cara agar tidak mudah jatuh cinta
Hubungan Harmonis Seks & Relationship

Cara Agar Tidak Mudah Jatuh Cinta, Jauh-Jauh Dari Galau!

Imelda Rahmawati | Februari 24, 2022
Share

Kata orang jatuh cinta itu indah, tapi apa jadinya jika cinta pada orang yang salah? Kamu malah akan merasa galau berlama-lama. Agar hal ini tidak terjadi, kamu harus memahami cara agar tidak mudah jatuh cinta, karena hal ini biasanya jadi penyebab utama kamu selalu gagal dalam menjalin hubungan asmara.

Terlalu cepat jatuh cinta pada seseorang sebenarnya bukan hal yang salah. Namun, biasanya hal ini bisa membawa kamu pada hubungan yang cepat berakhir juga. Apakah kamu memang menginginkan hubungan yang serius atau hanya sementara? Jika kamu ingin hubungan yang serius, kamu perlu waktu untuk merasakan kehadiran cinta tersebut.

Jangan heran jika kamu mendengar seseorang mengalami masa pendekatan (PDKT) hingga berbulan-bulan bahkan satu tahun. Hal itu berarti mereka sedang berhati-hati dalam memilih pasangan. Proses kenalan dan menemukan kecocokan, akan lebih mudah dilakukan jika kamu belum terikat dalam sebuah hubungan yang resmi.

Kenapa mudah jatuh cinta

Seseorang yang mudah jatuh cinta biasanya merupakan pribadi yang selalu butuh sandaran dan validasi. Orang-orang yang mudah jatuh cinta ini dikenal dengan istilah emophilia. Saat putus dari suatu hubungan, mereka akan mendapatkan pasangan baru dengan cepat.

Orang dengan empohilia selalu memiliki pemahaman yang mendukung perasaannya. Misalnya, saat bertemu orang baru yang cukup tampan, dia akan langsung berpikir cocok untuk berpacaran dengannya. Pikiran tersebut akan terus berulang setelah putus dan akhirnya menemukan orang baru.

Alasan seseorang mudah jatuh cinta sebenarnya berbeda, beberapa dari mereka mungkin punya alasan tersendiri. Namun secara umum, mereka adalah orang-orang yang merasa selalu butuh pasangan entah siapapun itu.

Penyebab mudah jatuh cinta

Penyebab seseorang mudah jatuh cinta biasanya karena hubungan asmara adalah zona nyaman mereka. Padahal hal itu punya dampak buruk bagi diri sendiri. Coba, cek, bisa jadi 4 hal ini penyebabnya:

Mudah percaya

Saat kamu mudah jatuh cinta, kamu juga akan mudah percaya pada orang lain. Ketika si dia mengatakan kata-kata cinta, kamu akan terbuai padanya.

Butuh validasi

Jika kamu selalu merasa butuh validasi atas segala tindakanmu, berhati-hatilah karena hal ini bisa jadi salah satu penyebab awal percintaan. Apalagi jika kamu bertemu dengan orang yang selalu melakukan validasi tersebut kepadamu.

Tidak mandiri

Jika kamu selalu butuh pacar dan sandaran, sudah jelas bahwa kamu bukan orang yang mandiri. Hal ini menjadi penyebab kenapa kamu mudah jatuh cinta, karena selalu ingin dibantu oleh dia yang terikat padamu.

Takut merasa sendiri

Penyebab lainnya adalah takut merasa sendiri atau kesepian. Padahal kesepian adalah hal yang wajar, semua orang merasakan hal ini dan kamu bisa menikmati waktu sendirimu.

Bahaya mudah jatuh cinta

Mudah jatuh cinta tidak selalu menjadi hal yang buruk, tetap saja ada banyak bahaya yang ditimbulkan dari hal ini. Berikut ini adalah beberapa hal buruk ketika kamu mengalaminya:

  • Pacaran dengan orang yang salah.
  • Kehilangan jati diri.
  • Tidak bisa hidup mandiri.
  • Tidak sanggup menghadapi kesendirian.
  • Selalu cemas karena terlalu banyak memikirkan pasangan.
  • Kehidupan sering berubah karena berganti-ganti pasangan.
  • Merasa perlu mengubah diri untuk menyesuaikan dengan pasangan.
  • Dimanfaatkan oleh orang lain yang hanya ingin bermain-main.
  • Dipandang buruk oleh orang lain karena berganti-ganti pasangan.

Cara agar tidak mudah jatuh cinta

Jika kamu sudah sadar dan ingin mengubah kebiasaan ini, kamu bisa memulainya dengan mengenal diri sendiri. Perasaan ini adalah bentuk dari terlalu memanjakan diri sendiri. Simak beberapa cara agar tidak mudah jatuh cinta berikut:

1. Ingatlah betapa mandirinya dirimu

Jika selama ini kamu senang menjadi bagian dari pacarmu, kini kamu bisa belajar untuk menghargai betapa mandirinya dirimu. Kamu bisa melakukan semua hal sendiri, seiring berjalannya waktu kamu pun akan merasakan mandiri secara emosional.

2. Kendalikan perasaanmu

Hanya karena kamu merasakan perasaan yang menyenangkan, bukan berarti hal itu selalu benar. Kamu harus dapat mengendalikan perasaan dan melihat segala hal secara luas, hal ini membuatmu memiliki perspektif baru dalam segala hal.

3. Sadari red flag

Mereka biasanya mengabaikan red flag, karena terlalu fokus pada perilaku baik pasangannya. Sebagai cara agar tidak mudah jatuh cinta, kamu bisa menyadari berbagai red flag sedetail mungkin untuk menentukan kecocokan kamu dengan dia.

4. Cari hobi baru

Mencari hobi atau kesenangan baru dapat menjadi distraksi, agar kamu tidak selalu fokus pada percintaan. Kamu juga bisa menjadi lebih produktif dan lebih mengenal dirimu sendiri.

5. Jaga jarak

Jika kamu benar-benar tidak ingin mudah jatuh cinta, maka jaga jarak dengannya meskipun dia terus menghubungimu. Begitu pun saat bertemu, kamu bisa menghindari sentuhan fisik untuk menjaga jarak.

Cara agar tidak mudah jatuh cinta memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun hal ini akan membuat kamu lebih mandiri dan mengetahui seperti apa sosok pria yang benar-benar cocok untuk kamu. Menunggu untuk mendapatkan yang terbaik, tak ada salahnya, bukan?

Reference
Share