cara menjaga kesehatan tubuh

Asian beautiful woman say bye bye to her family due to working in the city by train or she arrive say welcome to home at the station.

Menjelang Lebaran sudah rutin bila masyarakat Indonesia melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Di tengah pandemi yang masih berlangsung, tentu penting mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh saat kamu mudik.

Ya, tak hanya mempersiapkan baju dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, sebenarnya kamu juga harus mempersiapkan diri agar tetap sehat ketika Lebaran, loh.

Cara menjaga kesehatan tubuh saat mudik lebaran

Perjalanan jauh mungkin membuat kamu kelelahan sehingga imun tubuh turun. Hasilnya, penyakit makin gampang masuk ke dalam tubuh. Nah, untuk mempersiapkan tubuh jelang mudik, ikuti beberapa tips ini.

1. Makanlah dengan baik di hari-hari sebelum perjalanan

Jika saat ini kamu tidak memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan sistem kekebalan yang sehat, mulailah membuat perubahan pada diet dalam minggu-minggu menjelang mudik. Perubahan semalam tidak akan cukup untuk membangun cadangan energimu, jadi mulailah lebih awal dan konsisten.

Sistem kekebalan membutuhkan makanan yang baik dan teratur agar dapat bekerja dengan baik, jadi penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zat gizi mikro, seperti seng, tembaga, selenium, Vitamin B6, dan asam folat.

2. Jangan menunggu sampai menit terakhir

Kamu mungkin perlu meluangkan waktu ekstra di tempat kerja, membereskan rumah, membuat pengaturan untuk hewan peliharaan, hingga merencanakan rincian-rencana perjalanan dan mengatur ulang pertemuan dan acara lainnya. Jika kamu menunggu hingga menit terakhir untuk mengurus persiapan ini, kamu akan kelelahan di awal perjalanan.

3. Tidur cukup sebelum mudik

Ada beberapa orang yang tidak bisa tidur di tempat-tempat baru, termasuk di moda transportasi seperti bus, kereta api, dan pesawat terbang. Jika kamu menempuh perjalanan panjang saat mudik dan tidak bisa beristirahat, maka sebelumnya siapkan kondisi kamu dengan tidur yang cukup. Jangan begadang, ya!

4. Olahraga

Jika kamu sudah punya rutinitas olahraga rutin, jangan sampai melewatkannya sebelum mudik, ya. Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan, menjaga kekuatan otot, dan kebugaran kardiovaskular. Ketika berolahraga, kamu memperkuat sistem kekebalan dan melindungi diri dari penyakit.

5. Jika memungkinkan dapatkan suntikan vitamin dan vaksinasi

Yup, masih berhubungan dengan pandemi, sebagai pencegahan COVID-19, kamu diwajibkan melakukan vaksin booster. Yuk, segera lengkapi vaksinasi agar badan kuat menjalani mudik. Selain itu, kamu juga bisa meminta suntikan vitamin, seperti vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Baca lebih lanjut: Tips Meningkatkan Endurance atau Daya Tahan Tubuh.

Makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh selama mudik lebaran

Perjalanan jauh cenderung membatasi pemudik untuk makan apa yang paling nyaman. Saat bepergian selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, menjadi sangat mudah untuk mengambil makanan cepat saji, makanan praktis, dan makanan olahan. Untuk menghindari pembelian impulsif, mengemas beberapa makanan portabel dan sehat akan menjaga pola makan dan perjalanan kamu berjalan lancar.

1. Makanan buatan sendiri

Saat mengepak koper, jangan lupa dengan bekal makanan sehat. Mengemas makanan juga dapat memberi kamu fleksibilitas dalam perjalanan. Kamu dapat berhenti di masjid untuk menikmati makanan berbuka puasa daripada berhenti di restoran untuk makan.

Kemas barang-barang seperti sandwich atau roti gulung yang dibuat dengan daging dan kejurendah sodium, potongan buah dan sayuran segar, stik keju rendah lemak, hummus, dan yogurt, dan keju.

2. Bawa buah-buahan

Buah-buahan tentu tak boleh dilewatkan. Misalnya, pisang, jeruk, pir, dan apel cocok untuk dibawa bepergian karena dapat disimpan pada suhu kamar selama satu atau dua hari. Buah-buahan dan sayuran yang dipotong aman selama sekitar dua jam di luar lemari es.

Barang-barang dalam kemasan seperti kacang-kacangan, selai kacang yang telah diporsi sebelumnya, biskuit gandum utuh, buah-buahan kering, dan keripik dapat dengan mudah dikemas dalam bagasi. Dengan begitu kebutuhan protein, serat, dan karbohidratmu tetap terpenuhi.

3. Selalu hidrasi dengan air putih

Saat bepergian, mudah lupa untuk menghidrasi dengan benar. Sedikitnya 2 persen kehilangan air dapat membuat sulit untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas seperti mengemudi. Membawa air saat bepergian membantu kamu tetap terhidrasi, menjaga pikiran tetap tajam, dan mempermudah menghindari minuman manis yang menggoda.

Simpan botol air dingin dan teguk sesering mungkin selama perjalanan bila sudah berbuka. Jika kamu membutuhkan sedikit rasa dalam minuman, coba tambahkan beberapa irisan buah ke dalam air. Irisan lemon, stroberi, atau mentimun dengan melon menambahkan rasa buah yang ringan ke dalam air tanpa membebani kamu dengan tambahan gula.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mudik lebaran

Sebelum mudik, sebaiknya kamu memeriksakan kesehatan terlebih dahulu. Apalagi, jika kamu memiliki keluhan terhadap penyakit tertentu. Jangan abaikan hal ini, meski kamu merasa sehat dan prima. Siapkan obat-obatan pribadi yang kira-kira kamu butuhkan selama perjalanan maupun di tempat tujuan.

Kendaraan yang akan dipakai mudik juga harus diperiksa kondisinya agar layak dan tidak membahayakan penumpang dan mobil lainnya di jalur mudik.

Jaga makanan yang kamu makan agar terhindar dari berbagai penyakit. Makanan pedas dan bersantan sebaiknya dihindari. Bagi pengemudi sebaiknya lebih memperbanyak makan buah-buahan, seperti jeruk, pisang, mangga, belimbing atau apel. Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga.

Beberapa hal lainnya yang mesti diperhatikan, yakni:

  1. Jangan paksakan bila sudah mengantuk
  2. Displin dan patuh rambu lalu lintas
  3. Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara
  4. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang saat hujan dan cuaca buruk
  5. Tidak meminum atau makan sesuatu yang menyebabkan kantuk
  6. Beristirahat setelah mengemudi 4 jam atau berkendara setelah 2 jam, selama 15 menit. Lakukan peregangan, agar kembali segar.
  7. Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat
  8. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan
  9. Buanglah sampah pada tempatnya

Persiapan sederhana ini akan membantu kamu tetap sehat selama mudik. Dengan sistem kekebalan yang lebih kuat dan tubuh yang cukup istirahat, kamu akan dapat menikmati perjalanan sepenuhnya.

Cara menjaga kesehatan tubuh saat masa pengobatan selama mudik lebaran

Saat kamu dalam masa pengobatan atau baru sembuh dari penyakit, kamu harus melakukan hal ekstra untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk, ikuti tips ini.

1. Temui dokter sebelum perjalanan

Ini sangat penting jika kamu masih dalam masa pengobatan. Dokter mungkin akan memberikan rekomendasi apakah kamu bisa mudik atau tidak, atau memberikan saran apa moda transportasi terbaik untuk kamu yang baru sembuh.

2. Dapatkan obat yang cukup untuk mudik

Adalah bijaksana untuk menyediakan obat yang cukup untuk perjalanan mudik. Penting untuk menyimpan catatan resep dari dokter dan menyimpan obat-obatan dalam kemasan aslinya saat bepergian.

3. Temukan rumah sakit terdekat

Tidak ada yang berencana sakit selama mudik mereka, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui ke mana harus pergi jika sakit atau cedera. Temukan rumah sakit dan klinik medis terdekat, dan masukkan informasi kontak di telepon jika kamu memiliki pertanyaan atau keadaan darurat.

4. Luangkan waktu untuk melihat kondisi tujuan

Teliti informasi lokal berikut untuk membantu perencanaan mudik. Saat kamu meneliti, cari situs web pemerintah daerah untuk pembaruan berkala tentang masalah semacam ini.

  • Prakiraan cuaca selama kamu tinggal (bawa pakaian dan perlengkapan yang sesuai)
  • Bahaya kesehatan yang tidak biasa (cuaca ekstrim, dll.)
  • Sanitasi air (kamu mungkin perlu membeli air minum)

5. Siapkan obat alergi makanan

Jika kamu atau anggota keluarga memiliki alergi atau intoleransi, penting untuk mempersiapkan diri sejak dini untuk mengakomodasi kebutuhan diet ini dengan meneliti pilihan restoran lokal di tempat tujuan. Jika kamu tidak bisa mendapatkan beberapa makanan yang dibutuhkan, buatlah rencana untuk membawa perlengkapan obat, ya.

Share artikel ini
Reference