Cara menghindari pertengkaran dengan pasangan

Pertengkaran dalam hubungan tentu biasa terjadi. Hanya saja pertengkaran yang tidak sehat dan sering terjadi perlu juga kamu minimalkan supaya hubungan tetap langgeng dan harmonis. Lalu, bagaimana cara menghindari pertengkaran dengan pasangan?

Banyak penyebab pertengkaran dalam sebuah hubungan, baik itu masalah yang ringan ataupun berat. Apapun penyebabnya, kamu perlu menerapkan cara menghindari pertengkaran sehingga hubungan dapat terus dipertahankan.

Apa itu pertengkaran dengan pasangan?

Meskipun saat ini sedang berada dalam hubungan romantis dan menerapkan tips hubungan langgeng, pertengkaran pasti pernah terjadi, bukan? Pertengkaran dengan pasangan bisa karena berbagai penyebab. Dari berbeda pendapat bisa mendatangkan pertengkaran yang besar jika tidak diatasi dengan tepat.

Perbedaan pendapat antara kedua orang dalam hubungan memang kerap terjadi. Entah itu selera makan, suhu ruang, tata letak barang, kebersihan atau apapun itu bisa memicu perbedaan pendapat. Jika hal ini tidak disikapi dengan baik, maka pertengkaran bisa terjadi dan menyebabkan hubungan renggang.

Sebenarnya, pertengkaran dalam hubungan tidak selalu mengindikasikan hal buruk, lho. Dengan adanya pertengkaran atau perbedaan pendapat, terkadang menunjukkan perasaan kepada pasangan dapat menjadi hal penting untuk keberhasilan hubungan tersebut. Bagaimana ini bisa terjadi?

Apabila kamu mengiyakan perkataan pasangan dan melakukan apapun yang diinginkan pasangan tanpa mengatakan apapun, maka suatu saat hal tersebut bisa menjadi boomerang yang akan merusak hubungan. Penting mengetahui perasaan satu dengan yang lain.

Meski pahit, setidaknya pasangan akan tahu apa yang kamu inginkan, begitupun sebaliknya. Dengan begitu perasaan dan keinginan satu sama lain dapat dicari solusi dan penyelesaiannya agar hubungan menjadi lebih kuat.

Lalu, bagaimana cara menghindari pertengkaran hebat antara pasangan? Yuk, coba ketahui dulu penyebab pertengkaran!

Penyebab pertengkaran dengan pasangan

Pertengkaran dengan pasangan bisa terjadi karena beberapa penyebab berikut ini:

1. Setiap orang memiliki ego masing-masing

Setiap orang memiliki egonya masing-masing yang harus dikompromi saat sudah memutuskan menjalani sebuah hubungan. Meredam ego bisa membuat pertengkaran dapat dihindari. Belajar meredam ego dapat membuat setiap masalah dapat terselesaikan.

Meredam ego bisa dilakukan dengan mengalah dan menemukan logika penting dalam sebuah permasalahan. Jika mengedepankan ego masing-masing, maka persoalan tidak akan selesai.

2. Masalah komunikasi antar pasangan

Komunikasi yang buruk menjadi penyebab pertengkaran terjadi dalam hubungan. Diam bukan solusi masalah atau pertengkaran. Masalah komunikasi ini menjadi penyebab terbesar dari pasangan yang sering bertengkar.

Cara menghindari pertengkaran yang terbaik adalah komunikasi terbuka dengan pasangan tentang penyebab masalah yang terjadi dalam hubungan.

3. Tidak memberi jarak pada pasangan

Pasangan satu dengan yang lain cenderung memberi batasan pada banyak hal. Terkadang hal ini dapat memicu pertengkaran. Tidak memberi kebebasan bukan berarti juga tidak percaya kepada pasangan, namun porsi kebebasan bisa dibicarakan agar pertengkaran antar pasangan dapat dihindari.

4. Tidak mempercayai pasangan

Mengetahui suatu hal tentang pasangan dari orang lain bukan suatu hal yang baik. Saling percaya dan komunikasi yang jelas dengan pasangan agar tidak memicu pertengkaran.

5. Tekanan dari pihak luar

Terkadang pertengkaran dapat terjadi karena salah satu pasangan mendapat tekanan dari pihak luar, entah dari teman atau keluarga dekat. Saling memberi dukungan dapat membuat hubungan lancar dan meminimalisir tekanan dari pihak luar.

Penyebab pertengkaran memang banyak dan selalu meliputi setiap hubungan, namun ada cara untuk menghindari pertengkaran yang bisa kamu lakukan.

Cara menghindari pertengkaran dengan pasangan

cara menghindari pertengkaran

Menghindari pertengkaran dengan pasangan bisa dilakukan dengan cara:

1. Memilih waktu yang tepat untuk berbicara

Jika terdapat suatu hal yang memicu pertengkaran, segera pilih waktu dengan kepala dingin satu sama lain.

2. Mulai berbicara tanpa emosi

Tidak perlu membuat kata-kata kasar, keras atau memojokkan. Katakan sesuatu yang lebih positif dan kalem agar tidak kembali memicu pertengkaran.

3. Pakai pernyataan ‘saya’ bukan ‘kamu’

Pakai pernyataan yang membuat pasangan tidak seperti diserang dan seseorang akan bertanggung terhadap perasaan sendiri. Daripada berkata ‘kamu tidak pernah mendengarkan saya’, akan lebih baik ganti dengan ‘saya merasa tidak didengar saat berbicara dengan kamu’.

4. Coba untuk melihat dari sudut pandang pasangan

Tidak ada salahnya mendengarkan argumen pasangan sebelum menyerangnya dengan perspektif diri sendiri, harga dan validasi bahwa setiap orang memiliki perasaannya tersendiri.

5. Ingat bahwa pertengkaran tidak akan menyelesaikan masalah

Dengarkan pasangan dan coba untuk mencari solusi, bukan membesarkan masalah yang terjadi.

6. Bersiap untuk kompromi

Sedikit kompromi dari masing-masing orang akan memberikan kejelasan daripada berpegang teguh terhadap sebuah pendapat.

Hal yang perlu dihindari jika pertengkaran terjadi

Selain cara menghindari pertengkaran diatas, ada beberapa sikap yang harus dihindari saat kamu bertengkar dengan pasangan, yaitu:

  • Membela diri dan tidak mau kompromi
  • Merasa paling benar pendapatnya
  • Mengungkit kesalahan yang tidak berhubungan dengan masalah
  • Menolak diskusi dengan kepala dingin dan hati tenang
  • Tidak mau mendengarkan dan terus menginterupsi pendapat pasangan

Pertengkaran dengan pasangan memang suatu bumbu tersendiri dalam sebuah hubungan, namun hal ini dapat dihindari agar hubungan bisa langgeng dan dapat dipertahankan. Ketahui cara menghindari pertengkaran untuk hubungan dengan pasangan lebih baik.

Share artikel ini
Reference