Mengenal apa itu acts of service

Ada lima jenis love language. Salah satunya adalah acts of service. Bagi mereka yang mempunyai bahasa cinta ini, tindakan akan lebih berarti dibandingkan dengan kata-kata.

Apakah kamu memiliki pasangan dengan bahasa cinta acts of service? Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menghadapi pasangan yang memiliki bahasa cinta ini. Simak terus sampai akhir, ya.

Apa itu acts of service?

Love language adalah cara memahami dan mengerti diri sendiri dan pasangan dalam mengekspresikan rasa cinta. Acts of service adalah melakukan sesuatu yang diinginkan oleh pasangan. Misalnya, menyiapkan makanan yang enak untuk pasangan.

Ketika memberikan bahasa cinta ini, kamu membutuhkan waktu yang banyak untuk melakukannya. Bentuk cinta nonverbal ini mungkin bisa membuat kamu lelah, tetapi jika memang itu yang dibutuhkan pasangan, maka itu akan sepadan dengan usaha yang kamu kerahkan.

Acts of service love language

Seperti namanya, orang dengan love language ini biasanya melakukan tindakan dengan cara melakukan sesuatu atau memberikan bantuan untuk pasangan. Tindakan tersebut dilakukan untuk menunjukkan rasa peduli kepada pasangan dan membuatnya merasa dicintai.

Seseorang yang memiliki acts of service love language akan merasa dihargai dan dicintai oleh pasangannya ketika mereka melakukan sesuatu untuknya. Apalagi, jika mereka melakukannya tanpa dimintai terlebih dahulu.

Ciri-ciri acts of service

Jika seseorang merasa dicintai ketika orang lain melakukan hal-hal untuk membantunya, artinya inilah bahasa cintanya. Sama halnya jika seseorang cenderung merasa diabaikan ketika orang lain tidak membantunya, berarti dia memiliki love language ini.

Ciri lainnya adalah mereka menginginkan agar pasangannya membantu saat mereka sedang kewalahan. Mereka akan senang jika pasangan mereka melakukan sesuatu untuk membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah.

Orang dengan bahasa cinta ini juga akan senang ketika pasangannya menawarkan bantuan, meskipun dalam tugas-tugas yang kecil. Itu akan sangat berarti bagi mereka. Misalnya, menyiapkan makan malam. Orang dengan jenis bahasa cinta ini cenderung mengungkapkan perhatian dan rasa sayangnya melalui tindakan, bukan melalui kata-kata.

Contoh acts of service

Contoh bahasa cinta ini tidak harus dengan melakukan sesuatu yang besar. Beberapa contohnya adalah:

  • Membantu mencuci piring
  • Membuatkan secangkir kopi di pagi hari
  • Membuang sampah
  • Menjemput
  • Merencanakan liburan
  • Merawatnya ketika sakit
  • Menyisihkan waktu untuk mengobrol dengannya
  • Membukakan pintu
  • Membawakan barang belanjaan
  • Memberikan pijatan ketika lelah
  • Mengajak jalan-jalan

Seseorang yang bahasa cintanya adalah acts of service hanya ingin merasa dihargai, diperhatikan, dan dibantu.

Acts of service dalam hubungan

Setiap pasangan bisa memiliki love language yang berbeda. Jika bahasa cinta kamu adalah acts of service dan pasanganmu tidak, cobalah berkomunikasi dengan pasangan. Jangan menyalahkannya karena tidak memiliki bahasa cinta yang sama. Sebuah hubungan tetap bisa berjalan dengan baik dan sehat meskipun bahasa cintanya tidak sama.

Perlu diingat juga bahwa tindakan atau bantuan yang kamu berikan bisa kehilangan maknanya jika itu tidak sesuai dengan keinginan pasangan. Jadi, komunikasikan hal ini dengan pasangan agar kamu bisa melakukan sesuatu yang terbaik untuknya. Jika pasangan melakukan sesuatu untukmu, hargailah upayanya dengan mengucapkan terima kasih.

Cara menghadapi pasangan dengan bahasa cinta ini

Punya pasangan dengan bahasa cinta acts of service? Inilah beberapa cara untuk menghadapinya.

  • Memperhatikan hal-hal kecil dari pasangan kamu. Misalnya, berapa banyak gula yang biasanya pasangan kamu tambahkan ke dalam kopi, jam berapa acara favoritnya, dan hal-hal kecil lainnya.
  • Membuat catatan tentang hal tersebut agar tidak lupa.
  • Memperhatikan hal-hal yang tidak disukai oleh pasangan.
  • Menawarkan bantuan untuk melakukan hal-hal yang tidak dipahami oleh pasangan. Misalnya, memperbaiki lampu kamar mandi yang rusak, mengganti oli kendaraan pasangan, dan sebagainya.
  • Tanyakan pada mereka tindakan atau bantuan apa yang paling mereka hargai. Dengan cara ini, kamu bisa memprioritaskan bantuan yang paling mereka suka.

Kamu tidak harus memiliki love language yang sama untuk memiliki hubungan yang langgeng dengan pasangan. Sebenarnya, salah satu hal yang terpenting adalah menjaga komunikasi dengan pasangan kamu. Jika kamu tidak bisa menjaga komunikasi dengan pasangan, hal ini dapat menciptakan masalah dalam hubungan kalian.

Share artikel ini
Reference