kalori pangsit goreng

Tahukah kamu bahwa kalori pangsit goreng tergolong cukup tinggi dibandingkan pangsit kukus atau rebus? Jumlah kalori tersebut kebanyakan berasal dari minyak goreng yang digunakan saat pengolahan.

Pangsit goreng, juga disebut potsticker, dimasak dalam wajan melalui proses pengukusan dan digoreng. Perbedaan utama antara pangsit goreng dan kukus adalah cara memasaknya, dan bagaimana pengaruhnya terhadap rasa dan tekstur pangsit.

Pangsit goreng memiliki rasa yang sedikit pedas dan karamel karena digoreng dengan minyak. Jenis minyak yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa akhir masakan. Banyak orang mengatakan bahwa pangsit jenis ini lebih beraroma karena digoreng dan memiliki bagian luar yang renyah, sehingga menambah kedalaman rasa.

Pangsit kukus, bagaimanapun, lebih umum dalam masakan China dan disiapkan dalam kukusan atau panci berisi air sehingga aromanya lebih ‘tertahan’. Jenis pangsit ini lebih cocok disajikan saat cuaca dingin.

Selain sedikit perbedaan tekstur dan rasa, pangsit goreng dan kukus juga berbeda dari segi nutrisinya. Mari cari tahu!

Total Kalori Dimsum, Bolehkah Dikonsumsi Setiap Hari?

Kalori pangsit goreng

Berikut ini adalah informasi kalori dan kandungan lainnnya danri 5 buah (130g) pangsit goreng.

  • Kalori 230 
  • Lemak Total 5g –
  • Lemak jenuh 2g –
  • Natrium 380mg 16%
  • Karbohidrat 37g –
  • Karbohidrat bersih 36g –

Jenis pangsit goreng dan kalorinya

kalori tahu bakso

Di bawah ini, kami menyajikan dua jenis pangsit goreng yang sering dibuat. Jenis pangsit goreng lainnya biasanya ditambahkan dengan isian daging (sapi, kambing, ayam).

1. Kalori dalam Pangsit Sayur Goreng 

Satu porsi pangsit sayur goreng mengandung sekitar 140 kalori. Mayoritas kalorinya berasal dari bungkus pangsit yang terbuat dari tepung terigu. Isiannya biasanya berupa campuran sayuran, seperti kubis, wortel, dan bawang bombay. Sedikit minyak digunakan untuk menggoreng pangsit, yang menambah sedikit kalori ekstra.

2. Kalori dalam Pangsit Goreng Jamaika

Terdapat sekitar 200 kalori dalam empat pangsit goreng Jamaika. Pangsit adalah sejenis adonan yang direbus atau digoreng dan biasanya diisi dengan isian daging atau sayuran. Pangsit goreng Jamaika biasanya dibuat dengan adonan tepung dan air dan digoreng dengan minyak.

Pangsit goreng Jamaika adalah camilan gurih sederhana dan mudah yang digoreng, dipanggang, atau direbus. Secara tradisional, resepnya disajikan dengan makanan sarapan seperti Ackee dan Saltfish. 

Cek Kalori Batagor, Camilan Populer Bandung yang Bikin Nagih!

Pangsit goreng vs pangsit rebus, mana yang lebih sehat?

Secara garis besar, pangsit adalah pilihan yang cukup sehat; Namun, untuk jenis pangsit mana yang lebih sehat, pangsit kukus adalah pemenangnya karena mengandung lebih sedikit minyak daripada pangsit goreng. Karena pangsit goreng menggunakan minyak untuk memasaknya, pangsit ini memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada pangsit kukus. 

Selain cara memasaknya, kualitas isian juga bisa berpengaruh pada seberapa sehat dan bergizi pangsitnya. Menambahkan isian seperti daging sapi atau daging ikan tentu akan berbeda dengan hanya menambahkan isian sayuran.

Dan tak terlupakan pula, kuah atau saus yang kamu gunakan. Jika kamu ingin diet dengan kalori rendah maka hindarilah tambahan yang mengandung minyak atau mentega seperti mayonnaise. Juga sebaiknya hindari penggunaan MSG berlebihan.

Terlepas dari jenis pangsit yang kamu pilih, perhatikan jumlah yang dimakan karena sangat mudah untuk makan terlalu banyak. Ingat, semuanya baik-baik saja tergantung kebutuhanmu!

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference