Ciri ciri pacaran sehat

Apakah saat ini kamu berada dalam sebuah pacaran sehat dengan kekasih, atau malah belum tahu bagaimana bentuk hubungan sehat yang dimaksud diatas? Semua orang tentu ingin memiliki hubungan pacaran yang sehat, bukan?

Untuk mengetahui apakah kamu sudah memiliki hubungan atau pacaran yang sehat, yuk coba ketahui ciri-ciri, manfaat dan tips membangun hubungan pacaran yang sehat.

Pengertian pacaran yang sehat

Pacaran sehat adalah sebuah istilah yang dapat menggambarkan suatu hubungan saling menghargai antara satu sama lain. Kamu dan pasangan dapat merasakan nyaman menjadi diri sendiri, serta dapat bertumbuh satu sama lain.

Hubungan yang sehat tidak akan menimbulkan adanya perasaan bingung yang dapat menyesatkan antar pasangan saat menjalin suatu hubungan, lho. Nah, untuk mengetahui apakah kamu sedang menjalani hubungan yang sehat, ada ciri-ciri yang bisa kamu identifikasi.

Ciri ciri pacaran sehat yang wajib kamu ketahui

Menjalin suatu hubungan cinta bukan berarti jaminan bahwa seseorang tidak akan terkena masalah dalam hubungannya. Berikut ini ciri-ciri pacaran yang sehat agar bisa menjadi hubungan lebih kuat. Ciri hubungan sehat antara lain:

1. Komunikasi terbuka

Hubungan pacaran yang sehat dapat terlihat dari komunikasi terbuka antara keduanya. Kamu dan pasangan berani untuk mengungkapkan apa yang sedang kamu rasakan, tanpa takut adanya tekanan dari pasangan. Kamu dan pasangan juga tidak menutupi atau menunjukkan ciri-ciri berbohong. Hal ini merupakan salah satu ciri pacaran yang sehat.

2. Saling percaya

Sebagai pondasi utama dalam sebuah hubungan, penting menaruh kepercayaan satu sama lain. Kepercayaan akan membuat hubungan menjadi lebih awet dan tetap sehat.

3. Rasa menghargai satu sama lain

Pasangan yang saling menghargai menjadi tanda hubungan sehat. Beberapa tindakan menghargai pasangan misalnya, mendengar keluh kesahnya dengan baik, memberi waktu dan ruang untuk pasangan, saling memahami dan memaafkan kesalahan, mendukung apa yang menjadi cita-cita pasangan dan sebagainya.

4. Rasa sayang tak padam

Lamanya sebuah hubungan kadang membuat rasa sayang tidak lagi sama seperti di awal. Rasa sayang yang tidak padam dapat membuktikan bahwa hubungan yang dijalankan tetap kuat dan sehat.

5. Kerja sama yang baik dengan pasangan

Kerjasama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan dapat menjadi tanda hubungan sehat. Kerjasama bisa dibangun untuk memperkuat hubungan sehingga minim masalah.

6. Tidak melulu serius

Gaya pacaran yang seimbang harus diselingi dengan lelucon dan tertawa bersama sehingga hubungan menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

7. Saling menginspirasi

Hubungan yang sehat dapat menjadikan kedua pribadi yang terlibat di dalamnya saling bertumbuh, berkembang, dan terinspirasi. Hubungan akan jauh lebih sehat jika kedua pasangan mampu berkembang bersama.

8. Tetap memiliki waktu dan ruang masing-masing

Meski dalam hubungan, memberikan waktu dan ruang kepada pasangan untuk menikmati kesukaan dan hobinya bisa menjadi tanda pacaran yang sehat. Kamu atau pasangan tidak terus mengekang geraknya, sehingga kamu dan pasangan tetap memiliki privasinya sendiri.

9. Menyelesaikan masalah bersama

Pacaran yang sehat ditandai dengan adanya rasa kebersamaan saat menyelesaikan sebuah masalah sehingga cepat selesai dan tidak berlarut. Kamu dan pasangan fokus pada solusi bukan hanya pada kesalahan yang dilakukan. Sehingga, masalah dapat selesai dan hubungan tetap berjalan baik.

Cara membangun hubungan pacaran sehat

Ada banyak cara untuk dapat membangun suatu pacaran yang sehat, lho. Perilaku yang tidak baik dalam hubungan dapat menghancurkan dan menjauhkan kamu serta pasangan dari hubungan sehat. Nah, berikut ini cara membangun hubungan yang sehat.

  • Tunjukkan apresiasi dan rasa bersyukur terhadap pasangan
  • Membuat menarik hal yang dilakukan bersama pasangan
  • Luangkan waktu untuk satu sama lain
  • Mencoba hal-hal baru bersama pasangan
  • Keluar dari rutinitas yang sama

Beberapa hal ini dapat dilakukan untuk membangun hubungan yang sehat, lalu apa manfaat memiliki pacaran yang sehat?

Manfaat pacaran sehat

Selain membantu hubungan menjadi langgeng dan awet, banyak sekali manfaat saat kamu berada dalam hubungan pacaran yang sehat seperti dibawah ini:

  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan percaya diri
  • Membantu proses pendewasaan diri
  • Motivasi untuk hidup lebih sehat
  • Mengatasi kesepian
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Meningkatkan imun dan daya tahan tubuh

Tips menjaga pacaran sehat

Banyak studi yang menunjukkan bahwa hubungan sehat dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan. Ada tips dalam menjaga hubungan tetap sehat dan berlaku untuk semua jenis hubungan seperti persahabatan, hubungan kerja, keluarga atau hubungan romantis:

  • Jaga ekspektasi hubungan agar tetap realistis. Tidak semua hal bisa kamu dapatkan dari pasangan. Terima apa adanya pasangan dan tidak berusaha mengubahnya menjadi orang lain.
  • Berbicara satu sama lain. Perbanyaklah melakukan obrolan dengan pasangan, berdiskusi, dan berikan perhatian penuh dan sungguh-sungguh.
  • Menjadi pribadi yang fleksibel. Hubungan yang sehat bisa terjadi perubahan dan pertumbuhan didalamnya. Meski tidak nyaman, perubahan ke arah lebih baik bisa dilakukan oleh masing-masing pasangan.
  • Jaga diri sendiri. Jasa kesehatan diri sendiri agar dapat berada dalam hubungan yang sehat. Kesehatan ini termasuk juga kesehatan mental dan fisik.
  • Dapat diandalkan. Dapat saling dipercaya pasangan dan diandalkan untuk segala hal yang disepakati bersama.
  • Konflik sewajarnya. Selesaikan konflik dengan kepala dingin turunkan ego dan pahami apa yang menjadi keinginan masing-masing.
  • Jalani proses bersama. Memiliki ruang yang sehat untuk berkembang baik untuk diri sendiri maupun untuk hubungan.
  • Menjadi diri sendiri. Mencoba menjadi diri sendiri dan apa adanya kepada pasangan dapat membuat hubungan menjadi lebih sehat.

Berada dalam sebuah hubungan atau pacaran sehat akan membuat kedua belah pihak bisa merasakan kehadiran satu sama lain dengan bahagia. Ketahui bagaimana cara membangun hubungan langgeng dan sehat agar dapat lebih berkembang dan menyenangkan.

Share artikel ini
Reference