cara mengencangkan payudara secara alami

Payudara pada setiap orang bisa berbeda, dari segi ukuran, bentuk, dan warna. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik. Sebagian besar jaringan payudara terdiri atas sel-sel lemak, jaringan kelenjar, dan ligamen. Namun, seiring berjalannya waktu, payudara bisa kehilangan elastisitasnya dan mengalami ptosis.

Ptosis merupakan kondisi saat payudara menjadi kendur. Ptosis sangat umum terjadi pada wanita. Faktanya, hal ini menjadi salah satu kondisi yang sering ditangani melalui operasi plastik. Namun, tidak semua orang ingin melakukan operasi untuk memperbaiki ptosis. Jika kamu salah satunya, maka simaklah artikel tentang cara mengencangkan payudara berikut ini, ya!

Mengenal ptosis atau payudara kendur

Ptosis atau payudara kendur merupakan kondisi yang sangat umum. Seperti bagian tubuh lainnya, payudara juga bisa berubah seiring bertambahnya usia. Pada kondisi ini, biasanya payudara akan berada di posisi yang lebih rendah dan bagian atasnya mungkin tampak tidak penuh seperti semula.

Kondisi ini bisa mempengaruhi penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Meskipun kondisi fisik ini umumnya terjadi pada umur 40-an ke atas, namun gaya hidup tertentu bisa menyebabkan ptosis pada usia yang lebih muda. Faktor berat badan, bahkan cara duduk atau tidur juga bisa berpengaruh pada kekencangan payudara.

Apa penyebab payudara kendur?

Seiring berjalannya waktu, payudara bisa kehilangan elastisitasnya dan menjadi kendur. Bahkan, wanita yang masih muda sekalipun bisa mengalaminya. Berikut ini beberapa penyebab payudara kendur.

  • Kehamilan kembar
  • Ukuran payudara lebih besar
  • Penurunan berat badan yang ekstrem
  • Kelebihan berat badan
  • Paparan sinar ultraviolet
  • Menopause
  • Olahraga berat dengan intensitas yang tinggi
  • Penyakit tertentu, seperti kanker payudara dan TBC
  • Kekurangan kolagen
  • Defisiensi estrogen
  • Kebiasaan merokok

Fakto risiko payudara kendur

Selain penyebab di atas, ada beberapa faktor risiko yang mempengaruhi kekencangan payudara, seperti:

  • Penuaan
  • Kebiasaan merokok
  • Ukuran payudara yang besar
  • Perubahan berat badan

Selain itu, banyak orang beranggapan bahwa fase menyusui juga bisa menyebabkan payudara menjadi kendur. Namun, menurut Health Line, telah dilakukan penelitian yang menyatakan bahwa hal ini hanyalah mitos. Pasalnya, menyusui tidak berpengaruh terhadap kekencangan payudara. Jadi, fase menyusui, memakai bra atau tidak memakai bra bukanlah faktor penyebab payudara menjadi kendur.

Bagaimana cara mengencangkan payudara

Jika kamu ingin mengurangi risiko terjadinya ptosis atau payudara menjadi kendur, coba kenali cara mengencangkan payudara di bawah ini. Kamu memang tidak bisa sepenuhnya mengembalikan ukuran dan bentuk aslinya, namun kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengencangkannya.

1. Melakukan olahraga

Beberapa olahraga bisa dilakukan untuk melatih otot bagian atas agar payudara lebih kencang. Lakukan olahraga ini setidaknya dua kali dalam satu minggu. Beberapa olahraga umum yang patut dicoba, antara lain:

2. Konsumsi makanan yang sehat

Cobalah makan makanan yang seimbang untuk menutrisi kulit kamu agar tetap sehat dan kuat, bahkan untuk beberapa tahun yang akan datang. Konsumsi buah-buahan dan sayuran sebagai sumber antioksidan yang baik.

3. Menjaga berat badan

Penting untuk selalu menjaga berat badan yang optimal. Kelebihan berat badan bisa memberikan tekanan pada jaringan kulit dan menambah berat payudara, sehingga menyebabkan payudara menjadi kendur. Jadi, jagalah berat badan agar tetap konsisten dan optimal. Hal ini bisa mencegah payudara menjadi kendur dan membuat payudara lebih kencang.

4. Terapkan gaya hidup sehat

Selain menjaga berat badan, kamu perlu menerapkan gaya hidup yang sehat. Salah satunya yaitu dengan meninggalkan kebiasaan merokok. Merokok bisa berbahaya bagi kesehatan kulit dan menjadi salah satu faktor penyebab payudara menjadi kendur. Pastikan kamu selalu minum air yang cukup dan tetap terhidrasi. Minum air yang cukup bisa menjaga kesehatan kulit

5. Menjaga postur tubuh

Postur tubuh yang buruk, seperti punggung yang bungkuk bisa memberikan tekanan pada jaringan payudara dan membuatnya menjadi kendur. Sebaliknya, jika kamu menjaga postur tubuh yang baik, seperti mengatur posisi duduk yang benar dan menjaga agar punggung tetap lurus, hal ini bisa mencegah terjadinya kekenduran.

6. Menggunakan bra yang pas

Mengenakan bra yang sesuai dengan tubuh kamu bisa mengurangi tekanan pada jaringan payudara. Hal ini juga berlaku saat kamu melakukan olahraga. Saat olahraga seperti jogging, kamu perlu mengenakan bra yang pas. Penggunaan bra memang tidak mengubah payudara, namun bisa menopang dan mengangkatnya selama kamu melakukan aktivitas.

7. Melakukan tes hormon

Jika kamu mengalami menopause, biasanya akan terjadi penurunan hormon estrogen. Melakukan cara yang sehat untuk meningkatkan kadar estrogen bisa memperbaiki bentuk payudara. Sebelum meningkatkan kadar estrogen, kamu bisa coba berkonsultasi dengan dokter dan melakukan tes hormon terlebih dahulu.

8. Menggunakan sunscreen

Paparan sinar matahari bisa memicu kerusakan pada kulit. Bahkan, meskipun payudara tidak terkena sinar matahari, kulit di sekitarnya bisa mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, kamu perlu melindunginya dengan sunscreen.

9. Menggunakan masker

Untuk mengencangkan payudara, kamu juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari timun dan kuning telur. Timun bermanfaat untuk mengencangkan kulit secara alami, sementara kuning telur memiliki kadar protein dan vitamin yang cukup tinggi.

Perpaduan kedua bahan ini efektif untuk merawat payudara yang kendur. Campurkan kedua bahan tersebut dengan mentega atau krim. Kemudian oleskan dan diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin. Lakukan hal ini sekali dalam satu minggu.

10. Melakukan pijatan

Melakukan pijatan bisa melancarkan sirkulasi darah dan memperkuat jaringan pada payudara. Pijatan ini sebaiknya dilakukan dengan gerakan ke atas selama 15 menit sehari. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekencangan, pijatan ini juga membantu kamu mengetahui apakah ada benjolan di payudara.

Selain melalui cara alami yang telah dibahas, kamu juga bisa melakukan operasi pengencangan payudara. Operasi ini sangat efektif untuk mengatasi kekenduran pada payudara. Jika kamu memilih untuk operasi, tetap perhatikan efek sampingnya.

Tips menjaga kekencangan payudara

Ikutilah beberapa tips berikut untuk menjaga kekencangan payudara.

  • Jika kamu memilih untuk melakukan pijatan, sebaiknya gunakan minyak zaitun untuk menutrisi kulit di sekitar payudara.
  • Konsumsi susu dan olahannya seperti yoghurt dan keju. Bahan makanan seperti ini bisa memberikan nutrisi yang baik bagi payudara.
  • Bisakan untuk tidur dengan posisi telentang setiap malam. Tujuannya untuk menjaga posisi payudara.
  • Hindari kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol. Kedua kebiasaan ini meningkatkan risiko kanker payudara dan merusak sel-sel tubuh.
  • Sebaiknya jaga kesehatan paru-paru. Sebab, payudara bisa menjadi kendur akibat penyakit pada paru-paru, seperti TBC, batuk menahun, dan sebagainya.
  • Bila kamu berencana untuk melakukan operasi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Pastikan tindakan ini dilakukan oleh tenaga medis yang telah berpengalaman.

Ptosis atau kondisi payudara yang menjadi kendur merupakan hal umum. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari genetika hingga gaya hidup. Maka, kamu perlu menjaga dan merawat tubuh dengan baik. Dengan begitu, elastisitas kulit tetap terjaga dan efek kendur bisa diminimalkan.

Share artikel ini
Reference