kalori tahu

Tahu merupakan sumber protein nabati, kalsium, dan zat besi yang baik dan murah untuk didapatkan. Tidak hanya itu. Tahu juga bebas dari kandungan kolesterol, gluten, dan memiliki kalori yang rendah.

Makanan berbahan dasar kacang kedelai ini sering diolah menjadi cemilan dan lauk pauk dengan nasi hangat. Jenis tahu yang ada di pasaran juga sangat beragam. Ada yang berwarna putih, ada yang berwarna kuning.

Yuk, simak selengkapnya mengenai rincian kalorinya, dan resep mengolah tahu yang sehat!

Berapa kalori tahu?

Tahu banyak mengandung air dan mineral yang berasal dari senyawa koagulan di dalamnya. Kandungan kalori tahu relatif rendah dan cocok sebagai menu diet.

Namun, jika tahu diolah dengan cara digoreng atau ditambah pemanis lain, kalorinya bisa meningkat. Berikut rincian kalori berdasarkan jenis olahan tahu:

Kalori Tahu per 1 ons

  • Kalori: 78
  • Lemak: 4.95g
  • Karbohidrat: 2.1g
  • Protein: 7.97g

Tahu Goreng Per 1 buah

  • Kalori: 35
  • Lemak: 2.62g
  • Karbohidrat: 1.36g
  • Protein: 2.23g

Tahu Kukus per 1 porsi

  • Kalori: 78
  • Lemak: 4.34g
  • Karbohidrat: 1.93g
  • Protein: 7.97g

Apakah tahu baik untuk diet?

macam-macam diet

Kalori tahu yang rendah, dan bisa dikreasikan menjadi masakan yang lezat namun tetap sehat cocok jadi pilihan menu diet kamu. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi protein nabati dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak kalori setiap kali makan.

Makan tinggi protein juga membantu mengendalikan nafsu makan supaya bisa merasa kenyang secara cepat dan lama, sehingga mengurangi rasa lapar. Satu studi bahkan mencatat bahwa protein kedelai sama efektifnya dengan protein hewani untuk menekan nafsu makan.

Meski begitu, dilansir Livestrong, protein kedelai memiliki efek yang lebih besar terhadap penurunan berat badan dibandingkan jenis protein lainnya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang mendapat asupan protein hanya dari makanan olahan kedelai mengalami penurunan massa lemak tubuh dan kolesterol lebih rendah dibandingkan orang yang mendapat asupan protein dari daging.

Selain itu, kalori tahu dan lemaknya juga termasuk rendah. Jadi, tahu bisa membuat berat badan kamu tidak mudah naik.

Namun tentunya pastikan cara pengolahan tahu kamu tepat jika ingin menurunkan berat badan. Jangan memasak tahu dengan cara menggorengnya dengan banyak minyak, tetapi cukup dengan merebusnya, memanggangnya, atau mengukusnya.

Manfaat tahu untuk kesehatan

Berikut berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan, jika kamu mengonsumsi tahu:

1. Meningkatkan fungsi ginjal

Protein kedelai dapat meningkatkan fungsi ginjal, hal ini sangat berguna bagi kamu yang sedang menjalani hemodialisis atau transplantasi ginjal.

Sebuah analisis di Cina menemukan efek positif dari kedelai pada orang dengan penyakit ginjal kronis. Hal ini diduga karena kandungan protein kedelai, tetapi juga pengaruhnya terhadap kadar lipid dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko kanker prostat

Manfaat tahu yang satu ini dilakukan para peneliti di Korea yang menemukan penurunan risiko kanker prostat pada pria yang mengonsumsi kedelai, terutama tahu dalam jumlah banyak.

Berdasarkan penelitian tersebut, penurunan risiko kanker prostat cukup signifikan karena bisa mencapai 32 hingga 51 persen.

3. Baik untuk penderita diabetes tipe 2

Jika kamu menderita diabetes tipe 2, maka kamu juga akan menderita penyakit ginjal, yang menyebabkan tubuh kamu mengeluarkan sejumlah besar protein melalui urin.

Namun, dikatakan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition bahwa hal itu dapat dicegah dengan mengonsumsi protein kedelai, termasuk tahu.

Oleh karena itu, salah satu manfaat tahu adalah membuat tubuh kamu tidak lagi mengeluarkan lebih banyak protein melalui urin dibandingkan dengan mengonsumsi protein hewani.

Resep sehat memasak tahu

Kamu bisa mengolahnya dengan tetap memiliki kalori tahu rendah, lezat dan bergizi. Berikut resep masakan tahu sehat yang bisa langsung kamu coba.

Resep sup tahu korea

Sup tahu Korea ini ternyata rendah karbohidrat. Campuran bahan-bahan seperti cabai, bawang putih, cabai merah mengubah masakan ini menjadi sup yang kaya akan protein. Biasanya sup ini cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan kalori tahu dalam makanan ini cukup rendah.

Bahan:

4 tahu putih ukuran sedang
1 buah wortel, potong sesuai selera
Kubis yang telah dibelah dua
1 sdt minyak zaitun
4 cabai merah
4 cabai keriting
1 sdm kaldu jamur
5 buah cabai
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdm garam

Cara memasaknya:

Haluskan bumbu dan tumis dengan minyak zaitun.
Setelah tumisan harum dan matang, masukkan kol dan wortel yang sudah dipotong-potong. Tumis hingga keduanya layu.
Tambahkan air secukupnya, jangan lupa tahu dan daun jeruk yang berguna untuk menambah aroma masakan.
Aduk hingga mendidih.
Koreksi rasa sesuai yang kamu suka

Kalori tahu yang rendah, cocok dijadikan menu diet kamu. Namun, sebaiknya diolah dengan direbus, dikukus, dipanggang, untuk membantu menurunkan berat badan kamu.

Share artikel ini
Reference