manfaat kopi untuk kulit
Hidup Sehat Style & Makeup

5 Manfaat Kopi untuk Kulit, Bisa Buat Wajah Glowing

Imelda Rahmawati | Maret 9, 2022
Share

Ternyata kopi tidak hanya enak untuk dikonsumsi, tapi juga bisa diolah menjadi masker yang bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Ada beberapa manfaat kopi yang bisa kita dapatkan sebagai perawatan kulit yang lebih sehat dan terawat. Penasaran tentang apa saja? Berikut 5 manfaat kopi untuk kulit lebih sehat yang bisa langsung kamu coba.

Kandungan dalam kopi

Selain kafein, kopi juga memiliki zat lain yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah kandungan yang ada dalam kopi, antara lain:

  • Dicaffeoylquinic Acid: Zat ini salah satu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Kopi merupakan salah satu antioksidan yang paling banyak dikonsumsi di dunia, meskipun mengandung kandungan tertinggi dari semua jenis buah dan sayuran.
  • Ethyphenol: Kandungan ini berperan penting dalam aroma khas pada setiap kopi.
  • Asam Quinic: Merupakan zat yang bertindak sebagai rasa asam dalam kopi.
  • Dimethyl Disulfide: Kopi juga mengandung Dimethyl Disulfide, zat ini sering ditemukan pada saat biji kopi masih belum dikeringkan dan disangrai. Zat inilah yang biasanya membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan bau belerang.
  • Niasin: senyawa ini sebenarnya tidak baik untuk tubuh karena dapat menyerap vitamin dari dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi secara berlebihan.
  • Trigonelin: Trigonelin adalah zat yang berfungsi untuk melindungi gigi. Meski banyak peminum kopi yang memiliki gigi hitam, zat ini mampu membuat gigi peminum kopi tidak mudah berlubang.

Manfaat kopi untuk kulit

Konsumsi 3-4 cangkir kopi per hari berdampak positif bagi tubuh. Di antaranya dapat mencegah kematian di usia muda dan mengurangi risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, demensia, stroke, parkinson, diabetes tipe 2 hingga kanker.

Mengonsumsi kopi secara teratur dapat mencegah depresi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain bermanfaat untuk kesehatan, kopi memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Berikut beberapa manfaat kopi untuk kulit yang lebih sehat dan terawat alami:

1. Sebagai antipenuaan dini

Kopi bisa bermanfaat untuk mengurangi flek pada kulit akibat sinar matahari, kemerahan, hingga garis-garis halus di wajah akibat penuaan. Kamu bisa menggunakan ampas kopi sebagai scrub untuk masker wajah.

2. Mengatasi jerawat

Kopi bisa mengatasi jerawat karena memiliki efek stimulan antioksidan. Jerawat pada kulit terjadi ketika minyak, sel kulit mati, dan zat lain menyumbat pori-pori. Menggosok wajah kamu dengan bubuk kopi dapat membantu menghilangkan kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ampas kopi dapat melindungi kulit dari kerusakan, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Namun, tetap disarankan untuk menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan agar kulit tetap terlindungi.

4. Mengurangi mata bengkak

Kurang tidur bisa membuat salah satu mata kamu bengkak. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan satu sendok teh bubuk bubur kertas di atas tisu basah lalu meletakkannya di atas mata, selama 20 menit atau lebih akan membantu mengurangi bengkak.

5. Membuat awet muda

Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi kopi secara rutin dapat membantu mengurangi bintik-bintik coklat pada wajah (akibat paparan sinar UV matahari), kemerahan, dan garis-garis halus. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kopi secara rutin, minimal tidak lebih dari 4 cangkir per hari.

Mitos dan fakta seputar kopi untuk kulit

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai minuman, kopi juga banyak digunakan untuk merawat kulit. Berikut mitos dan faktanya mengenai manfaat kopi untuk kulit.

1. Antioksidan dalam kopi dapat melawan tanda-tanda penuaan dini

Antioksidan dalam kopi dapat mengurangi kerutan dan flek hitam pada wajah. Jika kita rutin minum kopi, hasilnya akan terlihat jelas.

Namun, bukan berarti kamu bisa minum kopi dalam jumlah banyak dalam satu hari, ya. Karena kafein dalam kopi akan membuat kulit dan tubuh kamu dehidrasi jika kamu meminumnya secara berlebihan.

2. Kopi membantu kita terlihat lebih muda

Minum lebih dari empat cangkir kopi bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, konsumsi dalam batas wajar tetap aman untuk tubuh. Bahkan dapat memberikan manfaat seperti penyerapan antioksidan, untuk menyehatkan kulit dan membuat awet muda.

3. Kopi tidak menyebabkan jerawat

Kafein dalam kopi memang tidak menyebabkan jerawat, jika konsumsinya dalam batas wajar. Jika kita minum kopi terlalu banyak, justru memicu stres dan menyebabkan jerawat. Kamu bisa mencoba konsumsi kopi tanpa gula dan susu. Hal ini karena susu yang bukan produk organik bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh, dan kemudian menyebabkan munculnya jerawat.

4. Kopi baik untuk kesehatan kulit

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kopi tidak hanya aman untuk tubuh dan kulit tetapi juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini dan menutrisi kulit. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan dehidrasi, stres, dan kulit berjerawat.

Tips merawat kulit dengan kopi

Manfaat masker kopi juga sangat banyak, mulai dari efek anti inflamasi hingga membuat wajah glowing. Berikut tips yang bisa kamu coba:

1. Masker kopi untuk mata panda

Cara membuat masker untuk mata panda adalah:

  • Campurkan satu sendok teh kopi bubuk dengan sendok teh minyak zaitun.
  • Tambahkan beberapa tetes air sampai campuran memiliki konsistensi pasta masker.
  • Oleskan pelan campuran tersebut ke area bawah mata.
  • Biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bilas dengan air dan keringkan.

2. Untuk pengelupasan kulit

Kamu juga bisa mencoba manfaatnya untuk pengangkatan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Pengelupasan ini sangat berguna untuk membuat kulit tampak lebih cerah.

  • Campur bubuk kopi dengan perasan jeruk lemon.
  • Balurkan campuran tersebut ke setiap bagian tubuh.
  • Diamkan sampai agak kering.

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein. Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, mood, dan fungsi otak. Tak hanya itu, kopi juga ampuh untuk mengobati jerawat, membuat awet muda, hingga eksfoliasi.

Reference
Share