kunci langgeng pacaran

Berbagai tips hubungan langgeng pacaran perlu dilakukan oleh kedua belah pihak agar berjalan dengan lancar. Kamu mungkin akan kesulitan jika melakukannya sendirian, pastikan pasanganmu juga turut mendukung ya!

Apa itu pacaran?

Menurut kamus Merriam Webster, pacaran dengan seseorang berarti membuat pengaturan sosial secara romantis yang dilakukan oleh dua orang sebagai pasangan.

Meskipun tradisi dan protokolnya sangat bervariasi di berbagai budaya, namun secara umum dapat diterima bahwa tujuan akhirnya adalah pernikahan atau hubungan yang serius. 

Jika masih belum terbayang mengenai inti dari definisi pacaran, tiga hal berikut mungkin bisa menjadi gambaran:

  • Menghabiskan waktu bersama
  • Merasakan momen special dalam hubungan
  • Merasakan perasaan yang membara

Manfaat pacaran

Selain membuat hati jadi gembira, pacaran juga punya banyak manfaat loh. Berikut lima manfaat pacaran dengan orang yang tepat:

  1. Membuat hati bahagia

Bersama dengan orang yang kamu cintai akan melepaskan hormon bahagia dalam tubuh. Bahkan beberapa orang menyebut pasangan sebagai “pil bahagia” mereka. Tidak mengherankan jika setiap kali kamu merasa sedih atau ada sesuatu yang salah, orang pertama yang ingin kamu datangi adalah pacarmu.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Memiliki pacar yang suportif tidak hanya menginspirasi. Hal ini mendorong kamu untuk mengejar tujuan atau cita-cita, tanpa peduli seberapa sulitnya. Jika memiliki pasangan yang percaya padamu, maka kamu akan menjadi lebih percaya diri dengan kemampuanmu. 

Kamu juga akan berkeinginan untuk membuatnya terkesan, sehingga menjadi bahan bakar untuk berusaha lebih keras.

  1. Kamu tidak akan mudah stres

Hubungan yang sehat adalah pereda stres yang baik. Pasangan tidak hanya berfungsi sebagai peredam goncangan dari drama hidup, tapi ia juga bisa menghibur kapanpun kamu merasa murung. Jalan-jalan sore atau jogging di taman, menonton film, atau mengobrol sederhana sambil menikmati secangkir kopi dapat membantu memulihkan energimu.

  1. Mendapat pengoreksi yang jujur

Orang yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah mentolerir kesalahan. Jika kamu memiliki pasangan yang menegur setiap kali kamu melakukan kesalahan, maka kamu sedang menuju ke arah yang benar. Dia dapat mempengaruhimu untuk menjadi orang yang baik dan bijaksana.

  1. Mengenal diri lebih baik

Berada dalam sebuah hubungan juga dapat membantu kamu belajar lebih banyak tentang diri sendiri, keterampilan sosial, sikap, dan karakter sejati. Selain itu, tahap pacaran adalah waktu untuk menemukan apakah kamu benar-benar ingin menghabiskan waktu seumur hidup dengan dia atau tidak.

Tiru Gaya Berhubungan Harmonis Ini Supaya Langgeng

13 kunci langgeng pacaran

Kunci langgeng pacaran

Menurut James Michael Sama melalui Medium, ada 15 kunci langgeng pacaran yang perlu kamu lakukan jika ingin menjalin hubungan yang awet, yaitu:

  1. Saling menghormati perbedaan

Tidak hanya menghormati perbedaan budaya dan kebiasaan. Kamu juga perlu menghormati kekurangannya dan mengayominya.

  1. Sedikit berdebat

Berdebat sesekali menjadi hal yang baik.  Jika tidak ada perdebatan sama sekali, bisa menjadi tanda bahwa mereka menyembunyikan sesuatu, menyembunyikan perasaannya, atau tidak jujur tentang apa yang sebenarnya mereka pikirkan. 

  1. Turut serta dalam segala hal

Dalam pacaran yang sehat, kedua pasangan akan berkomitmen penuh satu sama lain terhadap hubungan secara keseluruhan. Termasuk melalui tantangan hidup dan menanganinya bersama.

  1. Berhenti menyembunyikan kekurangan

Kita tidak akan pernah benar-benar merasa nyaman dengan mereka yang tidak benar-benar mengenal diri kita yang sebenarnya. Jadi, jangan ragu untuk mengungkap kekuranganmu.

  1. Berkomunikasi tentang seks

Bagi orang dewasa, pacaran dan hubungan seksual terkadang sangat berkaitan. Bicarakan mengenai pilihan yang kamu inginkan dan buat kesepakatan bersama.

  1. Terkadang, tidak perlu berkomunikasi sama sekali

Duduk bersama tanpa rasa canggung, hanya melakukan kegiatan masing-masing atau menikmati kebersamaan, merupakan bagian penting dari sebuah hubungan.

  1. Mempertahankan identitas

Di awal masa pacaran, kamu mungkin mencoba untuk menjadi orang lain untuk menunjukan yang terbaik. Tapi hubungan yang sehat adalah keterbukaan dan kenyamanan menjadi diri sendiri.

  1. Menghormati privasi

Sebaiknya lakukan diskusi dan kesepakatan mengenai privasi, misalnya tidak membuka hp pasangan saat ada pesan masuk, tidak menyentuh koleksi pribadinya, tidak mencoba mengungkap masa lalunya, dll.

Menurut Psikologi, Ini Fakta Menarik Cinta Lokasi yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Percaya satu sama lain

Kepercayaan tentu menjadi salah satu pilar utama dalam pacaran. Kamu tidak akan khawatir ketika dia pergi berlibur bersama teman-temannya, karena pondasi kepercayaan yang kuat.

  1. Kamu bersedia untuk berbicara tentang segala hal

Dua orang yang merasa aman dalam hubungan mereka pada akhirnya harus melakukan percakapan yang sulit mengenai masalah-masalah yang sulit. 

  1.  Menerima masa lalu satu sama lain.

Kunci langgeng pacaran yang tidak kalah penting, yaitu menerima masa lalunya, termasuk kisah tentang mantan pacar dia. 

  1. Saling mendukung usaha satu sama lain

Entah memiliki passion atau ambisi hidup yang sama atau tidak, ketika benar-benar peduli pada seseorang, kamu pasti ingin melihat mereka sukses dan bahagia dalam hal apa pun yang mereka sukai.

  1. Kamu dan pasangan terus berusaha, bahkan setelah ‘mendapatkan’ satu sama lain

Hubungan yang baik bukanlah tentang memberi dan menerima, melainkan tentang memberi dan memberi. Ketika salah satu atau kedua pasangan berhenti berusaha, maka hubungan itu akan hancur.

Selamat mencoba!

_________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference