cara memuji wanita

Bagi kamu yang ingin memuji wanita kuat dalam kehidupan yang selalu mendukung kamu dan bingung bagaimana caranya, tidak perlu khawatir!

Ada beragam cara memuji wanita yang membuat mereka merasa dihargai atas segala yang telah dilakukan. Namun, pujian tentu ada batasnya. Bingung harus mulai dari mana? Simak informasi lengkapnya di sini!

Cara memuji wanita tanpa bikin ilfeel

memuji wanita tanpa membuat ilfeel

Setiap wanita tentunya senang mendapatkan pujian dari orang terdekatnya. Namun, terkadang pujian yang kurang tepat malah bisa membuat wanita tersebut merasa tidak nyaman atau bahkan ilfeel

Oleh karena itu, diperlukan deretan cara memuji wanita yang tepat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman atau membuat wanita tersebut tidak nyaman. Berikut beberapa cara memberikan pujian kepada wanita tanpa bikin ilfeel.

1. Fokus pada prestasi dan kemampuan

Jika ingin memberikan pujian, kamu sebaiknya fokus pada prestasi atau kemampuan yang sudah mereka raih. Begini contoh-contohnya:

  • “Kamu benar-benar hebat mengatur waktu, aku kagum sekali dengan kemampuanmu ini”
  • “Kamu sangat pintar dan terampil, aku sangat beruntung bisa belajar dari kamu”
  • “Kamu memiliki bakat yang luar biasa, dan itu sangat terlihat dari hasil karya yang kamu buat”

Gentleman, Ini 5 Cara Peka terhadap Wanita

2. Tidak fokus pada penampilan fisik

Cara lainnya untuk memuji dengan bijak adalah JANGAN FOKUS pada penampilan fisiknya saja.

Contohnya, “Kamu cantik sekali hari ini” atau “Baju yang kamu pakai terlihat seksi di tubuh kamu”. Alih-alih begitu, fokus memuji kemampuan atau kepribadian mereka lebih baik. 

3. Berikan pujian dengan kata-kata sopan

pujian ke wanita

Usahakan untuk memilih kata-kata sangat penting ketika memberikan apreasiasi kepada wanita. Kamu bisa menggunakan kata-kata sopan dan terdengar menghargai, seperti:

  • “Kerja kerasmu sungguh luar biasa”
  • “Aku sangat terkesan dengan kemampuan kamu untuk menyelesaikan masalah dan menemukan solusi yang tepat”

4. Jangan membuat perbandingan dengan orang lain

Membuat perbandingan dengan orang lain saat memberi pujian dapat membuatnya merasa tidak nyaman. Hal ini karena perbandingan dapat menimbulkan perasaan tidak dihargai dan merasa tidak cukup baik. 

Wanita mungkin merasa seperti mereka selalu harus berkompetisi dengan orang lain untuk mendapatkan pengakuan atau pujian.

Selain itu, perbandingan juga dapat menunjukkan ketidaksadaran atau kurangnya pemahaman tentang individu yang sedang dipuji. 

Itu sebabnya, cobalah fokus pada sisi positif dan unik dari diri wanita yang sedang dipuji, dan jangan membandingkannya dengan orang lain.

Menurut Psikologi, Ini Fakta Menarik Cinta Lokasi yang Perlu Kamu Ketahui

5. Berikan kata-kata pujian yang spesifik

Kamu juga bisa memberikan kata-kata pujian spesifik tanpa bikin ilfeel.

Pasalnya, hal tersebut menunjukkan bahwa pujian tersebut bukan sekadar kata-kata kosong, melainkan berdasarkan pada pengamatan. 

Dengan memberikan pujian yang spesifik, wanita yang menerima pujian mungkin merasa lebih dihargai dan diperhatikan secara khusus. Misalnya, “Kamu memiliki ide-ide yang sangat inovatif dalam memecahkan masalah”. 

6. Jangan memuji berlebihan

cara memberi pujian ke wanita

Meskipun memberikan pujian adalah suatu hal yang baik, terlalu banyak memuji bisa membuat perempuan merasa tidak nyaman.

Ini karena banyak wanita justru merasa pujian tersebut jadi terdengar tidak tulus dan hanya sekadar rayuan untuk mendapatkan keuntungan.

Wanita mungkin akan merasa lebih dihargai dan merasa nyaman jika kita memberikan pujian yang sesuai dan berkaitan dengan hal-hal yang konkret. 

7. Hindari memaksakan pujian

Pada saat memberikan pujian kamu juga tidak boleh memaksakan hal tersebut. Ini justru bisa membuat mereka merasa tidak nyaman dan merasa dipaksa untuk menerima pujian tersebut. 

Jika memaksakan pujian, terkadang kamu mungkin memberikan pujian yang kurang pantas untuk situasi tertentu.

Itu sebabnya, cara yang satu ini perlu diterapkan agar wanita merasa dihargai dan nyaman dengan hubungan kamu dan dia. 

Tips Menghindari Kekerasan Terhadap Perempuan

8. Tidak membuat wanita merasa dihakimi

Jika ingin mengucapkan pujian kepada wanita, penting untuk tidak membuat mereka merasa dihakimi atau disalahkan.

Misalnya, memberikan pujian kepada wanita yang berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik tidak seharusnya mengatakan. “Wow, kamu sangat pintar untuk seorang wanita,”

Ucapan tersebut justru membuat yang menerima pujian merasa dhaikimi dan merendahkan kemampuannya sebagai wanita.

Ini juga berlaku ketika kamu memuji penampilan fisik, misalnya “Kamu sangat cantik untuk ukuran tubuhmu”. Kata-kata tersebut justru hanya membuat mereka tidak nyaman. 

9. Ucapkan pujian yang membangun kepercayaan diri

Jangan lupa ucapkan pujian yang membantu membangun rasa percaya diri wanita.

Misalnya, “Kamu memiliki kepemimpinan yang luar biasa, aku yakin kamu bisa mengatasi segala tantangan.”

10. Berikan pujian setulus hati

Pujian yang tulus akan terasa lebih berarti daripada pujian yang terkesan dipaksakan. Oleh karena itu, pastikan memberikan pujian dengan tulus melihat kemampuan atau prestasi yang telah diraih perempuan tersebut.

Cara memuji wanita memang bukan hal yang sulit dilakukan. Namun, perlu diingat untuk memberikan pujian dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan kesalahpahaman atau membuat wanita merasa tidak nyaman, ya! 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference