Apakah kamu pernah mendengar istilah love language? Istilah tersebut sering digunakan untuk mengetahui karakter romantis pasangan kita.

Singkatnya, love language adalah bahasa cinta atau cara seseorang mengungkapkan cinta kepada orang lain. Faktanya, bahasa cinta setiap orang berbeda-beda, lho!

Dengan memahami love language pasanganmu, kamu  jadi bisa memahami pasangan dengan lebih baik.

Salah satu bahasa cinta yang umum adalah quality time. Dalam bahasa Indonesia, ini diartikan sebagai “waktu berkualitas”. Apa sih maksudnya? Biar lebih jelas, simak penjelasan berikut ini ya!

Apa itu quality time sebagai love language?

Quality time adalah cara mengekspresikan cinta kepada seseorang (biasanya pasangan) dengan menghabiskan waktu bersama dengan  baik.

Bagi mereka yang memiliki love language ini, menghabiskan waktu bukan hanya tentang duduk bersama di ruangan yang sama. Namun, bagaimana menghabiskan waktu tanpa gangguan dari pihak luar dan hanya fokus pada pasangan saja. 

Jika kamu memiliki love language ini, kehadiran pasangan pasti kamu rasa lebih penting daripada kata-kata cinta (words of affirmation) yang dikirim via chat atau hadiah lainnya.

Apa Itu Love Language, Jenis, dan Cara Mengetahuinya!

Ciri-ciri love language quality time

hubungan yang sehat

Agar lebih jelas, yuk cari tahu apa saja ciri-ciri bahwa kamu memiliki quality time sebagai love language.

  • Kamu merasa kesepian saat tidak punya waktu bersama pasangan
  • Kamu merasa bahwa menghabiskan waktu bersama pasangan jauh lebih penting daripada kata-kata, hadiah, dll.
  • Kamu kesal ketika janjian dengan pasangan tiba-tiba batal.
  • Kamu marah ketika pasangan tidak punya waktu untuk mengunjungi atau menghubungimu, dan kamu mungkin merasa sikapnya sudah berubah jika sekali saja ia lupa menghubungimu.
  • Kamu merasa kesal ketika ada hal yang mengganggu waktu yang seharusnya kamu habiskan bersama pasanganmu. 

Gimana? Kamu punya ciri-ciri di atas?

Apa Itu Self Love dan Bagaimana Menerapkannya dalam Hidup? Yuk Simak!

Cara mengekspresikan quality time

berhubungan saat haid

Kamu bisa menunjukkan bahasa cinta ini dengan pasanganmu melalui berbagai cara. Begitu pula jika kamu ingin membahagiakan pasangan yang memiliki bahasa cinta ini dengan cara berikut ini!

1. Bangun waktu berkualitas setiap hari

Coba biasakan memulai dan mengakhiri hari bersama pasangan. Ini akan membuat hubungan kalian semakin erat.

Kamu bisa berbagi cerita satu sama lain sembari minum kopi atau sarapan. Di malam hari, kamu bisa memanfaatkan waktu menjelang tidur untuk mengobrol.

Pada intinya, fokus pada kualitas daripada kuantitas komunikasi. Meski hanya sebentar, kamu dan pasangan bisa semakin dekat. Jika kamu dan pasangan tinggal berjauhan, jangan lupa mengobrol sebentar lewat telepon.

2. Selalu buat kontak mata

Ada pepatah mengatakan “mata tidak berbohong”. Pernyataan ini benar. Sulit untuk melakukan kontak mata ketika kita tidak tertarik dengan  sebuah percakapan.

Hal yang sama berlaku saat kamu menghabiskan waktu bersama pasangan. Kontak mata dapat membawa kebahagiaan dan membuat pasanganmu merasa diperhatikan.

10 Gaya Ciuman Manis dan Romantis yang Bisa Dilakukan Bersama Pasangan

3. Terapkan active listening 

Active listening adalah salah satu bentuk kasih sayang yang bisa kamu berikan kepada pasangan yang memiliki bahasa cinta quality time.

Namun, hal ini tidak mudah dicapai. Kadang-kadang kamu mungkin secara tidak sadar memikirkan hal lain saat pasanganmu bercerita.

Padahal, orang yang bercerita seringkali hanya perlu dipahami dan didengerkan  tanpa menuntut agar keadaan yang dialaminya berubah.

Apa Itu Acts of Service, Ciri-Ciri, dan Cara Menghadapinya!

4. Batasi kemungkinan adanya distraksi

Siapa yang tidak suka ketika mereka berbicara tetapi lawan bicaranya justru asyik bermain ponsel? Atau hanya dijawab dengan “ya” atau bahkan “oh”.

Kamu pasti kesal kan! Nah, apalagi bagi mereka yang memiliki bahasa cinta quality time,  perilaku ini bisa sangat melukai perasaannya.

Mungkin kamu melakukannya secara tidak sengaja atau karena ada hal penting, tetapi bagi pasanganmu, ini adalah hal yang serius. Karena itu, pastikan kamu tidak pegang HP saat menghabiskan waktu bersamanya ya! 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang quality time sebagai love language, termasuk hal-hal yang perlu kamu lakukan serta hal yang perlu kamu hindari saat menghabiskan waktu bersama pasangan. Good luck!

Share artikel ini
Reference