13 Rekomendasi Makanan untuk Penderita Infeksi Paru-paru

Untuk penderita infeksi paru-paru ada makanan tertentu yang bisa diberikan. Apa saja rekomendasi makanan untuk penderita infeksi paru-paru?

Sebenarnya paru-paru adalah organ yang dapat “membersihkan” dirinya sendiri, begitu bebas dari paparan asap dan zat berbahaya. Contoh kecilnya adalah paru-paru mantan perokok.

Namun, ada beberapa makanan untuk penderita infeksi paru paru yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Apa saja? Yuk simak rekomendasi makanan aman di bawah ini.

13 Rekomendasi makanan untuk penderita infeksi paru-paru

buah yang baik untuk kehamilan

Berikut adalah berbagai makanan untuk penderita infeksi pada paru-paru yang direkomendasikan, antara lain:

1. Apel

Makan apel secara teratur telah terbukti membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Sebuah studi mengungkap bahwa adanya asupan apel bisa menurunkan fungsi pada paru-paru pada mantan pecandu rokok.

Selain itu, mengonsumsi lima atau lebih apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih besar dan penurunan risiko PPOK.

Asupan apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru karena kandungan antioksidan, flavonoid, dan vitamin C-nya.

2. Edamame

Kacang Jepang ini mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Diet kaya isoflavon bisa menurunkan risiko pada berbagai penyakit, salah satunya yakni infeksi paru-paru. Hal ini karena secara signifikan, fungsi pada paru-paru akan berangsur membaik dan sesak napas pun akan berkurang.

3. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai makanan pembersih paru-paru, karena sifat anti-inflamasinya. Kadar allicin di dalamnya dapat melawan infeksi dan peradangan. Bawang putih juga diyakini sebagai makanan yang efektif untuk meredakan gejala asma dan berpotensi mengurangi risiko paru-paru.

4. Jahe

Jahe, makanan “super” yang sering dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit, juga masuk dalam daftar makanan pembersih paru-paru. Bumbu yang satu ini diklaim mampu mengeluarkan racun dari saluran pernapasan.

5+ Makanan Untuk Penderita Pembengkakan Hati

5. Air mineral

Air mineral atau air putih ternyata juga bisa menjadi minuman pembersih paru-paru. Dalam sehari, kamu bisa minum air putih minimal 8 gelas. Hal ini karena paru-paru kering bisa menjadi salah satu penyebab iritasi dan peradangan.

6. Kunyit

Senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit menjadikan rempah ini memiliki sifat anti radang. Senyawa inilah yang membantu meredakan peradangan pada saluran napas dan sesak dada akibat asma.

Perlu diketahui, beberapa makanan pembersih paru-paru di atas tidak disarankan untuk menjadi pengganti obat-obatan dokter. Jika memang kamu mengalami masalah pada paru-paru dan sistem pernapasan, segeralah berobat ke dokter.

7. Teh peppermint

Kandungan mint pada peppermint telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat alami untuk gangguan pernapasan. Ternyata, mengonsumsi teh peppermint panas dipercaya bisa meredakan lendir berlebih dan peradangan akibat infeksi paru-paru dan pneumonia.

8. Kubis merah

Makanan untuk penderita infeksi paru paru selanjutnya yakni kubis merah. Adanya supan antosianin telah dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru.

Terlebih lagi, kol merah juga dikemas dengan serat yang baik untuk kesehatan tubuh sehingga fungsi paru-paru menjadi lebih baik.

9. Labu

Daging labu yang cerah ternyata memiliki kandungan berbagai senyawa tanaman yang bisa meningkatkan kesehatan pada paru-paru. Labu sendiri kaya akan kandungan karotenoid termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

10. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia yang dapat mencegah kerusakan paru-paru. Brokoli juga dikatakan memiliki senyawa aktif yang disebut L-sulforaphane, yang dapat menipu sel untuk mengaktifkan gen anti inflamasi. Ini membuat sistem pernapasan tetap sehat.

11. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga bisa membersihkan peradangan pada paru-paru. Selain itu, teh hijau juga mampu melindungi jaringan paru-paru akibat asap rokok, dan polusi lainnya.

