tips pacaran sehat dan tandanya

Sebagian perempuan suka kalau pasangannya bucin dan posesif padanya. Namun, tahukah kamu kalau sikap tersebut bukan termasuk pacaran sehat (healthy relationship). Bahkan, termasuk red flag. Lalu, apa saja tanda hubungan yang sehat dan tips pacaran sehat? 

Tanda pacaran sehat

Healthy relationship merujuk pada hubungan yang memberikan keamanan bagi kedua orang untuk saling mencintai dan menghormati. Menurut Jennifer Howell, pakar di bidang hubungan, kamu bisa mengkomunikasikan keinginan, kebutuhan, dan batasan serta mendengarkan orang lain. 

Ciri pacaran tidak sehat adalah seseorang merasa tidak nyaman dan aman dalam hubungan. Misalnya karena pasangan sangat pencemburu, sering mengkritik, posesif, insecure, ataupun tidak memberikan dukungan sama sekali.

Sementara tanda healthy relationship sebagai berikut:  

1. Saling jujur 

Kejujuran merupakan salah satu aspek dalam hubungan yang sehat. Memiliki percakapan yang jujur mungkin terasa sulit karena kamu tidak ingin menyakiti perasaan pasangan. Namun, kejujuran harus diterapkan agar kalian dapat memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

2. Menjadi diri sendiri 

Ciri hubungan sehat adalah memiliki autonomy. Artinya, kedua pasangan tidak mengubah identitas dirinya, seperti mengejar minat berbeda, memiliki teman lain, dan menjalani aktivitasnya masing-masing tanpa merasa bersalah karena pasangan tidak dilibatkan. 

Amy Sherman, MA LMHC, pakar hubungan mengatakan, “Ada aspek penting yang benar-benar membuat hubungan itu sehat dan itu adalah kemampuan untuk merasa dekat bahkan saat kamu dan pasangan berpisah.”

3. Menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat 

Pasangan yang memiliki hubungan sehat menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat pula. Contohnya, mengkomunikasikan masalah dengan tenang tanpa menyalahkan dan mengabaikan rasa hormat pada pasangan. Pacaran sehat juga mampu memaafkan kesalahan satu sama lain dan berintrospeksi diri.  

6. Saling percaya dan menghargai 

Kepercayaan membangun hubungan yang dekat dan stabil. Kamu dan pasangan harus saling mempercayai dan berkomitmen pada kepercayaan itu. Aspek penting lainnya, yakni menghormati satu sama lain. Di dalam hubungan yang sehat tidak ada menyepelekan keberadaan dan perasaan pasangan.

7. Memiliki batasan yang sehat 

Walau resmi berpacaran, kamu juga butuh batasan, yakni hal yang masih bisa ditolerir dan tidak dapat ditolerir dari pasangan. Dengan adanya batasan kamu jadi merasa aman dan nyaman serta pasangan tidak dapat memaksakan kehendak. 

8. Saling mendukung

Pasangan yang berada di healthy relationship saling mendukung impian satu sama lain. Keduanya tidak saling insecure dan iri dengan keberhasilan pasangannya. Justru ikut berbahagia kalau pasangannya berhasil. 

9. Komunikasi yang baik 

Hubungan yang sehat memungkinkan kamu untuk menyuarakan pendapat tanpa takut dihakimi dan dikritik. Komunikasi yang baik adalah ciri healthy relationship. Ketika terjadi kesalahpahaman, pasangan dapat mengkomunikasikan diri dengan jelas. 

7 Ciri-Ciri Terjebak di Hubungan Abusive, Begini Mengatasinya!

Tips pacaran sehat 

tips pacaran sehat hindari hubungan toxic

Menjalani pacaran sehat merupakan impian setiap pasangan. Nah, kamu dan pasangan bisa mencoba tips pacaran sehat berikut ini:

1. Menjaga komunikasi 

Telah dijelaskan bahwa komunikasi merupakan faktor keberhasilan hubungan. Pertahankan intensitas komunikasi dengan pasangan. Pastikan kamu mendengarkan pasangan dan tidak memotong pembicaraannya. 

2. Rutin quality time 

Tips pacaran sehat selanjutnya adalah rutin quality time. Kamu dan pasangan dapat mengatur jadwal untuk bertemu. Lakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kedekatan kalian berdua. Misalnya, mengeksplor tempat wisata di kota asal, menonton film, maupun hanya menikmati kopi bersama.

3. Membangun dan menghargai batasan 

Coba komunikasikan apa yang kamu suka dan tidak sukai. Bicarakan dengan jelas agar pasangan mengerti dan menghargai batasan tersebut. Penting untuk selalu mengingat boundaries milik pasangan demi menjaga hubungan harmonis. 

4. Selalu mau intropeksi dan belajar 

Dalam hubungan banyak tantangan yang muncul. Terkadang pasangan melakukan sesuatu yang membuatmu marah atau sebaliknya. Cobalah saling introspeksi diri dan belajar dari kesalahan. 

Apa Itu Trust Issue? Pentingkah dalam Sebuah Hubungan?

Itulah ciri dan tips pacaran sehat. Kalau kamu sedang menjalin hubungan toxic, masih ada kesempatan untuk memperbaiki atau mengakhiri hubungan. Perlu diingat tidak semua hubungan yang romantis termasuk healthy relationship


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference