manfaat ikan pollock untuk kesehatan

Kamu penggemar drama Korea? Suka lihat bias lagi makan di drakor? Suka coba kuliner Korea? Wah, kamu mungkin sudah tidak asing dengan ikan pollock! Ikan ini termasuk ikan laut yang lembut dan rasanya enak diolah menjadi banyak olahan.

Selain enak, ikan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Apa saja itu? Apa sih spesialnya ikan ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu ikan pollock yang ada di drama Korea?

Pollock adalah nama umum untuk dua spesies ikan laut yang berbeda, Pollachius pollachius dan Pollachius virens. Ikan ini memiliki daging berwarna putih dengan tekstur halus dan lembut. Rasanya paling enak jika dimakan dalam bentuk fillet.

Ikan ini populer di Jepang untuk membuat daging kepiting buatan (crab stick). Sementara di Korea, ikan laut ini sering diolah menjadi pollock kering yang dapat disimpan hingga 6 bulan. Umumnya, ikan ini dikeringkan dengan cara dijemur terlebih dahulu, lalu diangin-anginkan.

Kandungan gizi ikan pollock

Nah, sebelum mengetahui apa saja manfaat kesehatan yang diberikan ikan ini, kamu harus tahu kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya. Nah, ternyata dengan mengonsumsi 1 porsi ikan pollock (170 gram), kamu sudah memenuhi kebutuhan protein harian sebesar 40%, lho.

Bukan hanya tinggi protein, ikan ini juga kaya akan berbagai vitamin yang sangat penting bagi tubuh, seperti vitamin A, B, D, E, dan K. Ikan laut ini juga memiliki kandungan mineral yang tinggi, mulai dari kalsium, fosfor, magnesium, kalium, zat besi, zinc, selenium, hingga berbagai zat antioksidan. Dan tidak kalah penting, ikan pollock mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, baik bagi kesehatan otak dan jantungmu.

Manfaat ikan pollock untuk kesehatan

Kandungan nutrisi yang kaya dari pollock kering atau basah membawa beberapa manfaat kesehatan bagi ikan ini jika dikonsumsi secara teratur. Berikut ini beberapa manfaat dari ikan populer di korea ini yang perlu kamu ketahui:

1. Menyehatkan rambut

Kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam ikan pollock membantu meningkatkan kekuatan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Kamu juga dapat mengatasi masalah ujung rambut bercabang, rambut rontok, dan ketombe dengan memenuhi kebutuhan Vitamin B12 dari ikan ini.

2. Menjaga kesehatan kulit

Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan pollock memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Asam lemak tak jenuh tunggal ini juga membantu mengurangi bintik hitam dan mengurangi berbagai kondisi peradangan yang mempengaruhi kulit.

3. Mengontrol berat badan

Ikan pollock merupakan makanan yang rendah kalori tetapi dikemas dengan berbagai nutrisi penting lainnya. Selain itu, kandungan proteinnya yang tinggi dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori. Oleh karena itu, jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, kamu bisa mengonsumsi ikan ini.

4. Mengurangi radang

Ikan ini juga mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan, seperti asam nikotinat, asam lemak omega-3, vitamin B6, dan jenis antioksidan lainnya. Berbagai zat ini membantu meredakan kondisi peradangan seperti rada sendiri, sakit kepala, migrain, asam urat, hingga gangguan pencernaan.

5. Menurunkan risiko sakit jantung

Dengan kandungan vitamin B6 dan asam lemak omega-3 yang tinggi, ikan pollock memberi manfaat kesehatan jantung. Dalam ikan ini, ada juga kadar selenium, mineral yang sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner.

6. Menjaga kesehatan otak

Berbagai nutrisi dalam polok, seperti protein, selenium, vitamin B6, fosfor, dan asam lemak omega-3, dapat menjaga kesehatan otak, meningkatkan konsentrasi, dan menetralisir radikal bebas yang dapat mengganggu fungsi kognitif.

Hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi ikan pollock

Selain nilai gizi dan manfaatnya, ikan pollock juga dapat menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi. Banyak gejala yang dapat terjadi sebagai bentuk reaksi alergi, antara lain mual, muntah, gatal-gatal, dan iritasi kulit.

Jadi, jika kamu mengalami salah satu gejala di atas, hentikan konsumsi dan segera temui dokter jika gejalanya parah dan mengganggu.

Tips mengonsumsi ikan pollock

Karena efek samping yang ditimbulkan, kamu disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi ikan ini. Nah, sekarang mari kita bahas tentang bagaimana ikan ini bisa diolah di rumah untuk dinikmati sebagai sajian yang lezat. Di sini, kamu bisa belajar membuat fish and chips versi ikan pollock.

Berikut beberapa bahan yang kamu butuhkan:

  • 250 gram ikan pollock
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 ml minuman bersoda
  • 1 butir telur, diambil putihnya saja
  • ¼ sendok teh garam
  • 2,5 sendok makan minyak goreng
  • Perasan lemon
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Langkah-langkah pembuatan:

  • Campurkan minuman bersoda, tepung terigu, minyak goreng, serta garam ke dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata
  • Diamkan adonan kira-kira 15 menit
  • Kocok putih telur hingga teksturnya kaku, lalu campurkan ke adonan tepung
  • Keringkan ikan fillet dengan tisu dapur
  • Lumuri ikan dengan perasan lemon, lalu taburkan garam dan merica ke permukaan ikan
  • Masukkan ikan ke dalam adonan tepung
  • Goreng ikan ke minyak yang telah dipanaskan. Tunggu hingga warnanya mata keemasan
  • Ikan siap disajikan dengan kentang goreng dan saus

Nah, itu dia beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang ikan pollock. Gimana? Tertarik menikmatinya?

Share artikel ini
Reference