pijat ibu hamil

pijat ibu hamil

Pijat ibu hamil atau pijat prenatal merupakan jenis terapi pijat yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Pijat ini dapat membuat tubuh rileks dan membantu meringankan beberapa rasa sakit dan nyeri pada tubuh yang dirasakan oleh ibu hamil.

Teknik perawatan ini juga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki, memperbaiki suasana hati, dan membantu meringankan beberapa depresi, serta kecemasan selama kehamilan.

Untuk lebih lengkapnya mengenai penjelasan pijat ibu hamil, yuk simak penjelasan artikel ini.

Apa itu pijat ibu hamil?

Pijat ibu hamil adalah istilah umum untuk pijat tangan selama kehamilan (prenatal) atau setelah kehamilan (postnatal).

Beberapa praktisi, biasanya melakukan pijat dengan menggunakan meja pijat kehamilan yang merupakan meja khusus yang didesain untuk menopang perut wanita hamil. Selain itu, ada juga yang menggunakan bantal yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Pijat kehamilan biasanya berlangsung selama satu jam.

Berdasarkan banyaknya keguguran yang terjadi pada trimester pertama, beberapa terapis pijat dan dokter kandungan tidak menyarankan melakukan pijat pada trimester pertama. Walaupun belum ada penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara pijat dan keguguran, ada baiknya pijat ibu hamil tidak dilakukan pada trimester pertama kehamilan.

Untuk lebih aman, sebaiknya ibu hamil telah berkonsultasi dan mendapatkan persetujuan dari dokter kandungannya. Hal ini sebab tidak semua pijat kehamilan cocok untuk semua ibu hamil serta mendapatkan hasil dari pijat yang maksimal.

Teknik pijat prenatal

Ada banyak teknik pijat kehamilan. Namun, secara umum berikut ini beberapa teknik pijat ibu hamil:

  • Pijat jaringan dalam, dengan sapuan kuat yang menekan jauh ke dalam otot
  • Pijat Swedia, dengan sapuan panjang pada otot dan perhatian pada mobilitas sendi
  • Shiatsu, dengan menekan dan mengetuk titik akupresur untuk merangsang energi alami tubuh

Sebenarnya, dari sudut pandang ilmiah, dampak signifikan dari teknik terapi pijat ibu hamil masih belum diketahui. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana menerapkan berbagai jenis pijatan manual pada tubuh.

Agar lebih aman, biasanya ahli pijat kehamilan menghindari pijatan dan tekanan kuat pada kaki. Hal itu karena menggunakan tekanan kuat bisa menimbulkan gumpalan darah. Jenis pijatan yang harus dihindari pada kaki adalah pijat jaringan dalam, akupresur dalam, shiatsu, dan gesekan menyilang. Untuk kaki, biasanya terapis menggunakan teknik pukulan yang ringan dan lambat.

Tekanan yang sangat ringan pada perut dapat dilakukan. Namun, beberapa terapis pijat memilih untuk menghindari memijat perut.

Manfaat pijat ibu hamil

Penelitian mengenai pijat prenatal sebenarnya belum terlalu banyak dilakukan. Namun, terdapat satu penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami yang mengatakan bahwa terapi pijat mungkin memiliki banyak efek positif, di antaranya:

  • Menurunkan kecemasan
  • Nyeri punggung dan kaki berkurang
  • Peningkatan tidur
  • Penurunan kadar hormon stres norepinefrin

Dalam studi lain tentang pijat kehamilan pada wanita depresi, para peneliti menemukan:

  • Peningkatan kadar hormon kenyamanan seperti serotonin dan dopamin
  • Penurunan kadar kortisol yang merupakan indikator stres
  • Peningkatan suasana hati secara keseluruhan

Secara umum, pijat kehamilan dapat menghilangkan rasa sakit serta dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan tumor.

Peringatan pijat prenatal

Selain manfaat yang disebutkan di atas, ternyata ada juga risiko pijat prenatal. ada beberapa kemungkinan pijat ini dapat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, seperti preeklamsia, tekanan darah tinggi, perdarahan, atau diabetes gestasional.

Dokter kandungan mungkin juga menyarankan untuk menghindari terapi pijat selama trimester pertama sampai usia kehamilan mencapai trimester kedua.

Ibu hamil perlu sangat hati-hati jika memiliki kehamilan berisiko tinggi, seperti:

  • Peningkatan risiko persalinan prematur
  • Preeklamsia atau tekanan darah tinggi
  • Gangguan pembekuan darah
  • Masalah dengan plasenta seperti plasenta previa

Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter atau bidan sebelum memesan perawatan pijat kehamilan.

Share artikel ini
Reference