kalori sayur sop

Mengandalkan kalori sayur sop untuk diet? Bisa banget, ladies! Hidangan nikmat yang bisa dicampur dengan beragam bumbu dan isian ini termasuk makanan, yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harianmu bila memiliki isian yang tepat.

Rempah-rempah dan campuran bumbu digunakan tidak hanya untuk membuat segala sesuatu yang lain di dalam sop lebih lezat, tetapi juga menyatukan semua bahan di dalamnya. Sop bisa sederhana dan ‘ringan’ seperti kaldu ayam, hangat dengan campuran bahan-bahan seperti jinten dan kayu manis, atau kental seperti krim jamur. 

Berapa kalori semangkuk sayur sop?

Karena sop dapat dibuat dari bahan apa saja dan segala sesuatu yang dapat dimakan, nutrisi yang ada juga pastinya beragam. Seperti yang ditunjukkan oleh tabel kalori berikut.

16 Makanan Yang Mengandung Kalium Tinggi Selain Pisang!

Fakta nutrisi

  • Kalori 98%  dari kebutuhan nilai harian
  • Jumlah Lemak 4,45g 6% 
  • Lemak Jenuh 0.859g 4%
  • Lemak tak jenuh ganda 1.32g
  • Lemak tak jenuh tunggal 2.036g
  • Kolesterol 0mg 0%
  • Natrium 583mg 25%
  • Jumlah Karbohidrat 12g 4%
  • Serat Makanan 2.1g 8%
  • Gula 3.65g
  • Protein 4.12g
  • Vitamin D
  • Kalsium 44mg 3%
  • Besi 1.22mg 7%
  • Kalium 508mg 11%
  • Vitamin A 117mcg 13%
  • Vitamin C 9.1mg 10%

Sop cenderung memiliki kepadatan kalori yang rendah karena kandungan air yang tinggi. Sop umumnya memiliki sedikit kalori dari protein, kecuali dalam kasus beberapa semur daging. Sop juga dapat dibuat berlemak tinggi dengan krim, mentega, santan, dan tambahan lemak lainnya

Tubuh langsing karena sayur sop

Nutrisi sayur sop
Nutrisi sayur sop

Sop dan penurunan berat badan selalu memiliki hubungan persahabatan. Ketika dibuat di rumah, sop benar-benar sehat dan menjadi resep penurunan berat badan yang luar biasa. Bukan hanya ayam, bahkan sop sayuran sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan dan sering bingung mau makan apa, berikut ini resep tiga sop sayur sehat untukmu.

Resep Sop Kembang Kol

Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram kembang kol hanya memiliki 25 kalori. Ini adalah pilihan sempurna untuk menjaga kalorimu tetap terkendali saat menurunkan berat badan.

Bahan yang dibutuhkan:

10 -12 kuntum kembang kol, 1 bawang bombay cincang, 2 kentang cincang kecil, minyak zaitun, lima siung bawang putih, krim, dan kaldu sayuran.

Langkah:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga kecoklatan. 
  2. Tambahkan kentang, kuntum kembang kol dan kaldu sayuran dan didihkan. 
  3. Tambahkan krim dan masak sampai teksturnya menjadi krim. Untuk membuatnya lebih halus, kamu bisa menambahkan campuran lain dan menyajikannya dalam keadaan panas.

Resep Sayur Sop​ Jamur

Jamur telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dengan mengatur glukosa dan membakar lemak. Jamur kaya akan protein dan dapat meningkatkan metabolisme, mendorong penurunan berat badan.

Berapa Kalori Capcay? Yuk Coba Resep Capcay untuk Diet Kamu!

Bahan yang dibutuhkan:

1 cangkir jamur cincang, campuran 1 sendok teh tepung jagung dan 1/4 sendok teh susu skim, 1 irisan bawang bombay ukuran kecil, garam sesuai selera, 1 cangkir susu, lada hitam sesuai selera dan 2 gelas air.

Langkah:

  1. Campurkan jamur cincang dengan susu dan masak sampai jamur sedikit lembek. Sisihkan dan biarkan dingin. 
  2. Setelah dingin, ambil blender atau mixer dan haluskan hingga menjadi pasta halus.
  3. Sementara itu, tumis bawang bombay sampai berwarna cokelat dan sisihkan. 
  4. Campur pasta jamur dan bawang bombay dan rebus selama tiga menit. Kamu bisa menambahkan tepung jagung untuk membuat pasta lebih kental. 
  5. Sekarang masak selama 4-5 menit dan sajikan selagi panas.

Resep Sop Sayur Bening

Sayuran memiliki vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan. Wortel rendah kalori dan brokoli mengandung fitokimia, yang keduanya membantu menurunkan berat badan.

Untuk membuat sop bening, pilihlah sayuran yang tinggi serat. Kamu bisa menambahkan brokoli, wortel, dan sayuran lain. 

Bahan yang dibutuhkan:

1 cangkir brokoli, 1 cangkir wortel, 1 cangkir kacang hijau, 1 cangkir paprika dan 1 bawang bombay bersama dengan 6 siung bawang putih, lada hitam dan garam sesuai selera.

Langkah:

  1. Potong semua sayuran dengan halus.
  2. Siapkan wajan dan panaskan satu sendok makan minyak. 
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga kecoklatan lalu tambahkan semua sayuran dan tumis selama lima menit lagi. 
  4. Tambahkan air dan biarkan campuran mendidih. 
  5. Tutup panci dan biarkan campuran mendidih dengan api sedang selama 10 menit. 
  6. Tambahkan garam dan merica sesuai selera dan sajikan saat masih panas.

Pro dan kontra diet sop 

diet plan

Karena kalorinya yang rendah dan menyehatkan, banyak orang menganggap menu ini sebagai menu diet. Namun, seperti apa kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan:

1. Membantu penurunan berat badan

Meskipun bukti untuk diet berbasis sop masih kurang, beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan sop sebagai bagian dari diet biasa mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian tahun 2011, asupan sop dikaitkan dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil. Namun, penelitian ini terbatas karena hanya mengamati 103 pria di Jepang.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa makan nabati dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa anjuran memakan makanan nabati selama 7 hingga 10 hari tidak memiliki dampak jangka panjang yang signifikan pada risiko penyakit.

3. Meningkatkan asupan sayuran

Sop bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan asupan. Jika kamu tidak makan sayuran secara teratur, diet sop dapat membantumu mengonsumsi lebih banyak sayuran kaya nutrisi. Setidaknya, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi setidaknya lima porsi sayuran setiap hari. 

Sayuran Mentah Apa Saja yang Bisa Dimakan Mentah?

Kontra dari Diet Sop

Diet sop adalah mode diet yang tidak didukung oleh sains. Diet ini mungkin memiliki risiko kesehatan dan kelemahan lainnya.

1. Menghilangkan makanan sehat

Para ahli sepakat bahwa diet sop akan menghilangkan kelompok makanan sehat, seperti buah dan biji-bijian, dan menyebabkan kekurangan dan ketidakseimbangan nutrisi.

2. Sangat membatasi asupan nutrisi dari makanan lain

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa membatasi makanan tertentu dapat menciptakan hubungan yang tidak sehat dengan makanan.

3. Seringkali tinggi natrium

Diet tinggi natrium dikaitkan dengan risiko kesehatan seperti tekanan darah tinggi.

4. Tidak berkelanjutan

Perhatian utama dalam melakukan diet sop adalah bahwa hal itu tidak bisa dilakukan terus-menerus. Sebagian besar program berlangsung 10 hari atau kurang.

Kamu bisa kehilangan banyak berat badan dalam waktu sesingkat itu, tetapi penurunan berat badan kemungkinan besar berasal dari kehilangan air—bukan dari kehilangan lemak.

Share artikel ini
Reference