Bagi kamu yang memiliki kulit kering sehingga membuat penampilanmu kurang maksimal, penggunaan petroleum jelly sebagai kosmetik untuk melembabkan dan merawat kesehatan kulit bisa menjadi solusinya. Biasanya produk tersebut dapat digunakan sebelum tidur di area kering tubuh, seperti bibir, siku, tumit, dan lainnya. 

Selain itu, ada banyak manfaat produk tersebut yang bisa dimanfaatkan, lho. Penasaran apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Apa itu petroleum jelly? 

Petroleum jelly adalah campuran hidrokarbon semi-padat. Bahan ini sendiri terbagi menjadi bahan alami, buatan, turunan, dan sintetis. Petroleum jelly alami diperoleh dari penyulingan minyak tanah (petroleum) untuk menghilangkan bau dan mengubah warnanya.

Proses pemurnian ini bekerja dengan menghilangkan warna kuning minyak tanah dan menjadikannya putih. Biar lebih jelas soal manfaatnya untuk kulitmu, yuk simak artikel berikut ini!

Manfaat petroleum jelly untuk kulit

Manfaat petroleum jelly untuk meningkatkan kecantikan kesehatan kulit sudah lama diketahui. Berikut beberapa manfaat petroleum jelly yang bisa kamu rasakan:

1. Menjaga kelembaban kulit

Cara melembabkan kulit kering

Petroleum jelly banyak digunakan untuk membantu menjaga kulit tetap terhidrasi. Bahan ini menciptakan lapisan tipis dan kedap air pada kulit, yang mengurangi penguapan.

Meskipun dapat membantu mempertahankan kelembaban, tidak jarang lapisan petroleum jelly pada kulit menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo, jadi penting untuk membersihkan sisa petroleum jelly secara menyeluruh.

Baca juga: 10 Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Kering

2. Merawat bibir pecah-pecah

Petroleum jelly juga dapat digunakan untuk menjaga kelembaban bibir dan membantu proses regenerasi bibir pecah-pecah.

Petroleum jelly memiliki tekstur yang lebih padat dibanding krim kulit biasa dan membantu menjaga kelembaban bibir lebih lama. Bibir juga menjadi lebih lembut, sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman.

3. Mengatasi tumit pecah-pecah

Masalah ini bisa disebabkan karena area tumit terlalu kering, banyak gesekan, tidak memakai sepatu, dan sebagainya. Keluhan ini mempengaruhi penampilan saat memakai alas kaki terbuka.

Rawat dengan produk petroleum jelly secara teratur. Di malam hari, kenakan kaus kaki setelah mengoleskan produk ini ke area tumit yang bermasalah.

4. Mencegah noda kulit

Petroleum Jelly juga bermanfaat untuk mencegah noda kulit. Menggunakan pewarna rambut atau cat kuku pada kulit dapat menyebabkan noda pada kulit.

Kabar baiknya, petroleum jelly dapat mencegah noda ini menempel. Kamu bisa mengoleskan petroleum jelly ke kulit di sekitar garis rambut atau kuku saat ingin memberi cat kuku atau rambut.

5. Mengurangi keluhan setelah waxing

waxing bulu ketiak

Wanita sering melakukan waxing. Di sisi lain, banyak pria juga kerap mencukur rambut kecil di area wajahnya. Karena hal ini, keluhan nyeri kulit, kemerahan, atau gatal dapat terjadi setelah proses pencukuran bulu atau rambut. Gunakan petroleum jelly untuk mengatasi keluhan ini.

Baca juga: 7 Tips Aman Waxing Bulu Ketiak di Rumah, Nyaman dan Aman!

6. Melindungi luka dari air

Terkadang jika ada luka di kulit, luka tersebut disarankan untuk tetap kering. Kamu bisa menggunakan plester khusus yang tahan air agar luka tetap kering meskipun kamu sedang mandi.

Namun, kamu juga bisa menggunakan petroleum jelly. Ketika diterapkan pada luka, produk ini membentuk lapisan pelindung kedap air.

7. Membersihkan pori-pori dan menghindari jerawat

jenis jerawat

Petroleum jelly dapat membantu membersihkan kulit dari dalam sehingga pori-pori tidak tersumbat dan mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat. Petroleum jelly juga dapat menyerap ke dalam kulit dan membuat kulit menjadi lebih bersih.

8. Menghindari gatal akibat deterjen

Manfaat petroleum jelly selanjutnya adalah menghindari gatal. Jika kamu sering mencuri pakaian sendiri, kamu pasti pernah mengalami kulit gatal di kaki atau tangan.

