manfaat edamame untuk promil

Edamame adalah jenis kacang-kacangan yang populer dan mudah ditemukan di pasaran. Selain rasanya yang lezat, edamame juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesuburan sehingga banyak orang menggunakan manfaat edamame untuk promil

Yuk, ketahui langsung manfaat edamame untuk kesuburan dan berbagai manfaat edamame lainnya pada ulasan berikut ini. 

Apakah edamame bisa membuat wanita subur?

Bukan tanpa alasan mengapa banyak orang mencari tahu manfaat edamame untuk promil. Hal ini tidak lepas dari peran edamame yang dapat membantu meningkatkan kesuburan karena kandungan zat besi dan protein yang tinggi di dalamnya.

Recommended, Ini Dia Manfaat Telur Rebus untuk Promil

Selain itu, edamame juga dapat menurunkan risiko gangguan ovulasi. Sumber nutrisi yang sama juga bisa didapatkan dari bayam, kacang-kacangan, labu, tomat, dan bit.

Sebuah studi yang berjudul “The Influence of Diet on Fertility and the Implications for Public Health Nutrition in the United States” menunjukkan bahwa ada hubungan yang jelas antara kesuburan dan asupan tinggi asam folat, lemak tak jenuh ganda, dan makanan nabati.

Manfaat edamame

manfaat hidup sehat

Selain untuk kesuburan, ada banyak manfaat edamame lainnya, berikut sejumlah manfaat tersebut.

1. Menurunkan risiko penyakit otak yang berkaitan dengan usia

Menurut penelitian, mengkonsumsi isoflavon kedelai dapat mengurangi risiko penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. kandungan isoflavon pada edamame diketahui dapat membantu meningkatkan aspek pemikiran dan kognisi, seperti memori nonverbal dan kefasihan verbal. 

2. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Beberapa peneliti telah menemukan bukti bahwa protein yang terkandung dalam kedelai atau edamame dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol “jahat” dalam darah. 

Selain itu, studi dari tahun 2017 menyarankan bahwa kedelai dapat memiliki manfaat bagi kesehatan jantung melalui seratnya, kandungan antioksidannya, dan mekanisme lainnya. 

3. Mengatasi depresi

Kandungan folat dalam edamame dapat membantu mengurangi risiko depresi dengan mencegah pembentukan zat homosistein yang berlebihan di dalam tubuh. Kadar homosistein yang tinggi dapat menghambat aliran darah dan nutrisi ke otak serta mengganggu produksi hormon serotonin yang penting untuk suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

4. Mengurangi risiko diabetes

Studi tahun 2012 dan tinjauan 2018 menunjukkan bahwa produk kedelai tanpa pemanis, seperti edamame, dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi tahun 2012 mengamati 43.176 orang selama 5,7 tahun dan menemukan tingkat diabetes tipe 2 yang lebih rendah di antara mereka yang mengkonsumsi produk kedelai tanpa pemanis seperti edamame.

7 Manfaat Daun Gedi untuk Promil dan Khasiat Kesehatan Lainnya

5. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi karena sel-sel tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Gejala anemia defisiensi besi termasuk kelelahan, sesak nafas, kulit pucat, sakit kepala, dan denyut jantung yang cepat.Makanan yang kaya zat besi, seperti edamame, dapat membantu mencegah atau mengobati anemia defisiensi besi.

6. Mengatasi masalah kesehatan terkait menopause

Isoflavon dalam kedelai telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan untuk mengurangi dampak dari menopause pada wanita. Sebuah ulasan pada 2016 menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat membantu mengurangi risiko keropos tulang dan meningkatkan kekuatan tulang. 

Selain itu, sebuah studi pada 2017 menemukan bahwa pengobatan isoflavon kedelai selama 12 minggu dapat membantu mengurangi gejala menopause seperti kelelahan, hot flashes, depresi, dan mudah marah.

Efek samping makan edamame terlalu banyak

Manfaat bubur kacang hijau untuk kesehatan

Mengkonsumsi edamame terlalu banyak dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. alergi terhadap kedelai dapat memicu reaksi alergi, bahkan pada bayi dan anak-anak. Beberapa gejala yang dapat timbul antara lain gatal-gatal di bibir, lidah, dan tenggorokan, mual, muntah, diare, serta sulit bernafas.

 Jika seseorang mengalami gejala-gejala ini setelah mengonsumsi edamame atau produk kedelai lainnya, sebaiknya segera mencari perhatian medis.

Jika terjadi pembengkakan atau kesulitan bernapas, segera hubungi nomor darurat atau segera menuju ke unit gawat darurat terdekat, karena hal tersebut dapat menjadi tanda anafilaksis yang dapat mengancam nyawa.

Makanan lain yang membuat tingkat hamil makin tinggi

Setelah mengetahui manfaat edamame untuk promil, kamu juga perlu tahu nih sejumlah makanan lain yang juga dapat membantu meningkatkan kesuburan sehingga peluang kehamilan menjadi lebih tinggi. Berikut beberapa makanan tersebut.

1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yang merupakan nutrisi penting yang telah terbukti meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma. Selain itu, biji bunga matahari mengandung banyak folat dan selenium, yang sangat penting bagi kesuburan pria dan wanita. Biji bunga matahari juga menjadi sumber yang baik untuk asam lemak omega-6, tetapi mengandung sedikit asam lemak omega-3, yang juga sangat penting untuk pasangan yang sedang promil.

2. Buah sitrus

Jeruk dan grapefruit merupakan buah sitrus yang sangat kaya akan vitamin C. Kandungan polyamine putrescine yang terdapat pada kedua jenis buah ini telah dikaitkan dengan hasil penelitian pada hewan yang menunjukkan potensi untuk meningkatkan kesehatan sel telur dan sperma.

3. Kacang dan lentil

Kacang dan lentil adalah sumber serat dan folat yang sangat baik, yang penting untuk menjaga keseimbangan hormon yang sehat. Lentil juga mengandung spermidin poliamin tingkat tinggi, yang dapat membantu dalam proses pembuahan sel telur oleh sperma. 

Selain itu, kacang dan lentil tinggi protein, yang dapat meningkatkan ovulasi yang lebih sehat pada wanita.

4. Delima

Berdasarkan penelitian, buah delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat meningkatkan kualitas sperma. Pada sebuah studi tahun 2014, 70 pria dewasa yang memiliki masalah kesehatan sperma diberi perawatan dalam bentuk tablet yang mengandung ekstrak buah delima dan bubuk akar galanga. Setelah menjalani perawatan selama tiga bulan, terjadi peningkatan motilitas sperma hingga 62%.

5. Kuning telur

Kuning telur mengandung zat besi, kalsium, seng, vitamin B6, folat, vitamin B12, dan 100% vitamin A. Jika telur berasal dari ayam yang diberi makan rumput, kuning telur juga mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA, serta vitamin A, D, E, dan K2 yang larut dalam lemak yang baik untuk kesuburan. Telur juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang terjangkau dan bermanfaat untuk kesuburan pria dan wanita. Selain itu, kuning telur mengandung kolin yang dapat mengurangi risiko cacat lahir.

Itulah sejumlah manfaat edamame untuk promil dan berbagai makanan lain yang dapat bantu tingkatkan kesuburan pada pasangan yang ingin memiliki momongan. Kamu juga bisa konsumsi edamame untuk mendapat banyak manfaat lain seperti pada ulasan di atas.

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference