cara menghadapi pasangan yang tiba tiba menghilang

Salah satu masalah yang sering dihadapi dalam hubungan adalah ketika pasangan tiba tiba menghilang. Rasanya sangat menjengkelkan bukan ketika tidak ada kabar dan sulit dihubungi? Lalu, bagaimana cara menghadapi pacar yang tiba tiba menghilang atau suka ghosting?

Tips dari Yoona kali ini akan memberitahu kamu cara menghadapi pacar yang tiba tiba menghilang. Kenali juga yuk alasan pasangan kamu menghilang tanpa kabar atau sering ghosting dengan membaca penjelasan lengkapnya berikut ini!

Alasan pria menghilang tanpa kabar

Ghosting menjadi bagian dari hubungan asmara yang bisa terjadi pada siapa saja. Apa itu ghosting? Suatu kondisi ketika pasangan kamu menghilang secara tiba-tiba, tidak ada kabar, dan juga sulit untuk dihubungi.

Menurut sebuah studi tahun 2018 dari Journal of Social and Personal Relationships, dari 1.300 orang yang disurvei, seperempat dari mereka pernah di-ghosting oleh pasangannya.

Lalu, mengapa seseorang bisa menghilang tanpa kabar atau meng-ghosting pasangannya? Seorang psikolog bernama Natalie Jones mengungkapkan bahwa alasan ghosting seseorang kemungkinan besar tidak ada hubungannya dengan pasangannya sama sekali. Penyebab umumnya sering kali merupakan tanda ketidakdewasaan emosional mereka sendiri, masalah keterikatan, dan banyak lagi.

Berikut berbagai macam alasan seseorang menghilang tanpa kabar atau ghosting:

1. Sudah memiliki orang lain

Mungkin terdengar kejam, tapi salah satu alasan seseorang sering menghilang tanpa kabar dari pasangannya adalah karena dia sudah memiliki pasangan lain di luar sana. Ketika kamu dan pasangan sering bertengkar atau kamu meminta komitmen yang lebih serius, tetapi pasangan kamu belum siap, biasanya mereka akan mundur dan beralih ke orang lain.

2. Belum dewasa secara emosional

Alasan lainnya mengapa seseorang bisa menghilang tanpa kabar adalah tingkat kedewesaan mereka belum matang secara emosional. Jones mengatakan bahwa seseorang yang belum dewasa secara emosional sering membuat janji tapi tidak pernah ditepati. 

3. Tidak tertarik untuk berkomitmen

Seseorang yang sering melakukan ghosting biasanya juga karena oleh tidak adanya ketertarikan untuk berkomitmen. Sejak awal, mereka tidak ada niat untuk membawa hubungan percintaan ke arah yang lebih serius. Mereka akan sering tiba tiba menghilang tanpa kabar dan sulit untuk dihubungi.

4. Memiliki masalah pribadi

Alasan yang satu ini terkadang bisa kamu benarkan ketika pasangan sering meng-ghosting. Mulai dari masalah keluarga atau pekerjaan, terkadang mereka sulit untuk menceritakannya kepada pasangan sehingga bisa secara tiba tiba menghilang tanpa kabar. Solusi permasalahan ini adalah komunikasi.

5. Sering merasa cemas

Menjalin hubungan asmara dengan seseorang tidak selalu mudah. Berbagai rasa cemas dan ketakutan sering dialami oleh banyak orang dalam hubungan asmara mereka, sehingga akan sulit bagi mereka untuk merasa nyaman dengan pasangan. Ini menjadi penyebab mereka melakukan sabotase diri atau menghindar kemudian ghosting.

6. Merasa tidak aman

Kekerasan dan rasa aman ternyata juga dihadapi oleh pria. Menurut National Coalition Against Domestic Violence, sekitar 49 persen pria pernah mengalami setidaknya satu perilaku agresif secara psikologis oleh pasangannya. Hal ini membuat mereka sering menghilang begitu saja secara tiba-tiba untuk terhindar dari hubungan toxic lebih lanjut.

7. Sudah mendapatkan apa yang diinginkan dari pasangannya

Alasan seseorang yang satu ini menurut Jones merupakan alasan yang sangat umum tapi sangat mengkhawatirkan. Pasangan kamu sering ghosting biasanya karena dia sudah mendapatkan apa yang diinginkan dari kamu, entah itu finansial atau seksual. Tidak ada rasa ketertarikan sama sekali untuk menjalin hubungan.

Agar Selalu Langgeng, Ini 5 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh

Cara menghadapi pacar yang tiba tiba menghilang

cara menghadapi pacar yang tiba tiba menghilang

Ada begitu banyak alasan seseorang melakukan ghosting atau menghilang secara tiba-tiba dari pasangannya. Lalu, bagaimana cara menghadapi pacar yang tiba tiba menghilang tanpa ada kabar? Kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Pastikan bahwa memang pasangan kamu benar-benar sengaja melakukan ghosting
  2. Hubungi pasangan kamu lewat berbagai macam komunikasi sampai benar-benar mendapat tanggapan untuk mengetahui alasannya mengapa menghilang secara tiba-tiba
  3. Jika sudah mengetahui alasannya melakukan ghosting dan kamu tidak bisa menerimanya, kamu bisa menghentikan komunikasi dan menghapus semua hal yang berhubungan dengannya
  4. Jangan menyalahkan diri sendiri
  5. Bersyukurlah bisa terhindar dari hubungan yang tidak sehat dengan seseorang yang sering melakukan ghosting

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai self-healing:

  • Menerima kenyataan dan biarkan diri kamu merasakan rasa sakit akibat di-ghosting
  • Bersikaplah lembut terhadap diri sendiri
  • Bicaralah dengan seseorang tentang permasalahan kamu (teman, keluarga, terapis, siapa saja)
  • Pastikan kamu tidur cukup, makan dengan baik, dan berolahraga
  • Jangan takut untuk memulai hubungan asmara lagi dengan seseorang

Apa Itu Trust Issue? Pentingkah dalam Sebuah Hubungan?

Sudah paham kan sekarang berbagai macam alasan pria menghilang tanpa kabar dan cara menghadapi pacar yang tiba tiba menghilang? Hal yang perlu kamu perhatikan adalah kamu tidak bisa memaksa seseorang untuk terus bersamamu. Lepaskan ia dan mulailah melanjutkan hidup.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference