makanan untuk penderita bronkitis

Bronkitis adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus, bakteri, asap, dan partikel lain yang memperparah saluran bronkial. Kondisi ini dapat diobati tanpa pengobatan medis dengan catatan penderitanya harus memperhatikan asupan makanan dan mengubah gaya hidup. Lalu, apa saja makanan untuk penderita bronkitis yang aman?

Meskipun tidak separah jenis penyakit lain, bronkitis harus tetap diobati karena dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti infeksi paru-paru, pneumonia, atau masalah pernapasan lainnya jika diabaikan.

Penyakit ini dapat memengaruhi kualitas hidup penderitanya sehingga menjadi mulah lelah dan tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan terapi atau pengobatan yang tepat bersamaan dengan gaya hidup sehat, salah satunya memperhatikan makanan yang boleh dikonsumsi.

Daftar makanan untuk penderita bronkitis

Ada beberapa rekomendasi makanan untuk penderita bronkitis dengan kandungan nutrisi yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Berikut makanan yang baik untuk dikonsumsi dan mudah kamu dapatkan di rumah!

1. Jahe

Berdasarkan beberapa penelitian, jahe memiliki efek antiinflamasi terhadap infeksi saluran pernapasan. Kamu dapat mengonsumsi jahe jika menderita penyakit bronkitis. Bila ingin mencoba, kamu dapat mengonsumsi jahe dengan menguyahnya dalam bentuk utuh, mencampurkannya di dalam teh, atau tambahkan ke menu makanan harian.

2. Bawang putih

Bawang putih diyakini memiliki sejumlah khasiat penyembuhan yang efektif untuk menghambat pertumbuhan virus bronkitis menular. Nah, maka dari itu, bumbu dapur yang satu ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk penderita bronkitis. Kamu yang mengidap kondisi medis ini dapat mengonsumsi bawang secara langsung.

3. Kunyit

Kunyit memiliki sejumlah khasiat untuk melawan bronkitis karena terdapat efek antivirus, antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan yang dapat mengurangi iritasi dan meningkatkan imun tubuh. Cara mengonsumsi dengan menambahkan kunyit segar ke dalam acar atau menggunakan kunyit bubuk untuk dicampurkan ke segelas teh.

4. Madu dan lemon

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau madu dan lemon menjadi campuran terbaik untuk meredakan batuk kering dan sakit tenggorokan. Kamu dapat mencampurkannya dan langsung meminumnya atau menuangkan madu dan lemon ke dalam teh.

5. Nanas 

Nanas mengandung bromelain yang merupakan antiinflamasi alami dan kuat sehingga dapat memecah dan mengeluarkan lendir dari bronkitis atau infeksi pernapasan lainnya. Sebagai alternatif, kamu dapat minum jus nanas tanpa gula.

Orang Tua Perlu Tahu, Ini Cara Mengobati Bronkitis Pada Anak

Makanan untuk penderita bronkitis yang perlu dihindari

makanan untuk penderita bronkitis yang perlu dihindari

Selain mengetahui makanan untuk penderita bronkitis yang aman, kamu juga perlu mengetahui daftar yang harus dihindari, seperti makanan manis dengan kandungan gula tinggi. Hal ini karena makanan manis mengandung fruktosa tinggi yang memiliki dampak buruk pada bronkitis seseorang. Selain itu, makanan manis juga tinggi karbohidrat dan kandungan nutrisinya rendah.

Selain itu, penderita bronkitis juga sebaiknya menghindari atau menghindari konsumsi daging olahan dan daging merah. Jika kamu ingin mengonsumsi protein, alangkah baiknya kalau mencoba ikan berlemak, seperti salmon dan tuna.

7 Sumber Lemak Nabati Terbaik dan Tips Mengonsumsinya

Gaya hidup sehat untuk penderita bronkitis

Sejauh ini, kamu sudah mengetahui berbagai jenis makanan untuk penderita bronkitis yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, bukan? Selain itu, kamu juga harus menjalani gaya hidup lebih sehat jika ingin mempercepat proses penyembuhan.

Lantas, bagaimana gaya hidup sehat untuk penderita bronkitis? Ini langkah-langkahnya:

  1. Berhenti merokok dan hindari tempat di mana kamu dapat menghirup asap rokok
  2. Hindari mengunjungi tempat-tempat yang tingkat polusi udaranya tinggi
  3. Kenakan masker saat bepergian untuk mengurangi paparan polusi
  4. Tingkatkan imunitas dengan diet sehat
  5. Berolahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu selama 20 menit setiap kali
  6. Sering mencuci tangan untuk mencegah penyebaran infeksi
  7. Gunakan humidifier di rumah

Jadi, tidak sulit, bukan? Kamu hanya perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan melindungi diri dari asap rokok dan paparan polusi udara yang buruk. Selain itu, konsumsilah makanan yang sehat dan memiliki kandungan nutrisi tinggi. Sebaiknya perhatikan juga makanan untuk penderita bronkitis yang aman ya, Yoonies!



Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference