Manfaat senam irama

Apakah kamu suka senam dan olahraga? Senam irama merupakan salah satu jenis senam ritmik yang modern dimana irama music akan mengiringi selama gerakan berlangsung. Senam irama dilakukan dengan menyatukan keindahan, rasa seni dan gerakan olahraga untuk tujuan tertentu.

Tekanan yang diberikan saat melakukan senam irama yaitu kelenturan tubuh, musik, dan kontinuitas gerakan. Ketahui apa saja manfaat senam irama untuk kesehatan yang dapat kamu rasakan! Yuk simak.

12. Manfaat senam irama untuk kesehatan tubuh

Senam irama dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan ada tempat yang cukup luas dan benda-benda yang mendukung senam irama dilakukan. Manfaat senam irama untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan antara lain:

1. Mengencangkan otot

Senam irama akan membantu otot menjadi lebih kencang. Otot akan terasa lentur dan kuat sehingga massa otot akan bertambah. Daya tahan tubuh dan nyeri persendian juga akan berkurang jika kamu rutin melakukan senam otot.

2. Mengecilkan perut

Jika kamu memiliki masalah perut buncit dan berlemak, cobalah untuk melakukan senam irama. Manfaat senam irama ini mampu membakar lemak dan kalori karena terdapat gerakan yang luwes dan tidak putus.

Mencoba 30-45 menit senam irama sangat efektif dalam membakar lemak sehingga dapat membantu mengecilkan perut.

3. Menyehatkan jantung

Senam irama memiliki manfaat untuk menyehatkan jantung. Gerakan yang lambat da cepat akan membantu keseimbangan detak jantung sehingga bergerak lebih cepat, jantung dapat memompa darah sesuai dengan irama dan gerakan senam.

4. Mencegah stres

Jika stres mulai melanda, cobalah melakukan senam irama. Senam akan membuat kamu lebih bersemangat dan melepas hormon endorphin sehingga stres akan jauh lebih berkurang. Senam juga dapat menurunkan hormon kortisol dan epinefrin sehingga tubuh dan pikiran terbebas dari stres.

5. Menguatkan tulang

Manfaat senam irama selanjutnya adalah menguatkan tulang. Senam irama merupakan salah satu cara untuk menghindari osteoporosis dan menyehatkan tulang karena anggota badan akan bergerak untuk melakukan senam irama. Massa otot menjadi naik dan tulang menjadi lebih kuat. 

6. Perkembangan otak

Melakukan gerakan stimulus untuk senam irama akan membantu sensorik otak dan melibatkan semua anggota tubuh untuk dapat bergerak seirama. Hal ini tentu baik untuk perkembangan dan kesehatan otak dengan rutin melakukan senam irama.

Selain manfaat senam irama dalam bidang kesehatan, senam ini juga dapat meningkatkan kebutuhan sosial dan kemampuan tubuh secara umum. Manfaat lain dari senam irama yaitu:

7. Sebuah keterampilan

Senam irama merupakan senam yang melibatkan seluruh tubuh. Semua aspek baik itu gerakan dan pikiran akan membutuhkan koordinasi tubuh yang seimbang.

Dengan terus berlatih senam irama, maka keseimbangan dan koordinasi juga akan menjadi ketrampilan yang tidak dapat semua orang miliki.

8. Meningkatkan percaya diri

Percaya diri dapat ditingkatkan dengan melakukan senam irama. Tidak percaya? Cobalah utnuk mengikuti kelompok senam dan segala gerakan yang kamu kuasai dan dapat kamu lakukan akan membantu membuatmu lebih percaya diri kepada tubuh dan pikiranmu sendiri.

9. Interaksi dan dinamika sosial

Keterampilan dalam interaksi dan dinamika sosial dapat ditingkatkan dengan senam irama. Olahraga ini akan membutuhkan interaksi kelompok dengan orang lain yang tentunya akan membuka jalan pertemanan dan aktivitas dengan peserta senam lainnya, bukan?

10. Estetika

Gerakan senam irama merupakan gerakan yang indah dan artistik. Gerakan ini akan meningkatkan kreativitas dan mendorong kamu melakukan senam dengan berbagai tema dan konsep. Peralatan yang digunakan juga akan semakin beragam dengan jenis senam yang kamu lakukan.

11. Gaya hidup aktif

Senam irama akan mendorong kamu untuk dapat melakukan gaya hidup aktif sehingga dapat dilakukan dengan sangat lembut, unik, teknik tertentu dan menghafal banyak gerakan dalam satu waktu.

Jenis senam ini juga cocok baik untuk anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua untuk mengubah gaya hidup lebih sehat.

12. Musikalitas

Senam irama dapat membantu meningkatkan musikalitas kamu, lho. Rutinitas ini akan melibatkan banyak music dan gerakan sehingga keduanya akan menjadi hal yang perlu kamu kembangkan. Kemampuan dalam mengekspresikan music dan gerakan juga akan lebih meningkat jika kamu rutin melakukan senam irama.

Itu tadi manfaat senam irama yang baik untuk tubuh, Nah, bagaimana tahapan dalam melakukan senam irama?

Baca juga: Tips Gerakan Burpees yang Aman dan Baik untuk Kebugaran!

Tahapan dalam senam irama

Senam irama dapat dilakukan dengan sangat mudah dan hanya terdapat beberapa tahapan gerakan saja, yaitu:

1. Gerakan pemanasan

Tahapan gerakan senam irama yang pertama adalah pemanasan. Gerakan yang mudah dan bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh baik itu secara fisiologis maupun secara psikologis.

Gerakan dalam pemanasan senam irama antara lain jalan di tempat, geleng kepala ke kiri dan kanan dan sebagainya.

2. Gerakan inti

Gerakan inti dalam senam irama akan melatih kekuatan otot, tubuh, kenturan, kelenturan, kelincahan dan koordinasi tubuh dengan persendian. Gerakan ini dapat dapat dilakukan salaam 30-45 menit dengan manfaat senam irama yang sangat besar.

3. Gerakan pendinginan

Tahapan terakhir dalam gerakan senam irama yaitu bermanfaat untuk mendinginkan tubuh yang sudah melakukan gerakan berat atau inti, mengatur napas, melenturkan hingga senam ritmik yang dilakukan perlahan seperti mengayunkan tangan ke atas dan ke bawah secara perlahan.

Manfaat senam irama dalam semua tahapan ini akan memberikan dampak yang baik untuk seluruh tubuh sehingga tubuh tidak akan kaku, sakit atau kram selama atau setelah senam irama dilakukan. 

Apa saja jenis senam irama yang mudah dilakukan?

Jenis-jenis senam irama

Manfaat senam irama bisa terlihat dari berbagai macam gerakan yang dapat kamu lakukan untuk senam irama, antara lain:

  • Langkah biasa atau looppas
  • Langkah rapat atau bijtrekpas
  • Langkah keseimbangan atau balanspas
  • Langkah depan atau galoppas
  • Langkah tiga atau wall pass
  • Langkah silang atau kruispas
  • Langkah samping atau zijpas
  • Langkah ganti atau wisselpas
  • Langkah lingkar atau huppelpas
  • Langkah pantul atau kaatspas
  • Langkah silang lingkar atau schaatsenrijderpas
  • Langkah putar silang atau draipas

Benda yang digunakan dalam senam irama antara lain:

  • Bola
  • Tali
  • Simpai
  • Pita
  • Gada

Manfaat senam irama sangat baik dan asyik dilakukan bersama-sama. Sehingga senam akan menjadi lebih seru dan menarik. Cobalah mulai lakukan senam irama selama 30-45 menit 1-2 kali seminggu sehingga badan akan terasa bugar dan pikiran lebih segar!

Share artikel ini
Reference