7 Makanan untuk Penderita Muntaber Biar Cepat Sembuh!

12. Kakao

Biji kakao ini memiliki kandungan antioksidan flavonoid sangat tinggi. Dilengkapi dengan senyawa yang disebut theobromine, yang dapat mengendurkan saluran udara di paru-paru.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, makanan untuk paru-paru ini terbukti mengurangi risiko alergi saluran pernapasan dan berpotensi mencegah kanker paru-paru.

13. Blueberry

Blueberry menjadi salah satu makanan untuk penderita infeksi paru paru yang mengandung antioksidan vitamin C tinggi. Itu sebabnya, blueberry dipercaya mampu membasmi radikal bebas yang menyerang paru-paru kamu.

Berapa lama infeksi paru-paru bertahan?

kanker paru-paru

Pneumonia sendiri adalah kondisi infeksi yang terjadi pada kantung udara dalam paru-paru. Penyakit ini biasanya dikenal dengan sebutan paru-paru basah. Penyebab utama dari penyakit ini bisa karena infeksi jamur, bakteri maupun virus.

Dr. Raymen Lee yakni ahli paru di Houston Methodist mengatakan bahwa “Pneumonia merupakan penyakit yang dapat merusak organ paru-paru dan tubuh manusia. Dibutuhkan waktu seminggu hingga berbulan-bulan untuk bisa pulih sepenuhnya”.

Makanan yang Sehat untuk Penderita Flek Paru-Paru, Harus Ada Ini loh!

Lamanya waktu yang kamu butuhkan untuk pulih dari pneumonia dipengaruhi oleh:

  • Usia kamu
  • Tingkat keparahan penyakit kamu
  • Apakah kamu memiliki kondisi kesehatan lainnya
  • Jenis pneumonia

Jika secara umum kamu sehat dan hanya menderita pneumonia ringan, gejala kamu akan mulai membaik satu hingga dua hari setelah memulai pengobatan.

Dr. Lee juga juga mengatakan bahwa “Penderita pneumonia ringan bisa melakukan aktivitas sehari-hari dalam waktu satu minggu. Meskipun kelelahan akibat batuk bisa bertahan selama 1 bulan penuh.”

Waktu pemulihan lebih lama untuk orang dengan pneumonia berat. Sementara untuk kasus yang lebih serius akan membutuhkan rawat inap. Hal ini karena akan dilakukannya proses pembersihan infeksi, pencegahan atau pengobatan komplikasi agar tidak berkembang, penumpukan cairan, susah bernapas, hingga abses pada paru-paru.

Hal ini karena penyakit pneumonia dan komplikasinya dapat merusak paru-paru dan tubuh seseorang. Sehingga dibutuhkan waktu antara satu hingga enam bulan bagi seseorang untuk pulih dan mendapatkan kembali kekuatannya setelah dirawat di rumah sakit karena pneumonia.

Cara alami menyembuhkan infeksi paru-paru

kanker paru-paru

Selain mengonsumsi berbagai makanan untuk penderita infeksi paru paru, kamu juga harus menjaga kesehatan paru-paru secara alami dengan cara:

1. Rutin aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga mungkin terasa sulit untuk dilakukan. Namun jika kamu melakukan olahraga yang benar dan teratur, kesehatan paru-paru bisa meningkat. Kamu dapat berdiskusi dengan dokter mengenai jenis olahraga yang paling tepat sesuai dengan kondisi kamu.

2. Minum banyak air

Banyak minum air putih akan membantu dahak yang menumpuk di paru-paru dan saluran pernafasan, konsistensinya menjadi lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan.

3. Berhenti merokok

Langkah pasti yang perlu dilakukan untuk mengobati penyakit paru-paru secara alami adalah berhenti merokok, baik itu rokok biasa maupun rokok elektrik atau vape.

Mengonsumsi makanan untuk penderita infeksi paru paru juga sebaiknya disertai penerapan gaya hidup sehat, guna menjaga kesehatan paru-paru agar membaik.

___

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference