penyebab leher gatal dan merah

Leher gatal dan tampak merah merupakan reaksi umum yang muncul saat alergi. Selama hidup, kamu tentu pernah mengalami gejala ini. Lalu, apa penyebab leher gatal dan merah selain alergi? Jangan panik Yoonies, yuk kenali juga cara mengatasi leher gatal dan merah di artikel ini!

Penyebab leher gatal dan merah

Berikut penjelasan lengkap mengenai penyebab leher gatal dan merah yang perlu kamu ketahui:

1. Akibat kurang bersih

Tahukah kamu kalau kurang menjaga kebersihan juga dapat menjadi penyebab gatal? Kalau kamu jarang mandi atau keramas, maka bisa menjadi penyebab leher gatal dan merah, lho. Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga kebersihan diri.

2. Iritasi

Pakaian atau bahan kimia tertentu pada sabun, detergen, atau pewangi ternyata dapat membuat iritasi kulit serta menyebabkan gatal dan merah di leher.

3. Sebagai reaksi alergi

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan kimia, kosmetik, atau logam tertentu yang menyentuh kulit leher. Selain itu, sumber reaksi alergi lainnya di antaranya gigitan serangga, karena mengonsumsi makanan tertentu, atau kulit mengenai tanaman atau tumbuhan tertentu.

4. Lingkungan

Bagi beberapa orang, lingkungan yang sangat panas atau sangat dingin dapat mengiritasi kulit. Inilah yang menjadi penyebab leher gatal dan merah.

5. Kurap

Kurap adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur. Ini dapat menyebar dengan mudah dan menyebabkan ruam melingkar, merah, dan gatal. Kondisi kulit ini juga dapat menyerang bagian kulit mana pun, termasuk leher. 

6. Biduran 

Biduran dapat terjadi sebagai respons alergi terhadap alergen, seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau obat-obatan tertentu. Kondisi ini memang dapat menjadi penyebab gatal. 

7. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik atau eksem adalah suatu kondisi di mana kulit menjadi meradang dan gatal. Orang-orang dengan dermatitis atopik mungkin mengalami ruam di lengan atau di belakang lutut, di wajah atau leher, atau di bagian tubuh lainnya. 

Cara Mengatasi Kulit Belang akibat Paparan Sinar Matahari dan Penyebab Lainnya

Cara mengatasi leher gatal dan merah

cara mengatasi dan penyebab leher gatal dan merah

Kurangnya menjaga kebersihan dapat menjadi penyebab gatal dan biasanya ciri awal meliputi kulit yang kering. Menggunakan losion setelah mandi dapat mencegah kulit kering atau pecah-pecah. Oleh karena itu, penting untuk melembapkan kulit.

Jika penyebab gatal adalah makanan atau pemicu alergi lainnya, kamu bisa menghindari pemicunya, seperti makanan tertentu, sabun, deterjen, atau zat tertentu yang memicu gatal.

Leher yang gatal juga bisa menjadi tanda kondisi medis yang mendasarinya. Mengobati kondisi yang mendasarinya dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit leher. Konsultasikan dengan dokter jika rasa gatal mulai mengganggu.

Jangan Keliru! Ini Perbedaan Biduran dan Kanker Kulit

Itulah penyebab leher gatal dan merah dan cara mengatasinya. Jika kamu sudah melakukan cara di atas, tetapi gejala tersebut tak kunjung berkurang, segeralah konsultasikan dengan dokter spesialis kulit.

Share artikel ini
Reference