Menstruasi atau haid merupakan siklus dimana sel telur pada rahim luruh ketika tidak dibuahi oleh sperma. Menstruasi mulai datang pada usia remaja dan menjadi suatu tanda bahwa anak perempuan akan memasuki masa pubertas.

Mengutip dari Kid’s Health, remaja biasanya mulai mengalami menstruasi pada usia 12 tahun. Ada kemungkinan anak dapat mengalami menstruasi pada usia 9 tahun.

Masa perkembangan anak menuju pubertas ini juga dapat terganggu seperti mengalami keterlambatan haid. Adakah cara agar cepat haid untuk anak yang dapat orang tua lakukan?

Apa harus dilakukan jika anak terlambat haid?

Setiap anak memang akan menemukan waktu yang berbeda untuk memulai mendapatkan tamu bulanan. Terkadang anak perlu dijelaskan bahwa tidak perlu khawatir jika temannya sudah mendapatkan haid namun mereka belum.

Remaja juga masih mengalami adaptasi untuk mendapatkan siklus bulanan yang teratur di awal-awal menstruasi.

Namun jika anak berusia 16 tahun masih belum mendapat haid, artinya kamu perlu segera konsultasi ke dokter. Segera jadwalkan pemeriksaan kesehatan anak jika terjadi:

  • Belum ada menstruasi pada usia 16 tahun atau 3 tahun setelah payudara tumbuh.
  • Curiga terhadap kemungkinan kehamilan karena menstruasi berhenti
  • Periode menstruasi yang kurang dari 21 hari atau lebih dari 45 hari
  • Menstruasi tidak teratur lebih dari 7 hari
  • Nyeri parah selama menstruasi
  • Demam atau sakit saat menstruasi

Cara agar cepat haid untuk anak yang belum mendapatkan siklus ini akan direkomendasikan oleh dokter berkaitan dengan penyebabnya. Apa yang menjadi penyebab umum siklus belum datang pada usia matang?

Baca juga: 5+ Tanda-Tanda Haid pada Anak yang Wajib Diketahui!

Penyebab haid pertama pada anak tak kunjung datang

Tujuan pendidikan seks bagi remaja

Remaja berusia hampir 16 tahun namun belum kunjung mendapatkan menstruasi disebut dengan amenore primer. Kondisi ini tentu disebabkan oleh banyak faktor. Berikut faktor yang menyebabkan anak telat mengalami menstruasi:

1. Faktor keturunan

Jika dalam keluarga ada riwayat pubertas yang sama, bisa jadi kondisi ini akan menurunkan pada anak. Jika kisaran usianya masih awal remaja, orang tua tidak perlu terlalu khawatir menanti kapan masa haid anak.

2. Menjalani pengobatan

Jenis obat-obatan tertentu dapat mengganggu siklus dan ovulasi akan tertekan sehingga haid datang terlambat. Jika anak sedang menjalani perawatan, hal ini bisa menjadi penyebabnya.

3. Obesitas

Jumlah lemak ternyata dapat memengaruhi cepat lambatnya datang bulan. Obesitas pada anak dapat menjadi sebab hormon ovulasi berubah memicui siklus pertama datang terlambat.

4. Hormon tidak seimbang

Dalam mengatur menstruasi, terdapat hormon seperti tiroid atau prolactin yang jika tidak seimbang maka haid bisa datang terlambat. Terdapat beberapa tes dan pemeriksaan hormon jika ini adalah masalah utamanya.

Baca juga: Pubertas Dini ataupun Terlambat adalah Hal yang Wajar, Begini Faktanya!

5. Berat badan kurang

Berat badan kurang juga dapat menjadi sebab menstruasi datang telat sehingga cobalah untuk menambah asupan makan bergizi agar berat badan stabil.

6. Olahraga ekstrem

Olahraga berat dapat menurunkan kadar lemak sehingga keseimbang hormon berubah dan menjadi telat datang bulan. Ubahlah jenis olahraga anak seperti yoga atau olahraga ringan agar dapat menjaga keseimbangan hormonnya.

7. Kelainan pada sistem reproduksi

Kelainan sistem reproduksi bisa menjadi sebab anak telat mengalami haid. Coba lakukan pemeriksaan sehingga dapat diketahui apa yang menjadi kelainan dalam sistem reproduksinya. Kelainan struktur organ dapat memengaruhi siklus bulanan sehingga datang terlambat.

8. Kurang aktivitas fisik

Hormon melatonin akan menurun jika anak kurang bermain aktivitas fisik. Hormon ini juga dapat memengaruhi siklus pertama sehingga penting untuk menjaga anak tetap aktif bermain.

Faktor yang menjadi sebab anak tak kunjung mendapatkan haid ini bisa coba orang tua perhatikan lagi sehingga dapat mencari cara agar cepat haid untuk anak. 

Cara agar cepat haid untuk anak

pubertas pada remaja perempuan

Tidak ada waktu yang benar-benar tepat kapan anak akan mulai mendapatkan haid pertamanya, namun umumnya haid akan terjadi tidak lama ketika anak mulai tumbuh payudara.

Jika kamu sebagai orang sudah mulai merasa khawatir, cobalah sesekali ajak anak ke dokter untuk melakukan perawatan. Beberapa perawatan yang mungkin akan direkomendasikan, antara lain:

1. Pola makan dan perubahan diet

Berat badan yang naik atau turun secara drastis dapat menjadi sebab haid tidak kunjung datang. Perubahan diet mungkin akan dapat dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi dan berat badan anak.

Anak juga akan diberikan aturan dan pola makan gizi seimbang untuk mengembalikan berat badan yang ideal.

2. Terapi hormon

Terapi hormon bisa menjadi salah satu rekomendasi dokter apabila anak remaja terlambat mengalami menstruasi.

Terapi hormon dapat kembali didiskusikan dengan dokter mengenai terapi terbaik yang biasanya dilakukan seperti alat kontrasepsi pada orang dewasa.

3. Terapi gangguan makan

Gangguan makan bisa menjadi sebab haid datang terlambat pada usia remaja. Terkadang dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia.

Terapi ini tentu akan membutuhkan bantuan psikiater atau psikolog agar dapat menangani kondisi ini.  Terapi dapat dilakukan dengan cara bercerita dna konsultasi dengan ahli jiwa utnuk dapat memperbaiki pola makan anak.

4. Kurangi aktivitas berat

Olahraga berat dapat menjadi sebab haid tak kunjung datang. Kebiasaan ini akan dipantau oleh dokter dan disarankan untuk mengurangi frekuensi olahraga berat dan diganti dengan latihan ringan seperti senam atau yoga.

5. Relaksasi

Menstruasi yang datang terlambat bisa dipengaruhi oleh tingkat stres yang dimiliki oleh anak. Relaksasi mungkin akan direkomendasikan untuk anak apabila diketahui stres sebagai penyebab utamanya.

Relaksasi dapat dilakukan dengan melakukan yoga yang lembut. Meditasi, melakukan kegiatan santai atau jalan-jalan dengan teman.

6. Pembedahan jika terdapat cacat lahir

Pembedahan mungkin dapat menjadi cara agar cepat haid untuk anak` yang direkomendasikan oleh dokter apabila terdapat cacat lahir sehingga menjadi sebab haid tak kunjung datang.

7. Mengobati gangguan tiroid

Menangani gangguan tiroid bisa menjadi cara yang aman untuk mengembalikan siklus dan kesehatan anak sehingga dapat mendatangkan menstruasi tepat pada waktunya.

Gangguan tiroid juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang cukup serius bagi anak.

8. Konsumsi makanan pelancar siklus haid

Beberapa orang memilih untuk menggunakan cara alami seperti mengonsumsi makanan yang diketahui dapat memperlancar siklus haid seperti nanas, vitamin c dan obat herbal tradisional. 

  • Nanas. Nanas kaya akan bromelain yang dapat merangsang hormon estrogen dan jenis hormon lain yang berperan dalam menstruasi. Nanas juga dapat meredakan inflamasi dan sebagai suplemen harian yang meringankan rasa nyeri menstruasi.
  • Vitamin c. Beberapa orang menggunakan vitamin c untuk merangsang haid segera datang. Vitamin c alami dapat ditemukan pada sayuran hijau, seperti bayam dan kale, kemudian jeruk, anggur, brokoli dan kubis brussel.
  • Obat herbal. Rempah atau obat herbal dikenal sebagai obat cara agar cepat haid untuk anak seperti seledri, papaya, kayu manis, chamomile, rosemary, oregano dan sebagainya.

Cara agar cepat haid untuk anak secara alami ini cenderung aman dan relative bisa dilakukan di rumah. Jika anak masih tetap tak kunjung mendapatkan haid, jangan ragu untuk segera konsultasi dan periksakan ke dokter, ya.

6 Cara Cepat Menstruasi Untuk Anak yang Belum Menstruasi

Share artikel ini
Reference