kalori nasi liwet

Kamu mungkin pernah terpikirkan ada berapa kalori nasi liwet dalam satu porsi? Menu nasi ini menjadi makanan khas Indonesia, tepatnya di Bengawan, Solo. Hidangan ini menjadi menu yang wajib kamu coba saat berada di Solo.

Ada berbagai macam lauk yang dihidangkan bersama nasi liwet, seperti tahu, tempe, daging ayam, dan telur. Proses memasaknya pun melibatkan banyak bumbu dan santan, sehingga mungkin kalorinya akan cukup tinggi.

Kalori nasi liwet

Nasi liwet memiliki kalori yang cukup tinggi karena memiliki bahan dasar beras, santan kental, dan rempah lain yang cukup kuat. Saking kentalnya santan, nasi ini dikenal juga dengan nama coconut rice atau nasi kelapa.

Kandungan kalori nasi liwet yaitu sekitar 290 kkal dan belum termasuk lauk yang menjadi makanan pendampingnya. Angka kalori ini cukup tinggi untuk sekedar nasi putih saja, sehingga kurang baik jika dikonsumsi setiap hari dalam jumlah banyak.

Namun beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa nasi liwet 110 gram sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk pasokan energi tubuh dan kebutuhan gizi.

Baca juga:

Kandungan gizi dalam nasi liwet

Nutrisi nasi liwet

Memuaskan dan beraroma, nasi liwet menjadi klasik Indonesia yang menyajikan nasi kelapa super harum. Nasinya dimasak bukan dengan air melainkan dengan santan, daun salam, dan serai.

Dipadukan dengan ayam rebus, labu siam, dan telur dadar spesial. Kamu akan mendapatkan makanan bergizi lengkap untuk saat menyantap hidangan ini. Mungkin kalorinya memang cukup besar, tapi kandungan gizinya tidak kalah besar loh!

Nasi liwet kaya akan magnesium dan fosfor yang sangat bagus untuk kesehatan tulang. Pada satu porsi nasi liwet sekitar 100 gram, terkandung potassium 145.2 gr, fosfor 143.5 gr, magnesium 73.5 gr, dan kalsium 58.4 gr. Kandungan Vitamin A juga cukup tinggi, yaitu 63.4 gr.

Apakah nasi liwet makanan yang sehat

Jika kamu masih ragu apakah nasi liwet ini makanan yang sehat atau tidak, jawabannya bisa YA dan TIDAK. Ada beberapa hal yang membuat nasi dengan rempah ini tidak baik dikonsumsi tapi juga menyehatkan. Ini dia alasannya:

  • Santan kelapa

Semua kandungan yang ada di dalam kelapa umumnya mengandung vitamin dan kaya akan nutrisi. Sehingga sangat baik dikonsumsi dan dapat menyehatkan tubuh. Namun, santan kelapa tidak cukup baik dikonsumsi berlebih karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

  • Nasi

Nasi menjadi makanan pokok berkarbohidrat yang membuat kamu bertenaga setiap harinya. Nasi tentunya memiliki nutrisi dan dapat menyehatkan tubuh. Namun jika dikonsumsi berlebih, kamu tidak akan mudah gemuk tapi juga tidak baik untuk kesehatan. Pasien penyakit jantung, diabetes, dan gula darah tinggi umumnya tidak disarankan makan nasi berlebih apalagi nasi liwet.

Baca lebih lanjut: Kalori satu piring nasi sekali makan.

Manfaat nasi liwet untuk kesehatan

Manfaat nasi liwet

Nasi liwet memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, terlebih lagi karena lauk pendampingnya yang beragam sehingga membuat nutrisinya semakin lengkap. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat:

  • Mendapat energi dan tenaga dari karbohidrat dan kalori yang tinggi, kamu tidak akan mudah lesu atau pusing saat menjalani aktivitas padat.
  • Menurunkan darah tinggi, kolesterol, dan darah tinggi karena labu siam yang mengandung kalium.
  • Labu siam juga mengandung vitamin B dan kaya akan folat, sangat baik untuk kesehatan tubuh dan dapat mencegah penyakit jantung.
  • Vitamin B juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit.
  • Ayam suir yang menjadi lauk nasi liwet juga dapat memberi protein lebih tinggi dan rendah lemak, dibandingkan dengan ayam potong biasa.
  • Protein pada ayam suir juga dapat meningkatkan fungsi otak, kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin agar merasakan manfaatnya.
  • Magnesium, kalsium, dan fosfor yang ada di dalam nasi liwet sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, bahkan cara kerjanya pun cukup efektif loh.

Kamu bisa menyeimbangkan gizi saat menyantap hidangan nasi liwet dengan cara memperbanyak lauknya. Pastikan sayur, daging, atau telur memiliki jumlah yang seimbang dengan nasi yang ada di piringmu.

Share artikel ini
Reference