apa itu posisi lotus dalam seks

Pernahkah kamu melakukan posisi lotus dalam yoga? Posisi ini merupakan salah satu pose yoga klasik yang sering dilakukan, bahkan saat seseorang tidak sedang beryoga. Posisi ini sering dikaitkan dengan teknik yang kerap digemari dalam kelas-kelas yoga.

Namun ternyata posisi ini juga kerap dimanfaatkan sebagai salah satu posisi untuk mencapai kenikmatan seksual dalam bercinta. Posisi ini digambarkan memiliki teknik dan gerakan yang akan menambah keintiman kamu dan pasangan. Yuk kenali posisi lotus lebih dalam!

Mengenal posisi lotus

Posisi lotus adalah salah satu pose yang paling banyak dilakukan ketika yoga. Lotus atau teratai merupakan formasi petal kaki yang berbentuk seperti bunga lotus.

Posisi ini banyak digunakan sebagai cara untuk bermeditasi dalam kelas yoga. Posisi ini juga kerap menjadi pembuka dan penutup dalam aktivitas yoga.

Posisi ini juga disebut sebagai salah satu posisi tantra seks dimana posisi ini menggabungkan antara kenikmatan sensual, seksualitas dan religious.

Tidak selalu terkait dengan keagamaan, posisi ini rupanya mengarah pada teknik meditasi yang sifatnya adalah menghubungkan diri sendiri dengan pasangan dalam hal spiritual.

Posisi ini juga sering disebut dengan yab yum atau peluk menyeluruh yang dapat dilakukan bersama pasangan pada saat melakukan hubungan seksual.

Dilansir dari Everyday Yoga, posisi ini merupakan salah satu pose klasik dalam beryoga, namun tetap digemari karena memiliki banyak manfaat.

Di samping itu, posisi ini juga dapat dijadikan referensi posisi seks yang nikmat untuk dilakukan bersama pasangan. Apa yang menarik dari posisi seks ini?

Baca juga: Posisi Seks Kamasutra untuk Pasangan, Buat Hubungan Makin Intim

Manfaat posisi lotus dalam yoga

yoga asanas

Manfaat posisi seks ini adalah menenangkan pikiran dan mempersiapkan praktisi meditasi lebih dalam.

Dalam yoga, ketenangan pikiran dan kelenturan merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan agar dapat mencapai manfaat yoga itu sendiri.

Beberapa manfaat posisi lotus dalam yoga antara lain:

  • Peregangan lutut, pergelangan kaki dan pinggul
  • Memperkuat tulang belakang dan punggunga atas
  • Meningkatkan sirkulasi pada tulang belakang dan panggul
  • Meringankan ketidaknyamanan dan tekanan menstruasi pada organ vital wanita

Posisi ini adalah posisis yang menggambarkan kemurnian, kebebasan, penyatuan pikiran, tubuh dan jiwa. Bagaimana cara melakukan posisi lotus?

Baca juga: 11 Gerakan Yoga Asanas untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Cara melakukan posisi lotus

Posisi lotus adalah teknik yang cukup mudah dilakukan. Cara melakukannya yaitu:

  • Persiapkan diri untuk duduk di matras dengan kaki melebar, lengan ke samping dan tulang belakang lurus.
  • Tekuk kaki sebelah kanan ke dada, pergelangan kaki ke lipatan panggul kiri dan tekanan kaki kanan menghadap ke atas.
  • Tekuk kaki kiri dan silangkan pada pergelangan atas tulang kaki kering kanan, telapak kaki menghadap ke atas.
  • Tarik kaki, dekatkan dan tekan pangggul ke bawah membentuk duduk tegak.
  • Letakkan tangan pada lutut, telapak menghadap ke atas. Buat lingkaran dengan jari telunjuk dan ibu jari, biarkan jari lain terbuka.

Posisi ini membutuhkan beberapa waktu untuk kamu yang baru melakukannya agar nyaman dan berada dalam posisi yang tepat. Lalu bagaimana posisi ini dalam hubungan seksual?

Posisi lotus dalam seks itu seperti apa?

Dalam bercinta, maka posisi lotus adalah posisi intim yang memberikan kesempatan kamu dan pasangan saling berhadapan.

Kaki dan lengan saling merangkul dan dapat disesuaikan dengan bentuk, ukuran badan, perbedaan tinggi badan, hingga kapasitas mobilitas tubuh. Posisi ini dapat dibantu dengan meletakkan bantal dibawah lutut atau pantat.

Posisi lotus dalam bercinta tidak selalu mengutamakan orgasme karena fokusnya pada energi dan gairah. Posisi ini sangat cocok bagi pasangan yang mendambakan keintiman dengan pasangan pada saat bercinta.

Manfaat posisi lotus dalam seks

Menariknya posisi lotus adalah manfaatnya yang besar dapat dirasakan untuk kamu dan pasangan. Manfaat posisi lotus antara lain:

1. Stimulasi klitoris

Titik rangsang wanita salah satunya adalah klitoris, setidaknya terdapat 8000 saraf yang ada dalam bagian organ vital wanita ini.

Posisi lotus akan memberikan stimulasi yang sangat besar dengan gesekan yang dilakukan oleh pasangan kamu ke klitoris. Dengan begitu kenikmatan dalam hubungan seksual dapat lebih mudah tercapai.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Orgasme pada Wanita

2. Posisi intim dengan pasangan

cara berhubungan intim tahan lama tanpa obat

Posisi lotus adalah posisi yang memungkinkan kamu akan menghadap penuh pasangan. Kamu dapat berciuman, berpelukan dan melakukan berbagai kontak langsung dengan pasangan tanpa mengalihkan mata.

Dengan posisi lotus, kamu dan pasangan akan menjadi lebih dekat, intim dan meningkatkan perasaan saling terhubung satu sama lain.

3. Nyaman, sekalipun untuk wanita menopause 

Beberapa wanita yang telah mengalami menopause mengaku kesulitan melakukan hubungan seksual yang nyaman, biasanya mereka akan sulit penetrasi dan nyeri pada serviks.

Posisi ini dapat digunakan sebagai variasi seks yang dapat disesuaikan seberapa dalam penetrasi yang dilakukan sehingga tidak menimbulkan nyeri pada serviks.

4. Intim tanpa penetrasi

posisi sex kamasutra

Jika ingin lebih intim dengan pasangan tanpa melakukan penetrasi, maka posisi lotus adalah jawaban yang paling tepat.

Posisi ini memungkinkan kamu dan pasangan tidak melakukan penetrasi namun tetap bergairah dalam bercumbu dengan pasangan. Eksplorasi area dada atau payudara akan lebih mudah serta melakukan kontak tubuh lain dengan pasangan.

Baca juga: Apa itu Intercourse? Ini Pengertiannya dalam Seks

5. Mudah dilakukan siapa saja

Ada beberapa posisi seks yang harus diperhatikan dalam kondisi tertentu, namun tidak dengan posisi lotus.

Posisi ini umumnya mudah dilakukan, bahkan jika pasangan kamu sedang dalam posisi duduk saja. Pastikan memperhatikan posisi kaki agar sirkulasi kaki tetap nyaman dilakukan.

6. Variasi seks

Posisi lotus adalah salah satu variasi posisi seks yang mudah dimodifikasi. Entah kaki lurus atau menyilang, gerak kemiringan, merangkul atau mencengkram, atau bahkan fetish dalam hubungan seks yang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu dan pasangan.

7. Baik untuk peregangan

Tidak berbeda dengan yoga yang butuh posisi lotus agar dapat menenangkan pikiran menuju tahap meditasi, posisi lotus dalam bercinta juga membuat sirkulasi panggul lebih mudah, mengurangi nyeri pada organ reproduksi bahkan nyeri saat menstruasi.

Apakah teknik posisi ini dalam bercinta sama dengan pada saat kelas yoga?

Baca juga: 6 Tips Melakukan Posisi Cowgirl yang Menggairahkan!

Teknik untuk melakukan posisi lotus dalam seks seperti apa

Posisi lotus adalah posisi yang tidak langsung bisa dilakukan jika baru pertama kali mencobanya. Hal ini disebabkan karena posisi ini butuh disesuaikan agar terasa nikmat bagi kedua pasangan. Tips melakukan teknik lotus yaitu:

  • Untuk memulai posisi ini untuk bercinta, pria dapat melakukan penetrasi dengan duduk dan kaki bersila. Wanita duduk di pangkuan pasangan kemudian menjulurkan kaki ke belakang pasangan.
  • Posisi ini dilakukan berhadapan. Pria dapat memeluk erat pasangan dan memposisikan kaki dengan nyaman
  • Jika sudah nyaman, maka penetrasi dalam dilakukan.
  • Eksplorasi area dada dan wajah agar menambah gairah dalam bercinta.
  • Posisi ini tidak disarankan untuk sesi bercinta yang cepat, sebaiknya lakukan perlahan secara intim dan penuh perasaan.

Jika kamu ingin mengembalikan keintiman dengan pasangan, yuk coba posisi lotus sekarang!

Share artikel ini
Reference