masturbasi saat haid

Studi pada 2013 tentang hormon dan pengaruhnya terhadap perilaku manusia menemukan peningkatan hasrat dan gairah seksual terjadi akibat penurunan kadar estrogen di awal periode haid, lalu meningkat (melonjak) seiring berjalan waktu. Hormon estrogen inilah yang menjadi hormon seks utama perempuan, sehingga bisa meningkatkan dorongan dan fungsi seks.

Beberapa wanita, termasuk kamu, mungkin kerap bertanya-tanya apakah berbahaya masturbasi saat haid? Hal ini mungkin karena beberapa wanita merasakan adanya keinginan merangsang diri sendiri sampai merasakan kepuasan seksual di sekitar masa haid meningkat cepat dan tiba-tiba.

Nah, agar lebih jelas, yuk simak penjelasan lengkapnya di sini!

Apa boleh masturbasi saat haid?

Dilansir dari Planned Parenthood, masturbasi saat haid terbilang cukup aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, sebaiknya hanya dilakukan dengan meraba atau memberikan pijatan ringan pada bagian luar alat kelamin untuk mendapatkan rangsangan.

Jika masturbasi saat haid dilakukan dengan alat bantu seks atau sex toys, dan wanita tersebut sedang menggunakan menstrual cup atau tampon, risikonya penampung darah haid bisa terdorong ke dalam vagina, sehingga alat ini jadi susah dikeluarkan.

Selain itu, wanita yang ingin melakukan aktivitas ini, juga harus memastikan bahwa ia telah menjaga kebersihan area intimnya selama dan setelah masturbasi agar aktivitas seks ini tidak menyebabkan infeksi.

Efek masturbasi saat haid

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masturbasi saat haid tidaklah berbahaya. Malahan masturbasi saat haid memiliki beberapa potensi manfaat bagi wanita.

Dilansir dari Women’s Health, masturbasi secara umum bisa meningkatkan kadar hormon yang mendorong perasaan bahagia, seperti serotonin dan dopamin. Ketika orgasme, tubuh wanita juga melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin.

Berikut beberapa manfaat dari aktivitas ini yang dilakukan secara aman bagi wanita:

  • Memperbaiki suasana hati yang biasanya memburuk saat PMS sampai awal haid
  • Mengurangi rasa sakit atau nyeri haid
  • Membantu tidur lebih nyenyak
  • Terasa lebih puas karena aliran darah ke alat kelamin meningkat selama haid

Meskipun begitu, kamu perlu ingat bahwa jika ingin masturbasi saat haid, kamu harus melakukannya dengan cara yang aman. Jaga kebersihan area intim selama dan sesudah masturbasi agar tidak berisiko jadi pintu penularan penyakit seksual. Jika masih ragu melakukan masturbasi saat haid, coba konsultasikan dengan dokter.

Risiko masturbasi saat haid

Meskipun masturbasi saat haid terbilang aman, namun ada beberapa risiko yang harus kamu hadapi jika aktivitas seksual ini tidak dilakukan dengan benar dan aman. Seperti yang telah dijelaskan, masturbasi saat menstruasi yang dilakukan dengan alat bantu seks akan menjadi masalah jika kamu menggunakan menstrual cup atau tampon.

Kenapa? Sebab, dengan penggunaan mainan tersebut, menstrual cup atau tampon dapat terdorong ke dalam vagina. Alhasil, menstrual cup atau tampon jadi sulit untuk dikeluarkan. Sehingga, bisa menyebabkan iritasi.

Selain itu, masturbasi saat menstruasi juga dapat menyebabkan infeksi jika kamu tidak menjaga kebersihan area intim selama dan setelah masturbasi. Mengingat saat haid, kondisi area vagina cukup lembab, sehingga bakteri dan jamur mungkin akan lebih banyak. Infeksi ini dapat menyebabkan kondisi, seperti gatal atau perih.

Hal yang harus diperhatikan sebelum masturbasi saat haid

Sekarang kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara masturbasi saat haid yang aman. Hal ini tentu saja penting kamu ketahui sebelum memutuskan apakah kamu akan melakukan masturbasi saat menstruasi.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan masturbasi. Kamu dapat melakukan masturbasi dengan memijat, meraba, atau menyentuh alat kelamin. Dalam hal ini, masturbasi bisa dilakukan kapan saja termasuk saat menstruasi.

Namun perlu diingat bahwa saat haid, leher rahim akan lebih terbuka. Hal ini bisa menyebabkan lebih mudah terjadinya penularan infeksi dan penyakit menular seksual, terutama jika menggunakan sex toys atau mainan sex secara bergantian.

Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan pemakaian mainan tersebut dalam melakukan aktivitas seksual ini di saat haid. Apabila masturbasi dilakukan hanya dengan tangan (tanpa sex toys), maka tidak masalah jika masturbasi dilakukan saat menstruasi. Namun, tetap perhatikan kebersihan tanganmu ya!

Share artikel ini
Reference