vitamin c untuk ibu hamil

Asupan vitamin C selama kehamilan merupakan hal yang penting agar ibu hamil dapat menjadi kesehatan dirinya dan janin yang ada dalam kandungan. Dosis yang dikonsumsi juga harus sesuai dengan angka kecukupan gizi agar kehamilan tetap lancar dan perkembangan janin tidak menimbulkan gangguan kesehatan. 

Jenis vitamin ini banyak terdapat di berbagai makanan yang pastinya akan disukai oleh ibu hamil. Apa saja manfaat vitamin C untuk ibu hamil dan berapa dosis vitamin C yang tepat untuk dikonsumsi?

Amankah vitamin C untuk ibu hamil?

Vitamin C atau asam askorbat adalah jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin C memang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh namun bisa diperoleh dari konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C.

Vitamin C aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena manfaatnya yang besar. Tidak hanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

Namun vitamin ini juga menjadi kunci dalam perkembangan fisik janin yang ada dalam kandungan. Vitamin C juga bermanfaat untuk mengurangi risiko anemia defisiensi besi pada saat kehamilan

Asupan dan dosis vitamin C yang aman untuk ibu hamil

asupan vitamin c untuk ibu hamil

Dilansir dari Baby Center, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C yang lebih banyak daripada wanita yang tidak hamil dan wanita menyusui membutuhkan lebih banyak lagi vitamin C ini agar tetap sehat. 

Berikut ini dosis vitamin C yang direkomendasikan sesuai dengan asupan kebutuhan harian:

  • Wanita hamil usia 18 tahun ke bawah membutuhkan 80mg/hari
  • Wanita hamil usia 19 tahun ke atas membutuhkan 85mg/hari
  • Wanita menyusuai usia 18 tahun ke bawah membutuhkan 115 mg/hari
  • Wanita menyusui usia 19 tahun ke atas membutuhkan 120 mg/hari
  • Wanita tidak hamil usia 18 tahun atau lebih muda membutuhkan 65 mg/hari
  • Wanita tidak hamil usia 19 tahun dan lebih tua membutuhkan 75 mg/hari

Jenis makanan dengan kandungan vitamin C terbaik selama kehamilan antara lain:

  • 6 ons jus jeruk mengandung 93 mg
  • 6 ons jus jeruk bali mengandung 70 mg
  • 1 buah kiwi sedang mengandung 64 mg
  • ½ cangkir paprika hijau mentah manis mengandung 60 mg
  • ½ cangkir strawberry mengandung 49 mg
  • 1 buah kentang panggang mengandung 17 mg
  • 1 buah tomat mentah mengandung 17 mg
  • 1 cangkir bayam masak mengandung 9 mg

Beberapa rekomendasi camilan yang dapat meningkatkan asupan vitamin C harian untuk ibu hamil antara lain:

  • Bubur dengan irisan stroberi
  • Irisan paprika merah yang dicelupkan ke hummus
  • Yogurt jahe blackberry dan raspberry
  • Jagung goreng dan telur rebus
  • Steak tuna wijen dengan quinoa
  • Ubi jalar dengan kacang dan keju sehat
  • Salad italia dengan ayam panggang

Makanan terbaik yang mengandung vitamin C tidak hanya buah jeruk, namun sayuran berdaun hijau dan segar juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk kehamilan. Vitamin C sangat baik dikonsumsi dalam keadaan segar karena panas dapat merusak vitamin ini. Terdapat beberapa sereal dan jus yang diperkaya dengan vitamin C.

Manfaat vitamin C untuk ibu hamil

Ragam manfaat vitamin ini untuk kesehatan ibu hamil dan janin antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh selama masa kehamilan perlu ditingkatkan karena ibu hamil rentan sakit dan terserang infeksi selama kehamilan.

Antioksidan yang terdapat dalam vitamin C mampu mendukung sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan membuat tubuh ibu lebih sehat.

2. Menjadi kesehatan kulit

Vitamin C untuk kulit sangat baik untuk menangkal radikal bebas, penuaan, keriput, dan berbagai masalah kulit, mengandung antioksidan alami yang dapat merawat kulit menjadi lebih lembab, bebas jerawat dan bintik hitam yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil.

3. Kurangi risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional merupakan komplikasi pada kehamilan yang sering terjadi karena kadar gula yang tinggi pada saat hamil.

Dalam penelitian dan jurnal yang dikeluarkan oleh clinical nutrition, vitamin C sangat mampu membantu mengurangi penyakit ini karena kebutuhan pada saat hamil dapat terpenuhi.

4. Dukung perkembangan janin

Kekurangan vitamin C ternyata dapat menghambat perkembangan otak janin dan memperbanyak vitamin ini akan membantu perkembangan janin menjadi maksimal. Daya ingat anak akan lebih berkembang dan memiliki kemampuan yang luar biasa.

5. Bantu serap zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena akan membantu mencegah anemia dan sebagai pembentukan sel darah merah.

Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi lebih optimal sehingga sangat disarankan ibu hamil untuk mengonsumsi zat besi dan vitamin C selama kehamilan.

6. Kurangi risiko preeklampsia

Preeklampsia sering terjadi pada ibu hamil dengan kandungan usia 20 minggu. Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah dan kadar protein yang meningkat dalam urine serta terdapat pembengkakan pada kaki atau bagian tubuh lain.

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi vitamin C dan e dapat mengurangi preeklampsia karena kandungan antioksidannya.

7. Membantu produksi kolagen

Kolagen akan mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit menjadi lebih bersih dan terawat. Kolagen juga bermanfaat dalam meremajakan kulit sehingga tetap terlihat awet muda dna menghindari penuaan.

8. Proses pemulihan

Ibu hamil rentan sakit dan berpeluang mengalami infeksi kehamilan. Konsumsi vitamin C akan membantu pemulihan ibu hamil lebih cepat, membantu penyembuhan luka dan melawan penyakit lebih kuat daripada ibu hamil yang tidak mengonsumsi vitamin C.

Kebutuhan vitamin ini yang besar oleh ibu hamil dan menyusui akan membantu kehamilan menjadi lebih lancar dan perkembangan bayi dapat dimaksimalkan. Yuk penuhi asupan vitamin C untuk ibu hamil agar sesuai dengan angka kebutuhan harian ya, ladies!

Share artikel ini
Reference