cara berkenalan dengan orang baru di media sosial

Jika kamu ingin punya teman baru, internet bisa menjadi salah satu opsi yang baik untuk kamu. Namun, menemukan calon teman dan berbicara dengan orang-orang secara online tidak selalu mudah.

Kamu mungkin kesulitan untuk memikirkan topik apa yang ingin dibicarakan atau mungkin tidak tahu harus mulai mencari teman online di mana. 

Dalam artikel ini, kamu akan belajar bagaimana bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama dan sedang mencari teman baru. Yuk, cari tahu bagaimana cara berkenalan dengan orang baru di sosial media!

8 Cara Berkenalan dengan Orang Baru di Media Sosial

cara berkenalan dengan orang baru yang

Supaya tidak canggung dan terlihat cringe, ini beberapa cara berkenalan dengan orang baru di media sosial. Yuk, simak!

1. Pahami niatmu

Sebelum mencari teman secara online, pastikan kamu tahu apa yang sedang kamu cari. Apakah kamu mencari seseorang untuk ngobrol?

Apakah kamu ingin menjalin persahabatan yang berlanjut ke dunia nyata? Apakah kamu ingin memiliki teman untuk alasan pribadi atau ada alasan lain?

Memahami apa yang kamu cari akan membantu memfokuskan energimu ke dalam ruang online yang tepat.

2. Coba aplikasi media sosial yang mendukung

Mungkin kamu menjalani kehidupan yang sibuk sehingga sulit untuk bertemu orang baru. Selain media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter, ada banyak aplikasi pertemanan yang dapat dipilih untuk terhubung dengan orang-orang di sekitarmu, seperti Bumble BFF atau Friender.

Isi profilmu dengan foto, tautkan akun media sosial lain seperti Spotify, Instagram, atau Snapchat, dan yang paling penting, isi bagian tentang dirimu untuk memberikan gambaran kepribadianmu dan jenis pertemanan yang kamu cari.

Tips Aman Menggunakan Aplikasi Kencan Online, Yuk Simak!

3. Bergabung dengan komunitas online

Dengan internet, kamu bisa bertemu dengan siapa pun dan di manapun.

Hal ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk introvert yang mungkin tidak merasa nyaman bersosialisasi tatap muka tetapi ingin membangun hubungan yang bermakna.

Kabar baiknya, ada banyak komunitas online yang bisa kamu masuki. Cobalah bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai dengan minatmu. 

4. Ambil inisiatif

Ada banyak cara menyenangkan untuk memulai percakapan online. Jangan selalu menunggu orang lain untuk mengobrol denganmu.

Ambillah inisiatif untuk memulai percakapan baru. Pikirkan apa yang menarik perhatianmu ketika bertemu orang baru: tanyakan pertanyaan umum seperti makanan favorit atau, minta saran, seperti rekomendasi film, musik, dan sebagainya.

Cara tersebut dapat membantumu melihat apakah kamu punya minat yang sama dengan lawan bicaramu.

Hati-Hati Doxing Di Media Sosial, Ini Cara Menghindarinya!

5. Pahami petunjuk

Interaksi online tidak memungkinkan kita untuk melihat langsung bahasa tubuh dalam percakapan. Jika seseorang hanya membaca chat-mu dan memberikan balasan, pahami petunjuknya.

Ini bisa jadi dia tidak ingin berbicara denganmu. Fokuslah pada orang yang benar-benar ingin berbicara denganmu.

6. Coba bertemu di tempat umum

Jika kamu telah menemukan seseorang yang kamu merasa nyaman untuk menjalin persahabatan baru, saatnya untuk membawa hubungan itu ke dunia nyata.

Coba tukar nomor telepon dan bertemu di tempat umum. Bertemu dengan seseorang di tempat umum adalah kesempatanmu untuk memastikan naluri kamu benar dengan cara yang aman dan mengubah hubungan virtual menjadi hubungan tatap muka.

7. Jadilah dirimu sendiri

Cara berkenalan dengan orang baru di media sosial selanjutnya adalah menjadi diri sendiri.

Kunci dari setiap hubungan yang baik adalah kejujuran dan transparansi. Ini tidak hanya berlaku untuk pasangan saja, tetapi juga untuk persahabatan atau partner bisnis.

Persahabatan dan berbisnis harus dengan kejujuran. Oleh karena itu, jadilah diri sendiri.

Apa Itu Percaya Diri dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

8. Have fun!

Teman yang baik akan membawa hal terbaik dalam diri kita. Jika kamu berkenalan dengan teman baru secara online, bersenang-senanglah dengan mempelajari hal-hal menarik tentang dirinya.

Pelajari latar belakang diri dan budayanya, yang tentu saja akan memberikan pengalaman unik untukmu. 

Nah, itu dia beberapa cara berkenalan dengan orang baru di sosial media. Selamat mencoba!


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference