cara menghilangkan rambut bercabang

Cara menghilangkan rambut bercabang yang efektif ada berbagai macam. Memang tidak mudah menemukan cara efektif yang cocok, karena setiap orang memiliki jenis dan sifat rambut yang berbeda, dengan begitu perawatannya pun perlu disesuaikan.

Mungkin untuk beberapa orang rambut bercabang menjadi kerusakan rambut yang serius. Dimana setiap orang tentunya menginginkan rambut kuat dan sehat dengan usaha yang minim. Genetik memang sangat berpengaruh pada kekuatan rambut tetapi tetap diperlukan perawatan.

Penyebab rambut bercabang

cara agar rambut cepat panjang

Kerusakan pada rambut bisa terjadi begitu saja karena penyebab yang berbeda-beda. Tetapi mungkin saja rambut yang rusak itu memang dari keturunan keluarga atau kurangnya perawatan yang baik. berikut penyebab rambut menjadi bercabang:

  1. Kebiasaan Rambut Buruk Setiap Hari

Penyebab paling umum rusaknya rambut adalah karena stress atau karena kebiasaan buruk sehari-hari. Seperti mandi dengan air panas, menyisir rambut dengan paksa ketika sedang kusut, mengeringkan rambut dengan handuk atau tidur dengan kondisi rambut masih diikat.

  1. Sering Menggunakan Alat Panas

Kebiasan sering menggunakan alat-alat penata rambut seperti pengering rambut, catokan, pengeriting rambut atau rol rambut panas. Hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan rambut dan menghilangkan kelembaban rambut dan rentan pecah atau bercabang.

  1. Perawatan Kimia

Perawatan rambut menggunakan bahan kimia untuk mengeriting atau meluruskan rambut bersama dengan pewarna rambut lainnya akan membuat rambut menjadi mudah rapuh. Helai rambut akan mudah pecah bahkan mudah rontok jika tidak segera ditangani.

Cara menghilangkan rambut bercabang secara alami

Vitamin untuk Rambut Lebih Sehat

Rambut kering yang pecah atau bercabang dapat diatasi dan dihilangkan menggunakan cara-cara alami. Beberapa diantaranya tidak membutuhkan banyak biaya, mudah dilakukan dan bisa kamu praktikan sendiri di rumah.

  1. Menggunting

Dengan menggunting rambut yang bercabang memang akan menghilangkan kerusakan pada ujung rambutnya. Tetapi, hal ini tidak sepenuhnya bisa mengatasi kerusakan, kamu tetap harus memberikan nutrisi atau vitamin pada rambut agar lembab dan tidak pecah lagi.

  1. Gunakan produk perawatan rambut

Ada banyak produk perawatan rambut dengan berbagai merek, kamu bisa memilihnya sesuai dengan jenis rambut kamu. Seperti conditioner semprot digunakan ketika rambut masih lembap dan coba fokuskan pada ujung-ujung rambut yang bercabang untuk menghidrasinya.

  1. Sembunyikan dengan ekstensi rambut

Jika kamu ingin perawatan rambut yang sederhana dan cepat dilakukan, kamu bisa menggunakan ekstensi rambut. Dengan begitu rambut kamu akan terlihat lebih sehat, lembut dan tebal dalam waktu yang singkat.

Cara mengatasi rambut bercabang tanpa potong rambut

Untuk mengatasi rambut yang bercabang tanpa potong rambut bisa dengan berbagai cara. Kamu bisa mulai dengan memperbaiki berbagai kebiasaan buruk yang dapat membuat rambut menjadi rusak hingga melakukan perawatan-perawatan sederhana.

  1. Mengeringkan rambut dengan handuk secara perlahan

Rambut kamu sebetulnya sangat rentan, terutama saat proses pengeringan saat setelah keramas. Jadi kamu perlu hati-hati untuk mengeringkannya jangan menggunakan handuk dengan kasar, baiknya biarkan kering dengan diangin-angin sejuk.

  1. Perhatikan kembali teknik pengeringan 

Teknik pengeringan rambut yang basah perlu dilakukan dengan hati-hati. Terlebih ketika musim dingin atau musim hujan akar rambut menjadi sedikit sensitif karena mudah menjadi lembab dan lepek, sebaiknya sering-sering mengeringkannya.

  1. Hindari menggunakan catokan 

Sebaiknya kamu mengurangi penggunaan catokan atau pelurus rambut. Apalagi ketika panasnya dalam keadaan maksimal, hal tersebut bisa membuat rambut cepat menjadi kering. Sesekali biarkan rambut lurus secara alami.

  1. Gunakan sisir yang cocok

Jika rambut kamu mudah rontok dan kering, sebaiknya kamu menggunakan sisir dengan gigi yang lebar. Sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih ketika menyisir dan rambut pun akan lebih mudah diatur.

  1. Merawat rambut secara rutin

Kamu memang tidak dapat memperbaiki rambut bercabang secara total. Tetapi beberapa produk perawatan rambut yang alami dapat membantu rambut kamu menjadi lebih sehat. Asalkan digunakan secara teratur.

  1. Melakukan perawatan keratin

Perawatan keratin sangat cocok untuk kamu yang ingin memperbaiki tekstur rambut. Apalagi jika rambut kamu bercabang dan kering, dengan perawatan ini rambut kamu akan menjadi lebih sehat dan terlihat indah.

  1. Ganti produk sampo dan kondisioner

Jika kamu sudah melakukan perawatan dengan shampoo dan kondisioner, tetapi rambut kamu tidak kunjung membaik. Maka ganti shampoo dan kondisioner kamu kemungkinan kamu tidak cocok dengan produk tersebut.

Ada banyak cara untuk menghilangkan rambut bercabang, tergantung kamu mau melakukan perawatan yang seperti apa. Perawatannya mulai dari yang sederhana dan murah hingga yang mahal pun ada.

Share artikel ini
Reference