Menghilangkan kerutan di wajah

Cara menghilangkan kerutan di wajah menjadi hal yang paling banyak dicari oleh wanita berusia 30-an. Biasanya kerutan halus mulai muncul di area dahi, garis senyum, dan sekitar kelopak mata. Jika tidak segera diatasi, garis kerutan akan semakin tegas dan membuatmu keriput.

Ada banyak cara untuk menghilangkan kerutan, mulai dari cara alami yang bisa kamu lakukan di rumah, hingga perawatan di klinik kecantikan. Kamu bisa memilih cara apapun yang cocok dan membuatmu nyaman.

Penyebab kerutan di wajah

Kerutan adalah garis yang terbentuk pada kulit, yang merupakan proses alami dari penuaan di tubuhmu. Ada beberapa hal yang menyebabkan kerutan lebih cepat muncul, diantaranya yaitu:

  • Penuaan: Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit membelah secara perlahan, yang menyebabkan lapisan luar kulit menipis dan membentuk kerutan. Saat memasuki usia 30-an, kamu akan kehilangan sekitar 1% kolagen setiap tahunnya.
  • Kontraksi otot wajah: Kamu menggunakan otot-otot wajah untuk tersenyum, mengerutkan kening, atau menyipitkan mata. Seiring waktu, otot-otot ini menyebabkan garis kerutan di antara alis dan kerutan di sudut mata, karena melemahnya lemak atau massa tulang dan efek gravitasi pada kulit.
  • Kerusakan akibat sinar matahari: Mengekspos kulit wajah ke sinar ultraviolet (UV) matahari dapat menyebabkan kulit menua sebelum waktunya. Matahari dapat merusak kolagen yang memberikan elastisitas dan fleksibilitas yang dibutuhkan kulit untuk mencegah keriput.
  • Merokok: Produk tembakau menyebabkan tubuh memperlambat produksi kolagen, sehingga muncul kerutan karena kolagen terlalu sedikit.

Cara menghilangkan kerutan di wajah

Paparan lingkungan, dehidrasi, dan racun semuanya dapat membuat wajah lebih cepat memiliki kerutan. Namun tenang saja karena kamu bisa mengikuti cara menghilangkan kerutan di wajah seperti berikut:

1. Selalu gunakan sunscreen atau tabir surya

Sebuah studi 2013 di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa tabir surya juga membantu menunda tanda-tanda penuaan. Menggunakan semua produk kecantikan yang mengandung SPF, menjadi kebiasaan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dalam jangka panjang.

2. Batasi asupan gula 

Gula dalam tubuh Anda memicu proses yang disebut glikasi, dan produk akhir glikasi lanjutan (disebut AGEs) tidak baik untuk kulit. AGEs memecah kolagen dalam tubuh, dan seiring waktu dapat membuat kulit wajah terlihat lebih tua. Membatasi asupan gula dan makanan kaya minyak akan membantu wajah mempertahankan elastisitasnya.

3. Gunakan kandungan beta karoten 

Beta karoten dan retinol (vitamin A) sering menjadi bahan untuk krim anti-aging yang tersedia untuk di pasaran. Tetapi kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen beta karoten untuk mendapat manfaatnya. Sedikitnya 30 miligram beta karoten per hari yang diminum, dapat mencegah dan memperbaiki penuaan dini.

4. Konsumsi teh daun lemon balm

Sebuah penelitian yang membandingkan sampel kecil orang yang minum teh daun lemon balm dengan kelompok lain yang minum plasebo teh daun barley membuat para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak daun lemon balm membuat kulit lebih elastis dan memperbaiki kerusakan jaringan.

5. Ubah posisi tidur 

Beberapa kerutan di wajah sebenarnya bisa disebabkan oleh posisi tidur yang kurang baik. waktu, tekanan wajah pada bantal membuat kulit lebih lemah di beberapa tempat daripada yang lain, sehingga kerutan terbentuk. Kamu bisa mencegah kerutan kerutan dengan tidur telentang.

6. Hindari sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet adalah penyebab utama sebagian besar kerutan di wajah, leher, lengan, dan tangan. Gunakan lotion yang mengandung SPF saat keluar rumah, gunakan juga pakaian tertutup agar kulit tidak langsung terpapar sinar UV.

7. Tingkatkan antioksidan di tubuh

Kulit terkena lebih banyak stres oksidatif daripada organ lain di tubuh, sehingga kulit bisa rusak hanya dengan menjalani rutinitas harian. Antioksidan membantu melawan kerusakan yang dilakukan stres oksidatif pada sel. 

Konsumsi makanan kaya antioksidan seperti blueberry, kacang merah, anggur, kangkung, dan bayam akan membantu kamu mendapatkan kulit yang sehat “dari dalam” dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Cara menghilangkan kerutan di dahi

Untuk menghilangkan kerutan dahi, kamu hanya perlu mengikuti cara mengatasi kerutan di wajah seperti pembahasan di atas. Kamu juga harus mengurangi kebiasaan mengerutkan dari, karena hal ini menjadi pemicu yang paling utama.

Beberapa orang memiliki kebiasaan mengerutkan dahi saat sedang fokus berpikir, tertawa, atau bahkan saat tidur. Kebiasaan ini tentunya akan membuat dahi lebih cepat memiliki kerutan. Jika dahi sudah terlanjur berkerut, kamu bisa menggunakan produk seperti sunscreen dan krim retinoid untuk mengurangi kerutannya.

Gaya hidup menjadi faktor yang dapat mempercepat penuaan pada kulit. Jika tidak ingin muncul kerutan di wajah, kamu harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan lebih rajin merawat kulit.

Share artikel ini
Reference