manfaat hati ayam untuk ibu hamil

Apa kamu termasuk golongan yang masih meragukan manfaat hati ayam untuk ibu hamil? Well, stigma hati sebagai penyaring racun makanan memang patut dipertanyakan. 

Makan hati ayam selama kehamilan mungkin memiliki dampak menguntungkan dan negatif pada perkembangan janin. Meskipun hati adalah sumber nutrisi penting yang baik, mengonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan konsekuensi negatif.

Lantas, apakah ibu hamil bisa mendapatkan manfaat dari hati ayam? Simak penjelasannya berikut, ya.

Bisakah ibu hamil makan hati ayam?

labu siam untuk ibu hamil

Hati ayam kaya akan vitamin, mineral, dan protein, hati umumnya dianggap sebagai makanan sehat dan padat nutrisi. Namun, hati mengandung konsentrasi vitamin A yang sangat tinggi, yang bisa berbahaya selama kehamilan.

Ada dua jenis vitamin A dalam makanan:

  • Preformed vitamin A (retinol), ditemukan dalam produk hewani seperti hati, telur, susu, dan keju.
  • Karotenoid provitamin A, termasuk beta-karoten, pigmen tumbuhan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Selama kehamilan, penting untuk menghindari terlalu banyak vitamin A, tetapi juga penting untuk mendapatkan cukup vitamin ini. Kamu membutuhkan lebih banyak vitamin A selama kehamilan untuk mendukung perkembangan mata dan tulang janin dan untuk menjaga metabolisme Anda sendiri, terutama selama kehamilan trimester ketiga.

5 Cara Puasa saat Hamil Trimester 3, Yuk Dicoba Moms

Meskipun hati mengandung vitamin A dosis tinggi, makan setengah porsi (atau 1,5 ons) sekali atau dua kali sebulan, sebetulnya masih aman untuk kamu atau janin. Namun, karena tubuh menyimpan kelebihan vitamin A, makan dalam porsi kecil lebih sering dapat menjadi racun bagi janinmu.

Jika makan hati, penting untuk memasaknya sampai matang untuk membunuh salmonella, sejenis bakteri yang berpotensi menyebabkan infeksi berbahaya. Untuk memastikan hati matang dengan baik, pastikan jusnya jernih dan tidak ada warna merah muda yang tersisa di dalamnya.

Manfaat hati ayam untuk ibu hamil

efek samping ambroxol untuk ibu hamil dan menyusui

Hati dimakan dalam berbagai bentuk di berbagai belahan dunia. bagaimanapun penyajiannya, dampaknya hampir sama. Beberapa perbedaan terletak pada sumber dari mana hati berasal.

7 Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil Agar Lebih Sehat

Hati memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu, di antaranya:

  • Besi
  • Vitamin A
  • Protein
  • Asam folat

Sementara protein dan asam folat penting untuk mendukung pertumbuhan janin, zat besi memastikan pembentukan hemoglobin yang cukup dalam darah. Ini adalah bagian Vitamin A yang dapat menyebabkan masalah.

Resep lezat hati ayam

manfaat hati ayam untuk promil

Ini yang kita tunggu-tunggu, resep sehat dan lezat untuk bumil. Bahan dan caranya sederhana, jadi bisa kamu atau suamimu buat di rumah.

Faux gras dengan roti panggang & acar

Bahan

100g mentega, dilunakkan

  • 300g hati ayam organik, dibersihkan dan dikeringkan dengan cara ditepuk hingga kering
  • irisan brioche 
  • acar kecil prancis
  • chutney
  • garam laut

Metode

LANGKAH 1

Panaskan 50g mentega dalam wajan sampai mendesis, tambahkan hati dan goreng selama 4 menit sampai berwarna di luar dan agak merah muda di tengah. Biarkan hingga dingin, lalu masukkan isi wajan ke dalam food processor atau smoothie bullet blender. 

Bumbui dengan garam dan tambahkan sisa mentega. Aduk lagi hingga semua bumbu merata.

Setelahnya letakkan dalam wadah bersih dan ratakan. Masukkan ke dalam lemari es untuk didinginkan setidaknya selama 2 jam. Jadilah Faux Gras.

LANGKAH 2

Untuk menyajikannya, siapkan irisan brioche, dan masukkan beberapa acar kecil prancis dan chutney ke dalam panci kecil. 

Masukkan sendok besar ke dalam secangkir air panas. Seolah menyajikan es krim, sajikan sesendok faux gras ke piring menggunakan sendok tersebut. Celupkan sendok ke dalam air setelah setiap sendok. Taburkan beberapa serpihan garam di atas setiap sendok dan sajikan dengan roti panggang, cornichon, dan chutney.

Ladies, Ketahui Dulu Manfaat Proxidan 400 untuk Promil!

Pate hati ayam

Bahan-bahan

  • 375 gram mentega tawar
  • 400g hati ayam, dipotong-potong
  • 2 siung bawang putih besar, 1 ditumbuk, 1 diiris halus
  • 3 tangkai thyme, daunnya saja
  • 3 sdm Madeira
  • 4 iris brioche
  • 1 apel Bramley, buang bijinya dan potong dadu
  • chutney bawang, untuk disajikan
  • cornichon, untuk disajikan

Metode

LANGKAH 1

Panaskan 1 sdm mentega dalam wajan anti lengket di atas api sedang. Saat mentega berbusa, tambahkan hati ayam dan goreng selama 2 menit setiap sisinya.

LANGKAH 2

Campur bawang putih yang sudah dihancurkan, beberapa thyme dan Madeira ke dalam wajan dengan hati. Goreng selama 2 menit, biarkan Madeira mendidih. 

Pindahkan campuran ke food processor, sisakan 200g mentega dan tambahkan sisanya ke dalam food processor. Haluskan semuanya menjadi pasta halus. Bumbui sesuai selera, lalu masukkan ke dalam toples.

LANGKAH 3

Lelehkan mentega dalam wajan sedang dan tambahkan irisan bawang putih. Goreng bawang putih dalam mentega sampai agak keemasan. 

Tuang ke dalam 4 toples pâté, pastikan beberapa irisan bawang putih dan sisa daun thyme masuk ke setiap toples, dan dinginkan di lemari es setidaknya selama 4 jam, atau sampai mengeras. Bisa dilakukan maksimal 2 hari sebelumnya.

LANGKAH 4

Sebelum disajikan, panggang brioche, lalu potong menjadi empat bagian segitiga untuk disajikan. Aduk apel yang dipotong dadu melalui chutney. Sajikan pate di atas papan kayu kecil dengan brioche panggang, cornichon, dan chutney.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference