantu meredakan apa saja, mulai dari kram, nyeri punggung hingga pusing.

Cara masturbasi bagi wanita

Apakah menggunakan jari bisa menghilangkan keperawanan

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan masturbasi, berikut cara yang bisa kamu coba:

1. Perhatikan orang lain dan pelajari

Untuk mengetahui caranya, langkah pertama yang bisa kamu coba adalah memperhatikan orang dan mempelajari apa yang mereka lakukan.

Kamu dapat menonton film dewasa, atau membaca cerita novel dewasa.

2. Beri diri kamu waktu bebas stres untuk menjelajah

Jika kamu tahu jenis stimulus apa yang tidak kamu sukai, proses eliminasi membutuhkan keberanian, tekad, dan kesabaran, dan terkadang perlu beberapa kali meleset untuk menemukan pukulan. Bebaskan diri kamu untuk menjelajahi tubuh kamu, dan jangan memaksakan diri untuk mencapai orgasme pada akhirnya.

Efek samping masturbasi pada wanita

Manfaat masturbasi bagi wanita memang ada, namun ada efek samping yang perlu kamu ketahui dan waspadai. Berikut adalah efek samping dari masturbasi, antara lain:

1. Bisa menurunkan libido

Jika kamu kecanduan masturbasi, kehidupan seks kamu akan terganggu. Hal ini karena masturbasi bisa menurunkan libido, penyebabnya adalah ejakulasi berlebihan sehingga bisa menyebabkan bosan saat berhubungan seksual.

2. Tidak seimbangnya mental dan fisik

Sebaiknya, jangan terlalu sering melakukan masturbasi. Hal ini karena bisa menyebabkan tidak seimbangnya mental dan fisik kamu.

Jika kamu disibukkan dengan hal ini, bisa jadi akan cenderung melupakan aspek kehidupan lainnya. Kamu bisa menjadi pecandu, dan merasa bersalah, hingga membuat harga diri kamu ikut terpengaruh.

3. Berbahaya selama kehamilan

Ibu hamil suka melepaskan ketegangan seksualnya yang terbukti menjadi tekanan berlebihan pada rahim sehingga cukup berbahaya bagi rahim. Karena itu, lebih baik menghindari masturbasi selama kehamilan.

Bagi kamu yang tengah hamil, sebaiknya hindari masturbasi karena bisa berisiko tinggal terhadap kehamilan kamu. Orgasme dapat menyebabkan perubahan dalam persalinan.

4. Trauma emosional

Dapat membuat seseorang merasa bersalah menurut budaya, agama, dan keyakinan spiritualnya. Beberapa menganggapnya tidak bermoral atau salah dan kotor. Dalam kasus seseorang merasa bersalah lebih baik untuk curhat pada seseorang yang dekat dengan diri sendiri atau berbicara dengan seksolog.

Masturbasi masih dianggap tabu bagi sebagian orang. Namun ternyata, manfaat masturbasi bagi wanita baik untuk kesehatan. Idealnya melakukan masturbasi 2-3 dalam seminggu agar manfaatnya masih bisa dirasakan, jika lebih dari itu dalam seminggu maka hormon kita sudah tidak teratur lagi.

Share artikel ini
Reference