Berhubungan setelah melahirkan tapi belum haid menjadi pertanyaan besar bagi para orang tua baru. Melakukan seks pasca melahirkan akan menjadi sangat tidak nyaman bagi sebagian wanita. Ada banyak hal yang berubah setelah wanita melahirkan, yang membuat mereka tidak nyaman dengan tubuh sendiri.

Aktivitas seksual mungkin berhenti selama 9 bulan karena kehamilan dan pasca melahirkan. Hal ini membuat beberapa pasangan tidak sabar untuk kembali melakukan hubungan setelah sekian lama. Lalu apakah berhubungan seksual setelah melahirkan dan sebelum haid diperbolehkan?

Apakah boleh berhubungan setelah melahirkan tapi belum haid?

Berhubungan seks setelah melahirkan memiliki berbagai resiko, terutama bagi wanita yang mungkin akan merasa tidak nyaman. Selain itu, siklus menstruasi bisa saja belum kembali normal selama 1-2 bulan setelah melahirkan. Kamu harus memperhatikan waktu pemulihan agar bisa kembali melakukan hubungan seks.

Berapa waktu pemulihan pasca melahirkan agar bisa melakukan hubungan seksual kembali?

Meskipun American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengatakan tidak ada waktu yang pasti kapan seorang wanita dapat mulai berhubungan seks setelah melahirkan, banyak ahli merekomendasikan untuk menunggu 4-6 minggu sebelum melakukan seks kembali. Terlepas dari bagaimana cara kamu melahirkan, tubuh kamu pulih selama waktu ini:

  • Jika kamu melahirkan secara normal, tubuh kamu mengalami episiotomi atau robekan pada vagina atau perineum yang harus melalui proses penyembuhan. Seks sebelum 4 minggu pasca persalinan dapat membuat kamu rentan terhadap infeksi vagina.
  • Jika kamu menjalani operasi caesar, rekomendasi seks pasca persalinan yang sama berlaku, meskipun bagi banyak ibu yang melahirkan melalui operasi caesar, pemulihan membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Dokter juga merekomendasikan setidaknya menunggu hingga 4 minggu, agar sayatan pasca operasi caesar pulih sepenuhnya.

Efek samping berhubungan setelah melahirkan tapi belum haid

Wanita pasca melahirkan umumnya mengalami hormon yang menyebabkan emosional, baby blues, perubahan tubuh yang signifikan, dan menurunnya libido. Perlu waktu yang tidak sebentar untuk menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut.

Beberapa efek samping yang mungkin dialami wanita saat melakukan seks pasca melahirkan yaitu:

  • Merasa nyeri
  • Kelelahan
  • Stres
  • Kekeringan vagina
  • Depresi pasca persalinan
  • Kehamilan

Risiko berhubungan setelah melahirkan tapi belum haid

Setelah melahirkan, tubuh wanita memasuki fase penyembuhan agar pendarahan berhenti dan serviks menutup. Melakukan hubungan seksual terlalu dini, terutama dalam 2 minggu pertama, meningkatkan risiko perdarahan postpartum atau infeksi rahim.

Terutama jika kamu melakukan persalinan caesar yang mana rasa sakitnya dua kali lipat dari melahirkan biasa. Perlu waktu lebih lama untuk pemulihan dan merasa normal kembali. Stress dan kelelahan mungkin dialami oleh wanita pada masa ini.

Kamu harus menunggu setidaknya 40 hari agar pendarahan pasca melahirkan benar-benar berhenti. Beberapa pasangan bahkan menunggu sampai 2 bulan agar wanita kembali siap untuk melakukan hubungan seks.

Apakah berhubungan setelah melahirkan tapi belum haid menyebabkan kehamilan?

Wanita akan mengalami masa nifas selama 40 hari pasca melahirkan, dimana darah akan terus keluar seperti mens. Beberapa wanita akan kembali mengalami menstruasi seperti biasa, dan tidak jarang wanita yang siklus menstruasinya tidak langsung berjalan normal. Hal ini dipengaruhi oleh hormon menyusui, bahkan ada juga yang tidak mengalami haid selama satu tahun.

Meskipun berhubungan setelah melahirkan dan belum haid, kemungkinan hamil masih tetap ada. Maka dari itu, pertimbangkan menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan. Menunda kehamilan juga sangat disarankan jika kamu melakukan persalinan secara caesar, setidaknya tunda selama 2.5 tahun untuk pemulihan maksimal.

Tips aman berhubungan setelah melahirkan tapi belum haid

Menyusui dan robekan pasca melahirkan membuat wanita tidak bergairah untuk melakukan hubungan seks. Hal ini bisa terjadi selama beberapa bulan sehingga kamu dan pasangan harus sabar menunggu. Berikut adalah beberapa tips aman berhubungan setelah melahirkan dan belum haid:

  1. Menunggu 1-2 bulan sampai pemulihan benar-benar maksimal
  2. Gunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan
  3. Mengontrol kedalaman penetrasi dengan berbagai posisi seksual
  4. Meningkatkan pelumasan vagina
  5. Minum obat pereda nyeri
  6. Mengosongkan kantung kemih
  7. Mandi air hangat

Setiap wanita mengalami pasca melahirkan yang berbeda. Kamu mungkin merasa perlu lebih dari enam minggu untuk merasa nyaman berhubungan seks lagi. Diskusikan bersama pasangan dan dokter untuk keamanan berhubungan seks pasca melahirkan. Pastikan kondisi tubuhmu benar-benar nyaman dan tidak kesakitan.

Photo by Andrea Piacquadio/pexels

Share artikel ini
Reference