manfaat berciuman
Hubungan Harmonis Seks & Relationship

Ternyata Manfaat Berciuman Bibir Dan Lidah Juga Bisa Bakar Kalori!

Imelda Rahmawati | April 15, 2022
Share

Ciuman memang menjadi aktivitas menyenangkan bagi pasangan. Dari sekian banyak variasi ciuman, ciuman bibir dan lidah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan gairah seksual. Selain itu, berciuman juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu, mengurangi respons alergi, dan dapat membantu mencegah gigi berlubang.

Tidak hanya itu, berciuman ternyata juga bisa membakar kalori kamu, loh. Yuk, simak manfaat berciuman bibir dan lidah di bawah ini!

Berbagai manfaat berciuman bibir dan lidah

Berciuman, mungkin menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan rasa cinta kamu kepada pasangan. Manfaat berciuman juga sangat banyak, seperti untuk menyehatkan tubuh dan mencegah stres.

Bahkan, kamu bisa mendapat manfaat jika melakukannya setiap hari bersama pasangan. Ya, berciuman bisa buat kamu lebih sehat, karena adanya peningkatan hormon oksitosin saat kamu berciuman. Hormon ini berkaitan dengan rasa bahagia dan keintiman. Berikut berbagai manfaatnya, antara lain:

1. Meningkatkan hormon kebahagiaan

Berciuman memicu otak kamu untuk melepaskan bahan kimia seperti oksitosin, dopamin, dan serotonin, yang membuat kamu merasa euforia, mendorong perasaan kasih sayang dan ikatan dan menyalakan pusat kesenangan otak. Selain itu, juga bisa membantu menurunkan hormon stres kamu.

2. Pereda stres

Berciuman bisa menjadi pengalih perhatian terbaik yang bisa kamu dapatkan karena mengalihkan pikiran kamu dari lusinan masalah dan masalah yang memicu stres. Ketika kadar oksitosin meningkat, kamu merasa lebih tenang dan rileks.

Oksitosin sangat penting karena bisa membantu pasangan untuk tetap terikat dengan kamui. Di sisi lain, wanita akan mengalami banjir oksitosin saat melahirkan dan menyusui, memperkuat ikatan ibu-anak.

3. Membakar kalori

Manfaat mencium bibir dan lidah bisa membakar kalori, kamu dapat membakar 2 hingga 26 kalori per menit tergantung pada seberapa bergairah ciuman kamu. Ini mungkin tidak berhubungan langsung dengan penurunan berat badan, tetapi itu pasti akan membuat kamu tetap tenang dan stres rendah, yang pada gilirannya membantu kamu tetap bahagia.

4. Mengencangkan otot wajah

Wah, ternyata ciuman adalah semacam facelift alami. Berciuman dapat merangsang lebih dari 30 otot wajah dan berciuman secara teratur adalah latihan untuk wajah dan leher kamu.

Melatih otot-otot wajah kamu juga dapat meningkatkan produksi kolagen, berkontribusi pada kulit yang lebih kencang dan tampak lebih muda.

5. Mencium pasangan romantis meningkatkan libido kamu

Ciuman romantis mengarah pada gairah seksual dan sering dianggap sebagai kekuatan pendorong dibalik keputusan wanita untuk melakukan hubungan seksual dengan seseorang. Air liur juga mengandung testosteron, yakni hormon seks yang memainkan peran kunci dalam gairah seksual.

6. Mencegah kerusakan gigi

Berciuman dapat membantu menjaga kebersihan gigi karena merangsang kelenjar ludah, yang membantu meningkatkan produksi air liur.

Air liur menjaga mulut tetap terlumasi, membantu menelan makanan dan juga membantu sisa-sisa makanan menempel pada gigi kamu, yang pada gilirannya melindungi terhadap kerusakan gigi dan gigi berlubang.

Risiko berciuman bibir dan lidah

Memang ciuman itu menyenangkan karena bisa menghilangkan stres kamu. Namun, ternyata manfaat berciuman bibir dan lidah juga bisa menularkan penyakit dari ciuman. Berikut beberapa jenis penyakit menular seksual yang dapat ditularkan melalui ciuman:

1. Influenza

Penyakit ini umumnya ditularkan melalui udara atau tetesan air liur (droplet) dari orang yang terinfeksi saat batuk, bersin, atau berbicara. Ciuman di bibir yang memungkinkan kontak langsung antar air liur tentu bisa dengan mudah membuat seseorang terkena virus ini. Jadi, saat sedang flu, sebaiknya hindari kontak dekat dengan pasangan untuk mencegah penularan virus, ya.

2. Herpes

Herpes adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks. Penyakit ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu herpes oral dan herpes genital.

Nah, herpes oral dapat dengan mudah ditularkan dengan mencium atau menyentuh luka. Meski disebut sebagai herpes oral, infeksi ini juga bisa menyerang area genital kamu, loh. Hati-hati karena virus tetap bisa menular meski pasangan kamu tidak menunjukkan gejala sama sekali.

3. Sifilis

Kamu mungkin mendengar bahwa penyakit sipilis lebih sering ditularkan melalui hubungan seksual. Namun, tindakan berciuman yang panas seperti french kiss juga dapat membuat luka mulut terbuka dan akhirnya terkena sifilis. Penyakit ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati.

4. Meningitis

Penyakit selanjutnya yang bisa menyebar akibat ciuman bibir adalah meningitis atau radang selaput otak. Banyak jenis virus, bakteri, jamur, dan parasit dapat menyebabkan meningitis. Mikroorganisme ini menginfeksi selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan peradangan. Berciuman di bibir bisa menjadi cara penularan meningitis karena kontak langsung dengan air liur yang terinfeksi.

5. Gondongan

Gondongan merupakan infeksi penyebab virus yang bisa menyerang kelenjar ludah seseorang, yang bisa berakibat pada pembengkakan. Berciuman bibir bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap virus penyebab penyakit ini.

Tips berciuman bibir dan lidah yang aman

Agar kamu dan pasangan mencium bibir dan lidah dengan aman dan nyaman, kamu bisa mencoba tips berikut ini sebelum melakukannya.

1. Bersihkan mulutmu

Saat mencium bibir, bau nafas kamu juga akan tercium oleh pasangan kamu. Pastikan sebelum kamu berciuman, kondisi mulut harus segar. Kamu bisa makan permen yang memiliki rasa mint. Tidak hanya itu, kamu juga harus tetap rutin membersihkan mulut dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, tepatnya pagi dan sore hari.

Jangan lupa untuk membersihkan lidah yang juga merupakan sumber bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Selain menjaga mulut tetap segar, cara ini juga dapat membantu meminimalkan risiko penyakit gigi dan mulut.

2. Melembapkan bibir

Sebelum melakukan ciuman romantis dan menggairahkan, pastikan bibir kamu lembap. Berciuman adalah salah satu rencana yang akan kamu dan pasangan lakukan saat berkencan, ingatlah untuk menggunakan lip balm atau petroleum jelly.

3. Jangan terburu-buru

Saat bibir kamu dan pasangan semakin dekat, jangan terburu-buru untuk melumat bibir pasangan kamu. Pasalnya, hal ini akan membuat kamu terlihat agresif dan pasangan mungkin tidak merasa nyaman. Saat suasana mesra sudah terbangun, dekatkan bibirnya secara perlahan dan lembut.

Manfaat berciuman bibir dan lidah baik untuk kesehatan. Namun, berciuman juga memiliki risiko besar menularkan penyakit menular yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihan mulut.

Reference
Share