tips mudik sehat

Mudik bisa sangat menyenangkan kalau kita berada dalam kondisi yang sehat dan bugar. Namun, sebagian orang mungkin saja mengalami masalah kesehatan saat mudik. Apa saja masalah kesehatan tersebut dan bagaimana tips mudik sehat? Yuk, intip di artikel ini, Yoonies!

Masalah kesehatan saat mudik

Sebelum mengetahui tips mudik sehat, kamu perlu mengetahui dulu masalah kesehatan saat mudik yang mungkin saja kamu alami. Berikut penjelasannya:

1. Mabuk perjalanan 

Mabuk perjalana adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh gerakan, seperti mabuk laut, mabuk udara, atau mabuk mobil.

Gejala mabuk perjalanan yang membuat tak nyaman, yaitu mual dan muntah. Gejala lain dari mabuk perjalanan, seperti keringat berlebih, kulit tampak pucat, hingga sakit kepala ringan.

2. Gangguan pencernaan

Selain mabuk perjalanan, masalah kesehatan yang umum menyerang pemudik adalah diare, sembelit, dan rasa tak nyaman pada perut. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa obat yang dapat mengatasi gangguan kesehatan tersebut saat mudik.

3. Flu dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Saat kamu mudik dengan kondisi yang tidak fit, maka kamu akan mudah terserang flu maupun infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Pastikan tubuh kamu sehat dan bugar sebelum mudik dan bawalah obat untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Lelah setelah Mudik? Ini Cara Mengatasinya dengan Ampuh!

Tips mudik sehat yang bisa kamu terapkan

Setelah mengetahui masalah kesehatan yang umum dialami, kamu perlu tahu tips mudik sehat untuk mencegah hal yang tak diinginkan setelah mudik. Berikut tipsnya!

1. Istirahat yang cukup 

Banyak penelitian yang menunjukkan kalau kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental, seperti sistem kekebalan tubuh yang melemah sehingga akan berbahaya jika kamu harus mudik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi waktu tidur atau istirahatmu jika memungkinkan. Apalagi kalau kamu mudik dengan kendaraan pribadi. Tidak ada salahnya menepi di rest area untuk beristirahat.

2. Pastikan tubuh selalu terhidrasi 

Salah satu cara paling penting untuk tetap sehat saat bepergian adalah dengan minum air putih yang cukup. Namun, ingat kalau bukan berarti kamu harus batal. Pastikan kamu banyak minum saat sahur dan berbuka puasa.

Selain itu, cobalah untuk menghindari minum kafein saat sedang mudik karena dapat menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya dapat menyebabkan rasa lelah, membuat detak jantung meningkat, dan menyebabkan diare. 

3. Minum suplemen dan vitamin 

Untuk mendukung kesehatan tubuh, usahakan untuk mengonsumsi suplemen atau multivitamin saat berbuka puasa maupun sahur, apalagi kalau kamu sedang berpuasa.

Haid saat Mudik? Jangan Panik, Ini Cara Menjaga Vagina Tetap Bersih!

Itulah masalah kesehatan saat mudik dan tips mudik sehat yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa selalu waspada saat berada di perjalanan ya, Yoonies! Semoga kamu tetap sehat dan selamat sampai tujuan!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference