makanan untuk penderita prostat

Menjaga kesehatan prostat memang sangat penting. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan sehat. Ada beberapa makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk prostat.

Yuk, ketahui sejumlah makanan untuk penderita prostat berikut ini.

Makanan yang baik untuk kesehatan prostat

makanan untuk penderita leukimia

Sejumlah makanan ini mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan prostat sehingga dapat menghindari beberapa risiko penyakit pada prostat. Berikut daftar makananya.

1. Ikan salmon

Kandungan omega-3 pada ikan salmon sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi, omega-3 ini juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mencegah sekaligus menekan perkembangan kanker prostat. 

2. Tomat

Makanan yang satu ini memiliki kandungan likopen yang merupakan senyawa antioksidan untuk menurunkan risiko kerusakan dan memperlambat sel kanker. Bahkan dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology mengemukakan bahwa pria yang mengkonsumsi tomat memiliki risiko terkena kanker prostat yang lebih kecil.

Kaya akan Nutrisi, Ini Dia Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah

3. Brokoli

Brokoli kaya akan antioksidan, vitamin, mineral hingga zat fitokimia yang dapat menurunkan risiko kanker prostat. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa  sulforaphane dan glucoraphanin yang dapat membunuh sel kanker dan menjaga sel prostat untuk berfungsi dengan normal.

4. Kacang kedelai

Kacang-kacangan seperti kacang kedelai memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat menurunkan risiko kanker prostat. Ini sebabnya, kacang kedelai masuk dalam makanan untuk penderita prostat yang baik untuk dikonsumsi. 

5. Buah beri

Beri memiliki senyawa antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang bisa memicu stres oksidatif. Jika stress ini semakin parah maka dapat menyebabkan kerusakan sel hingga perkembangan sel kanker prostat.

6. Buah delima

Delima kaya antioksidan yang dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan stres oksidatif. Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak buah delima dapat membantu menghambat sel kanker prostat.

7. Teh hijau

Makanan untuk penderita prostat selanjutnya adalah teh hijau. Teh yang satu ini kaya akan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin. Keduanya dapat menghambat sekaligus mencegah mutasi sel kanker. ikan lebih banyak nutrisi yang dilepaskan.

Ketahui Penyebab Penyakit Prostat Yang Juga Menyerang Orang Muda

Pantangan makanan penyakit prostat

Untuk penderita penyakit prostat ada beberapa makanan yang baiknya kamu hindari karena dapat menyebabkan kondisi prostat yang semakin parah. Berikut beberapa pantangan makanan penyakit prostat.

1. Daging merah dan daging olahan

daging merah
Daging merah

Daging merah dan daging olahan kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat beberapa jenis daging yang perlu kamu hindari adalah daging babi, hot dog, dan sosis. Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi unggas tanpa lemak, ikan segar seperti sarden dan salmon. 

2. Susu

Mengkonsumsi produk susu berlebih juga harus dihindari karena dapat menyebabkan kanker prostat. Dari mulai susu mursi, susu krim, dan susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko stadium penyakit prostat. 

4. Lemak jenuh

Lemak jenuh bukan hanya dikaitkan dengan penyakit jantung tapi juga kanker prostat. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan asupan lemak jenuh dengan kanker prostat stadium lanjut. 

Namun, butuh penelitian lebih dalam untuk melihat pengaruh lemak jenuh dengan kanker prostat yang lebih mendalam.

Beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh adalah:

  • Daging
  • produk susu
  • makanan yang dipanggang
  • makanan yang diproses

Namun, kamu bisa mengganti beberapa lemak jenuh tersebut dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang lebih sehat. Berikut beberapa makanan yang dapat menjadi penggantinya:

  • Ikan
  • Alpukat
  • Minyak zaitun
  • Biji-bijian

Cara mencegah prostat membesar

penyebab kanker prostat

Salah satu masalah pada prostat adalah BPH (Benign Prostatic Hyperplasia). Kondisi ini menyebabkan prostat menjadi lebih membesar. Sekitar 9 dari 10 pria akan mengalami kondisi ini ketika berusia 80 tahunan. 

Jadi, apakah pembesaran pada prostat ini dapat dicegah? Sayangnya, pembesaran prostat jinak ini belum dapat dicegah. Hal yang bisa kamu lakukan adalah mencegah gejala yang semakin memburuk.

Jika kamu sudah mengalami BPH, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah gejala dan kondisi yang semakin memburuk. Dengan begitu, kondisi ini dapat segera ditangani dengan baik sebelum adanya komplikasi.

Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan prostat adalah dengan mengkonsumsi makananan untuk penderita prostat di atas, jaga berat badan yang sehat, aktif secara fisik, dan jaga berat badan yang sehat. 

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini