perbedaan body lotion dan body serum

Semua orang tentu ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat bukan? Salah satu cara untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit tubuh adalah menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak produk yang dapat dipakai seperti body lotion dan body serum.

Untuk mengatasi masalah kulit, kedua jenis perawatan kulit ini dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Yuk kenali perbedaan body serum dan body lotion sehingga tepat dan maksimal untuk jenis kulit yang kamu miliki.

Apa itu body serum?

Banyak orang yang masih bingung mengenai perbedaan body serum dan body lotion. Body serum sendiri ternyata memiliki peranan yang penting dalam menutrisi lapisan kulit dan mencegahnya dari penuaan dini, lho!

Proses dalam perawatan kulit memang tidak instan dan membutuhkan waktu yang lama, body serum merupakan produk perawatan yang berbentuk lotion, di mana formula yang terdapat pada body serum dapat meresap dengan cepat pada kulit serta konsentrasi molekul aktifnya lebih tinggi.

Body serum terkadang identik dengan perawatan wajah, namun karena kebutuhan akan nutrisi kulit kian meningkat, maka penggunaan body serum untuk kulit tubuh juga banyak dibutuhkan.

Lalu apa yang dimaksud dengan body lotion?

7 Manfaat Vitamin C Untuk Wajah, Cari Tahu Cara Pakainya!

Apa itu body lotion

Perbedaan body serum dan body lotion lain yang dapat kamu ketahui  yaitu dari cara kerjanya. Body lotion merupakan perawatan yang dapat melembabkan kulit dengan berbagai cara.

Kandungan minyak pada body lotion mempunyai peranan dalam menarik air menuju permukaan kulit sehingga kulit terasa lebih halus.

Body lotion juga mengandug bahan zat oklusif yang dapat membentuk pelindung dan mencegah air hilang dari kulit. Kulit menjadi terasa lebih lembab saat rutin menggunakan body lotion.

Selain itu body lotion juga mengandung emolien dan humektan dimana zat ini mirip seperti minyak yang dapat memperbaiki kulit kasar, kering, bersisik hingga kulit yang rentan iritasi.

Ketahui perbedaan body serum dan body lotion secara lengkap di bawah ini yuk!

Mengenal Body Shaming: Perilaku Buruk yang Harus Dihentikan

Perbedaan body serum dan body lotion

Perbedaan body serum dan body lotion yang mempunyai bentuk hampir mirip memang terkadang sulit dirasakan. Pada dasarnya kedua produk memang memiliki perbedaan yang cukup mendasar seperti:

Kandungan bahan

Perbedaan body serum dan body lotion yang dapat diketahui adalah kandungan dalam kedua produk tersebut. Body lotion mengandung zat yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit. Partikelnya lebih besar dan cenderung sulit menembus lapisan kulit paling dalam.

Sedangkan body serum cenderung dapat mengatasi masalah kulit langsung pada sumbernya. Nutrisi dan bahan aktif dalam body serum memungkinkan produk ini dapat mengatasi sejumlah masalah kulit.

Kandungan dalam body serum lebih lembut dan cepat meresap dalam kulit sehingga dapat membantu skin barrier. 

Tekstur

Secara tekstur, body lotion lebih cair dengan kandungan minyak lebih rendah, sedangkan body serum mempunyai tekstur ringan dan diformulasikan agar dapat cepat meresap ke dalam kult.

Body lotion dapat menimbulkan sensasi lebih licin daripada body serum jika terkena air.

Cara kerja

Perbedaan body serum dan body lotion menurut dari cara kerjanya yaitu body lotion membentuk lapisan pelindung, menjaga lapisan alami kulit dan membuatnya tetap lembab. Sedangkan body serum melindungi serta melembabkan kulit pada lapisan yang dalam. 

Manfaat

Menurut dari manfaatnya, body lotion disebut cocok dengan semua jenis kulit karena memiliki kandungan ringan, dapat digunakan sebagai perawatan rutin setiap hari dan membantu tipe kulit menjadi normal. 

Sedangkan manfaatkan body serum yaitu dapat membantu mengatasi masalah kulit lebih sulit dan spesifik seperti noda hitam, kulit sensitif, kulit kering. Body serum banyak dilengkapi dengan pelindung matahari agar masalah kulit dapat cepat teratasi.

Harga

Kandungan dalam body serum yang lengkap memang menjadikan produk ini lebih mahal daripadi body lotion. Namun kedua jenis perawatan ini dapat saling membantu agar perawatan kulit lebih maksimal dari dalam dan luar.

Mana yang lebih baik, body serum atau body lotion?

10 Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

Mana yang lebih baik digunakan?

Perbedaan body serum dan body lotion memang cukup banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi kedua perawatan ini memang dapat digunakan dengan aman sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kamu sendiri. 

Kulit yang kering lebih direkomendasikan untuk memakai body serum karena nutrisinya lebih tinggi daripada body lotion. Jika kulit cenderung normal. Maka body lotion dapat digunakan sebagai bentuk perawatan dan membantu kulit tetap lembab dan sehat. 

Di samping itu, gunakan tips dibawah ini sebelum menggunakan kedua produk agar maksimal bekerja untuk kulit kamu, yaitu:

  • Gunakan body serum atau body lotion setelah kulit bersih atau setelah mandi.
  • Body serum digunakan lebih dahulu lalu body lotion dan produk perawatan lain. Serum akan bekerja maksimal jika dapat menembus kulit dengan mudah.
  • Baca aturan pakai dan simpan dengan benar produk yang akan digunakan untuk kulit. Beberapa bahan seperti pewangi atau pengawet mungkin masuk dalam kedua produk ini sehingga dapat bereaksi saat terkena sinar matahari.

Cara aturan pakai dan konsultasikan dengan dokter apabila pengguna produk perawatan kulit ini memicu iritasi, kemerahan, bengkak, sensasi terbakar atau reaksi alergi lainnya.

Share artikel ini
Reference