biomega obat apa

Biomega adalah obat diindikasikan untuk perawatan nyeri, kolesterol tinggi, penyakit jantung, arteri tersumbat dan kondisi lainnya.

Simak penjelasan tentang obat biomega mulai dari deksiripsi obat, kandungan, hingga manfaatnya di bawah ini:

Deskripsi obat Biomega

Jenis obat biomega merupakan kombinasi vitamin B yang digunakan untuk mengobati atau mencegah kekurangan vitamin akibat pola makan yang buruk, penyakit kronis, dan alkoholisme.

Vitamin B termasuk tiamin, riboflavin, niacin/niacinamide, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, dan asam pantotenat. Beberapa merek vitamin B juga mengandung bahan seperti vitamin C, vitamin E, biotin, atau zat besi.

Lapisiv T Obat Apa? Ternyata Tak Hanya untuk Mengatasi Flu!

Kandungan biomega

Dalam obat Biomega, terdapat beberapa bahan aktif yang memiliki fungsi tersendiri. Biomega dibuat dari bahan-bahan aktif sebagai berikut:

  • Levorfanol
  • Piridoksin
  • Riboflavin
  • Tiamin

Perlu diperhatikan bahwa obat ini mungkin menggandung bahan aktif dengan kadar yang berbeda-beda.

Biomega bekerja dengan mengikat reseptor opioid dengan memodifikasi aktivitas listrik sehingga merilekskan dan memperlambat otot jantung yang terlalu aktif.

Kemudian mengurangi senyawa prostaglandin sehingga membantu pengenceran darah dan mencegah pembekuan yang kemudian mengendurkan sinyal saraf ke otak.

Wiros Obat Apa? Pereda Arthritis hingga Sakit Pinggang

Manfaat biomega

Biomega digunakan dalam perawatan, kontrol, pencegahan, dan mengobati penyakit, kondisi dan gejala berikut ini:

  • Nyeri
  • Jerawat
  • Kolesterol Tinggi
  • Penyakit jantung
  • Arteri tersumbat
  • Kanker serviks
  • Migrain
  • Kram otot
  • Sindrom karpal
  • Gangguan mental

Di sisi lain, biomega juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum di daftar di atas. Penggunaan obat ini lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter sesuai dengan gejala yang kamu alami.

Dosis dan aturan pakai biomega

cara menghitung dosis obat

Obat Biomega pada umumnya dikonsumsi sekali sehari atau sesuai petunjuk pada produk.

Jika kamu mengonsumsi merek yang mengandung vitamin C, minumlah obat ini dengan segelas penuh air (8 ons/240 mililiter) kecuali jika dokter memberikan arahan tertentu.

Jika kamu mengonsumsi tablet kunyah, kunyah tablet secara menyeluruh sebelum menelan.

Sementara jika kamu menggunakan kapsul extended-release, kamu perlu menelan seluruhnya tanpa menghancurkan atau mengunyah. Hindari untuk menghancurkan atau mengunyah kapsul karena dapat meningkatkan risiko efek samping. 

Jika kamu menggonsumsi obat yang berbentuk cair, gunakan alat pengukur obat untuk mengukur dosis dengan hati-hati karena beberapa produk cair perlu dikocok sebelum setiap dosis.

Selain itu, beberapa produk yang mengandung vitamin B12 perlu diletakkan di bawah lidah dan ditahan di sana sebelum ditelan. Pada intinya, Ikuti petunjuk label dengan hati-hati untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Nisagon Obat Apa? Simak Cara Kerja dan Manfaat Obat Kulit Ini

Bolehkah ibu hamil minum biomega?

JUntuk ibu hamil, obat ini tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan karena mengandung beberapa bahan aktif. Konsumsi obat Biomega bagi ibu hamil perlu dikonsultasikan dengan dokter agar sesuai dengan kebutuhannya.

Ibu hamil perlu berhati-hati mengonsumsi obat ini karena bahan aktif yang terbilang cukup aman pada obat ini hanya tiamin. Bahan aktif yang lain seperti evorphanol, piridoksin, dan biboflavin perlu dibawah rekomendasi dokter.


Penulis: Ratih Latifah Murniati

Share artikel ini
Reference