kalori 1 telur rebus

Mengonsumsi telur dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi penasaran deh, kira-kira berapa kalori 1 telur rebus.

Saat sedang menjalani program penurunan berat badan, di situlah kandungan protein dalam putih telur berperan. Melalui mekanisme yang rumit, protein pada dasarnya akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Tak hanya itu, konsumsi putih telur juga bisa menekan nafsu makan dengan membuat merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan protein dalam putih telur juga sangat bermanfaat untuk menjaga dan membangun massa otot, sehingga penurunan berat badan tidak berbarengan dengan penurunan massa otot. Lantas, berapa kalori 1 telur rebus?

Sekilas tentang telur rebus

telur rebus

Telur sering dicap sebagai salah satu makanan yang harus dihindari saat mencoba menurunkan berat badan. Faktanya, hanya perlu membuang kuningnya karena putih telur sangat rendah kalori sehingga tidak akan menambah berat badan secara signifikan.

Putih telur adalah cairan kental berwarna putih yang mengelilingi kuning telur saat masih berada di dalam cangkangnya. Struktur putih telur terdiri dari 90 persen air dan 10 persen protein, dan berfungsi untuk melindungi embrio ayam dalam telur yang berhasil dibuahi.

Padahal, putih telur dikenal dengan kandungan proteinnya yang sangat baik karena mengandung 9 jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh. Namun, bukan berarti rendahnya jumlah kalori putih telur tidak bermanfaat bagi kesehatan .

Kalori 1 telur rebus

Satu butir telur mengandung sejumlah kalori yang bervariasi. Telur kecil (sekitar 38 gram) mengandung 54 kalori, telur besar (50 gram) memiliki 72 kalori, dan telur jumbo (63 gram) mengandung 90 kalori.

Namun, jumlah kalori ini terkonsentrasi di kuning telur. Dalam telur besar, misalnya, ada 55 kalori dalam kuning telur dari 72 kalori yang dikandungnya.

Artinya, kalori putih telur dalam telur berukuran besar hanya 17 kalori. Jumlah ini sangat jauh dari rata-rata kalori maksimum yang dapat dikonsumsi seseorang, yaitu 2.000 kalori (wanita) hingga 2.500 kalori (pria) per hari.

Pastikan tidak menambahkan bahan lain seperti keju, butter, maupun minyak karena jumlah kalorinya akan berubah. Hal ini bergantung pada bagaimana cara memasaknya. Rendahnya jumlah kalori dalam putih telur karena hampir tidak ada lemak di dalamnya.

Oleh karena itu, putih telur juga lebih aman dikonsumsi pada orang yang memiliki risiko tinggi mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Meski kandungan kalori 1 telur rebus terutama putih telur sangat rendah, bukan berarti tidak ada risiko kesehatan yang mengintai jika mengonsumsinya terlalu banyak. Kandungan protein yang tinggi pada putih telur dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang yang ditandai dengan mual, muntah, ruam, bengkak, hingga reaksi alergi.

Putih telur ini memiliki kandungan avidin, yakni protein yang mengikat biotin serta bisa menurunkan kemampuan pada tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan lain. Dalam jangka panjang, tubuh bisa menderita kekurangan biotin sehingga akan sulit membentuk sel baru, memecah karbohidrat dan lemak, serta mensintesis asam amino.

Berapa Kalori Putih Telur? Benarkah Cocok untuk Diet? Ini Faktanya!

Kandungan gizi 1 telur rebus

Satu telur rebus besar (satu porsi) mengandung:

Kalori: 72
Jumlah Lemak: 5 gram
Lemak jenuh: 2 gram
Kolesterol: 187 miligram
Natrium: 62 mg
Karbohidrat: 1 gram
Gula: 1 gram
Protein: 6 gram

Selain itu, telur rebus juga menjadi sumber vitamin D, vitamin A, zat besi, dan kalsium. Tidak hanya itu, telur rebus mengandung asam amino yang merupakan sumber protein lengkap. Sebagian besar nutrisi dalam telur ada di kuning telur, sedangkan putih telur mengandung protein.

Manfaat mengonsumsi telur rebus

Bahaya Akibat Telat Makan

Kalori 1 telur rebus yang kecil memiliki berbagai manfaat yang bisa dapatkan jika mengonsumsi telur rebus, antara lain:

1. Penurunan berat badan

Sebagai sumber protein yang baik karena tanpa lemak, telur rebus akan mengisi tubuh tanpa memasukkan banyak kalori yang akan sangat berguna jika sedang menjalani program diet.

2. Sumber kolin

Fungsi kolin ini sangat penting guna pertumbuhan sel, serta pemeliharaan sel. Menariknya, telur rebus ini menjadi sumber utama makanan di Amerika.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung

Mengurangi risiko penyakit jantung adalah manfaat lain dari telur rebus. Hal ini karena partikel kolesterol LDL besar yang terdapat dalam telur rebus dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Meskipun kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat, menurut penelitian, partikel LDL kecil memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang memiliki partikel LDL besar.

4. Menurunkan kadar trigliserida dalam darah

Kalori 1 telur rebus juga diperkaya dengan asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Jika kadar trigliserida tinggi dalam darah, dapat meningkatkan faktor risiko penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi lima butir telur yang diperkaya dengan omega 3 per minggu selama tiga minggu dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah sebesar 16-18%.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, makan telur rebus adalah makanan yang cocok. Namun, efek samping telur rebus bisa muncul jika tidak mengonsumsinya dengan benar. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah alergi telur atau tidak, untuk mengurangi risiko reaksi.

5. Meningkatkan metabolisme

Manfaat telur rebus yang pertama adalah untuk meningkatkan metabolisme. Kandungan kolin dalam telur rebus dapat membantu proses pencernaan lemak dan mencegah penimbunan lemak di dalam tubuh.

Selain itu, telur rebus juga dapat meningkatkan kadar adiponektin yang dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemampuan tubuh dalam merespon insulin, memperlancar proses pencernaan lemak.

6. Menjaga kesehatan mata

Telur mengandung lutein dan zeaxanthin, yang merupakan antioksidan yang berperan penting dalam kesehatan mata. Kandungan antioksidan kuat yang dapat menjaga kesehatan retina mata, sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

Hal ini sangat diperlukan bagi orang yang sudah lanjut usia, yang rentan mengalami penurunan kemampuan penglihatan.

Kalori 1 telur rebus sangat berguna bagi yang ingin menurunkan berat badan. Untuk menjaga kadar kolesterol normal dan kesehatan jantung, diperbolehkan makan satu butir telur sehari.

Share artikel ini
Reference