Hal ini disebabkan karena zat yang terkandung dalam deterjen. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan mengoleskan petroleum jelly pada kulitmu.

9. Melembutkan kutikula kuku

Kutikula kuku kering lebih rentan retak dan terkelupas. Hal ini akan memudahkan bakteri masuk dan menyebabkan infeksi. Untuk menjaga kutikula kuku tetap lembut dan sehat, cobalah mengoleskan petroleum jelly sebelum tidur. Cara ini juga membuat kuku terlihat lebih berkilau.

10. Memperlambat tanda-tanda penuaan kulit

petroleum jelly untuk mengurangi penuaan dini

Seiring bertambahnya usia, jaringan kulit kehilangan kelembaban, yang dapat menyebabkan kerutan. Petroleum jelly dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

11. Mengatasi keratosis pilaris

Manfaat petroleum jelly selanjutnya mengatasi keratosis pilaris. Keratosis pilaris memang tidak berbahaya, tetapi bisa membuat kulit tampak seperti kulit ayam, terasa kasar, dan terkadang gatal.

Langkah pertama dalam mengobati kondisi ini adalah dengan mengoleskan petroleum jelly ke kulit.

12. Meringankan iritasi kulit karena paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat menyebabkan kulit terbakar, kemerahan, kering, dan gatal. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengoleskan petroleum jelly untuk mengembalikan kelembapan kulit dan membantu proses pemulihan.

13. Mengatasi alergi terhadap tanaman dan perhiasan logam

Sama halnya dengan gigitan serangga, gatal-gatal akibat alergi serbuk tanaman atau logam pada perhiasan imitasi juga dapat diredakan dengan petroleum jelly. Petroleum jelly juga tergolong hypoallergenic (tidak menyebabkan alergi), jadi jangan khawatir yaa!

14. Membantu menyembuhkan luka gores

Petroleum jelly membantu menyembuhkan luka kecil seperti goresan dan mencegah pembentukan koreng.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bahan ini efektif dalam melembabkan kulit selama pemulihan pasca operasi. Petroleum jelly memungkinkan kulit di sekitar sayatan sembuh tanpa jaringan parut.

15. Menghapus riasan mata

Manfaat petroleum jelly lainnya adalah sebagai penghapus riasan mata yang aman. Caranya cukup dengan mengoleskan sedikit petroleum jelly ke area riasan mata, lalu gunakan kapas dan tekan lembut di area yang ingin dibersihkan.

16. Mencegah iritasi kulit karena gesekan

Menurut American Academy of Dermatology, kamu dapat mencegah iritasi dengan  mengoleskan petroleum jelly ke area  yang bermasalah. Bila perlu, lakukan ini sebelum memakai pakaian yang berpotensi mengiritasi.

17. Menjadi lapisan pelindung kulit

Petroleum jelly dapat bekerja sebagai lapisan pelindung kulit. Bahan ini dapat menahan cairan di dalam jaringan kulit dan mencegah kotoran dari luar masuk ke dalam kulit. Dengan cara ini, kulitmu bisa lebih lembab dan terhindar dari kuman.

18. Mengatasi ruam popok

ruam popok

Ruam popok kerap diatasi dengan mengganti popok secara rutin. Tambahannya, kamu dapat mengoleskan petroleum jelly. Kandungan minyak yang terdapat pada bahan ini akan membentuk lapisan yang melindungi kulit bayi dari ruam popok.

19. Mencegah gejala eksim

Eksim dapat menimbulkan rasa gatal, bercak pada kulit, bahan iritasi. Untungnya, salah satu manfaat petroleum jelly adalah mencegah timbulnya gejala eksim.

Ini sudah dibuktikan oleh penelitian. Penggunaan petroleum jelly sebagai pelembab kulit terbukti mencegah munculnya gejala eksim pada bayi. Hal ini mungkin terkait dengan cara kerja petroleum jelly dalam melindungi kulit dari hal-hal yang memicu eksim.

Baca juga: Dermatitis Atopik adalah Penyakit Eksim, Apakah Berbahaya!

20. Mencegah pengelupasan kulit

Banyak orang dengan tipe kulit kering rentan mengalami pengelupasan kulit. Nah, mengoleskan petroleum jelly pada bagian kulit yang kering dan rentan mengalami pengelupasan bisa menjadi solusi. Bukan hanya itu, petroleum jelly juga bisa mengatasi nyeri karena kulit yang terlalu kering.

Nah, itulah beberapa manfaat petroleum jelly yang bisa kamu rasakan. Jika kamu mengalami efek samping petroleum jelly setelah penggunaannya, segera hubungi dokter yaa!

Share artikel ini
Reference