Program kehamilan mungkin menjadi salah satu hal yang cukup melelahkan dan penuh tantangan. Hal ini terutama berlaku bagi pasangan yang mengalami kesulitan untuk hamil.

Untungnya, kemajuan teknologi saat ini sudah banyak obat penyubur kandungan yang menawarkan manfaat untuk promil seperti Provula. Simak informasinya di sini!

Apa itu Provula?

Provula adalah salah satu obat penyubur kandungan dengan bahan aktif clomiphene citrate. Obat ini diresepkan untuk merangsang ovulasi pada wanita yang mengalami ketidaksuburan atau kesulitan untuk hamil. 

Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan produksi hormon luteinizing hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH) pada tubuh wanita. Alhasil, tubuh bisa merangsang pelepasan sel telur, atau ovulasi. 

Tidak hanya untuk wanita, konsumsi obat Provula bisa digunakan untuk mengatasi kondisi oligospermia. Oligospermia adalah kondisi ketika seorang pria memiliki sperma berjumlah sedikit yang sangat berpengaruh terhadap peluang untuk memiliki anak. 

Walau tergolong efektif sebagai obat penyubur kandungan, Provula harus diawasi oleh dokter dan hanya diberikan dengan resep dokter. 

5 Manfaat Natur E 300 untuk Promil yang Cukup Ampuh

Manfaat Provula untuk promil

manfaat provula untuk promil

Seperti yang sudah disebutkan, Provula adalah salah satu obat yang untuk membantu program kehamilan. Berikut ini sederet manfaat Provula untuk promil yang bisa jadi pertimbangan kamu. 

1. Meningkatkan peluang kehamilan

Salah satu manfaat Provula untuk kesuburan adalah meningkatkan peluang kehamilan berkat kandungan bahan aktif clomiphene citrate di dalamnya.

Zat ini bekerja dengan merangsang ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium pada wanita yang mengalami kesulitan ovulasi atau anovulasi.

Ovulasi yang teratur dan tepat waktu sangat penting dalam upaya promil. Provula dapat membantu meningkatkan produksi hormon yang diperlukan untuk ovulasi, seperti follicle-stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH).

Kenaikan hormon ini akan membantu memicu ovulasi pada wanita dan meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Coba Cara Ini untuk Memperbaiki Hormon Haid yang Tidak Teratur

2. Memperbaiki kualitas sel telur

Jika ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium pada wanita berjalan dengan baik, hal ini bisa meningkatkan peluang terjadinya pembuahan dan kehamilan yang sehat.

Pasalnya, kondisi tersebut membantu meningkatkan kualitas sel telur yang dihasilkan oleh ovarium.

Sementara itu, sel telur yang berkualitas baik memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk dibuahi dan berkembang menjadi janin yang sehat.

3. Menjaga keseimbangan hormon

Manfaat provula lainnya untuk promil adalah menjaga keseimbangan hormon. Pasalnya, clomiphene citrate di dalamnya bekerja pada kelenjar hipofisi di otak untuk merangsang pelepasan hormon hormon luteinizing (LH) dan folikel-stimulating (FSH). 

Kedua hormon ini diperlukan untuk mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. Dengan menjaga keseimbangan kedua hormon tadi, Provula membantu meningkatkan peluang ovulasi yang sehat. 

Di sisi lain, Provula juga dapat membantu menangani kondisi keseimbangan hormonal yang tidak seimbang, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Kondisi ini ditandai dengan produksi androgen yang berlebihan, yang dapat mempengaruhi ovulasi dan kualitas sel telur. 

Dengan merangsang pelepasan hormon LH dan FSH, Provula bisa bantu menurunkan kadar androgen dan memperbaiki keseimbangan hormonal wanita dengan PCOS. 

Jangan Bingung Dulu, Ini 7 Penyebab Telat Haid 3 Bulan Tapi Tidak Hamil!

4. Menambah jumlah sel telur

Provula mengandung hormon progesteron yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel telur dalam ovarium. Hal ini terjadi karena progesteron dapat merangsang pertumbuhan folikel ovarium yang mengandung sel telur. 

Semakin banyak folikel yang tumbuh, semakin besar pula kemungkinan terdapat sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi.

Tidak hanya itu, penggunaan Provula secara tepat dan sesuai dosis dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Hal ini termasuk hormon yang berperan dalam produksi sel telur. 

Alhasil, jumlah sel telur yang dihasilkan juga dapat meningkat. Namun, perlu diingat bahwa peningkatan jumlah sel telur ini tidak selalu menjamin terjadinya kehamilan, karena ada banyak faktor lain yang juga memengaruhi peluang keberhasilan program kehamilan. 

5. Membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma

Provula sebenarnya bukan obat khusus untuk mengatasi oligospermia, yaitu kondisi ketika jumlah sperma dalam air mani pria sangat rendah.

Namun, Provula dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dan memperbaiki keseimbangan hormon pada pria. Ini mungkin bisa menjadi salah satu manfaat Provula untuk promil. 

Dalam beberapa kasus, dokter dapat meresepkan Provula untuk pria dengan masalah kesuburan seperti oligospermia, meskipun hal ini tidak umum dilakukan.

Pria dengan masalah kesuburan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah Provula atau obat lainnya diperlukan dalam pengobatan mereka.

Apa Saja Makanan untuk Penderita Kista Ovarium? Ini Daftarnya!

Dosis penggunaan Provula

manfaat provula untuk promil

Dosis penggunaan Provula dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi kesehatan individu serta kebutuhan dan rekomendasi dari dokter.

Sebaiknya, penggunaan Provula harus sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau resep dokter yang diberikan.

Umumnya, dosis standar untuk program hamil adalah 1 tablet setiap hari selama 5 hari dimulai dari hari ke-2 atau ke-5 siklus menstruasi.

Penggunaan Provula di awal siklus menstruasi bertujuan untuk membantu memperbaiki kualitas sel telur dan meningkatkan peluang kehamilan.

Bagi pria yang mengalami gangguan kesuburan, dosis penggunaan Provula akan disesuaikan dengan kondisi kesehatannya dan harus diarahkan oleh dokter yang merawat. Sebaiknya, jangan mengubah dosis penggunaan Provula tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itu tadi sederet manfaat Provula untuk promil, baik untuk pria maupun wanita. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang tengah menjalani program kehamilan, ya!


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference