kulit kering

Bagi para pemilik kulit kering, terkadang kamu mungkin merasa wajah kaku hingga gatal karena kelembaban yang sangat minim. Beberapa kasus wajah kering disertai kulit yang sensitif akan iritasi, hal ini menyebabkan kamu kesulitan untuk mencari produk perawatan wajah yang cocok. 

Ada beberapa kemungkinan kulit wajah menjadi kering, seperti kulit yang dehidrasi atau kulit kering yang disebabkan oleh penyakit. Pastikan kamu mengenal kondisi kulit wajah dengan baik untuk mendapat perawatan yang tepat.

Definisi kulit kering

Cara melembabkan kulit kering

Kulit kering adalah ketika kulit kamu mengering karena tidak memiliki kelembaban yang cukup. Kondisi ini biasanya tidak serius, tetapi dapat menyebabkan iritasi yang tidak nyaman. Kulit dehidrasi terkadang disamakan dengan tipe kulit kering. Namun, ini adalah dua fenomena yang berbeda.

Kulit dehidrasi berarti tanda bahwa kamu kekurangan cairan dalam tubuh, sedangkan kulit kering kekurangan minyak alami (juga disebut sebum). Selain itu, kulit kering adalah jenis kulit, sedangkan dehidrasi dianggap sebagai suatu kondisi tubuh.

Jenis kulit secara umum terbagi menjadi empat jenis yaitu normal, kering, kombinasi, dan berminyak. Kamu biasanya terlahir dengan satu jenis kulit, tetapi bisa berubah seiring bertambahnya usia dan musim. Jika kamu memiliki tipe kulit kering, artinya kelenjar sebaceous tidak menghasilkan cukup minyak alami.

Rekomendasi Skincare Kulit Kering Agar Selalu Sehat Dan Glowing

Penyebab kulit kering

Penyebab kulit kering dan bersisik

Tipe kulit kering pada wajah umumnya terjadi karena faktor genetik dan lingkungan, kamu tidak akan bisa mengatur tipe kulit apa yang ingin dimiliki. Tapi jika tipe kulit kering kamu semakin mengering, hal tersebut biasanya disebabkan oleh:

Kandungan deterjen atau sabun yang keras

Sabun, sampo, dan deterjen dibuat untuk menghilangkan minyak di kulit. Hal ini berarti kandungan ini juga bisa mengeringkannya dengan menghilangkan semua kelembapannya.

Panas

Sumber panas apa pun, mulai dari pemanas ruangan dan pemanas sentral hingga perapian dan kompor kayu, dapat menurunkan kelembaban di dalam ruangan dan membuat kulit kamu kering.

Mandi atau berendam air panas

Mandi air panas yang lama atau berendam di bak mandi air panas memang sangat merelaksasi dan membuat ketegangan di tubuh menghilang. Tapi hal ini dapat menyebabkan kulit kering, sehingga kamu wajib menggunakan pelembab setelahnya.

Berenang di kolam renang

Kandungan klorin atau bahan kimia yang membuat beberapa kolam tetap bersih, berpotensi mengeringkan kulit wajah maupun seluruh tubuh. Maka dari itu, kamu wajib membilas tubuh dengan air bersih setelah berenang.

Cuaca

Selama musim hujan, kelembaban dan suhu biasanya menurun drastis. Hal ini bisa membuat kulit lebih kering, sehingga kamu harus siap sedia krim pelembab.

Ciri-ciri kulit kering

rekomendasi skincare kulit kering

Jika kulit kamu terasa kencang setelah keramas atau bahkan saat mandi tanpa keramas, ini berarti kulit kamu mungkin kering. Berikut adalah beberapa tanda lain yang harus diperhatikan:

  • Munculnya serpihan atau bercak bersisik di wajah;
  • Jika kamu hanya mengoleskan body lotion setidaknya sekali sehari, kulit menjadi terlalu kering;
  • Jika kulit terasa sangat kasar dan bergelombang saat kamu menepuknya dengan tangan, kemungkinan besar kulit kamu sangat kering;
  • Seringkali area di sekitar hidung cenderung berkerut pada tipe wajah kulit kering;
  • Pori-pori pada kulit dapat tersumbat dengan mudah ketika tidak ada cukup kelembaban sehingga menyebabkan munculnya komedo;

kamu mungkin tidak melihat ciri-ciri ini saat pertama kali bangun di pagi hari, karena tubuh secara alami mengembalikan kelembaban pada permukaan kulit di malam hari. Namun, saat kamu mencuci muka, semua gejala itu biasanya akan muncul. 

Cara Tepat Eksfoliasi Untuk Kulit Kering Tanpa Merah-Merah

Cara mengatasi kulit kering

Gunakan beberapa kandungan ini untuk selalu menjaga kondisi kulit tetap lembab:

1. Gunakan kandungan gliserin

Jika kamu memiliki tipe kulit kering, carilah produk pelembab yang mengandung gliserin. Oleskan pelembab ringan setelah kulit mengering dan berikan sentuhan ekstra dengan menggunakan mesin pelembab udara atau humidifier.

2. Cobalah minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak esensial (EFA), dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi. Tapi bukan minyak kelapa untuk memasak ya! Kamu bisa menggunakan minyak kelapa murni sebagai pelembab harian dan mengoleskannya pada kulit.

Gunakan pelembab dan pembersih yang lembut untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Hindari penggunaan bahan-bahan keras seperti alkohol atau pewangi yang dapat membuat kulit semakin kering bahkan iritasi.

__________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference