Makanan Untuk Penderita Tukak Lambung

Makanan untuk penderita tukak lambung atau bisa juga disebut dengan diet ulkus adalah rencana makan yang dirancang untuk menghilangkan gejala ulkus peptikum, mencegah kambuh, dan mencegah lebih banyak ulkus berkembang di waktu yang akan datang.

Perlu kamu ketahui bahwa ulkus adalah luka terbuka pada lapisan dinding lambung, atau yang kita sebut dengan tukak lambung. Kondisi ini tentu menimbulkan gejala yang menyakitkan, memilih makanan yang tepat akan membantu meminimalisir gejala tersebut.

Makanan terbaik untuk penderita tukak lambung

Tujuan diet ulkus adalah memperbaiki defisiensi nutrisi yang berkontribusi pada gejala, memberikan protein dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk sembuh, dan membantu menghindari makanan yang mengiritasi lambung.

Berikut adalah makanan yang disarankan:

1. Buah-buahan

Setiap buah segar atau beku mengandung serat dan antioksidan yang bermanfaat. Buah beri, apel, anggur, dan delima adalah beberapa pilihan terbaik untuk penyembuhan polifenol. Buah jeruk umumnya memicu refluks, sebaiknya kamu hindari jenis buah ini.

2. Sayuran

Sayuran hijau, sayuran merah, dan sayuran silangan (seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung) mengandung dengan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan penyembuhan secara keseluruhan. Batasi sayuran mentah karena lebih sulit dicerna tubuh.

3. Protein tanpa lemak

Unggas tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak seperti sirloin atau tenderloin, ikan, telur, tahu, tempe, kacang kering, dan kacang polong merupakan sumber protein rendah lemak yang sangat baik.

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden menyediakan lemak omega-3, yang dapat mengurangi peradangan dan dapat membantu mencegah ulkus lainnya.

7 Makanan untuk Penderita Muntaber Biar Cepat Sembuh!

4. Susu fermentasi

Produk seperti kefir dan Greek yogurt mengandung probiotik (bakteri bermanfaat) bersama dengan protein, jadi konsumsi ini adalah pilihan yang baik.

5. Roti dan biji-bijian

Roti gandum utuh, dan biji-bijian utuh seperti oat, quinoa, farro, millet, atau sorgum, merupakan sumber serat yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet ulkus.

6. Jamu dan rempah-rempah

Kamu bisa dengan bebas mengonsumsi sebagian besar herba dan rempah yang lembut karena merupakan sumber antioksidan. Pilihan terbaik yaitu kunyit, kayu manis, jahe, dan bawang putih, yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

7. Madu

Untuk pemanis, coba gunakan madu sebagai pengganti gula. Ada bukti bahwa beberapa jenis madu, termasuk madu oregano langka yang ditanam di Yunani, dapat membunuh bakteri jahat dalam tubuh.

7 Makanan untuk Penderita Skizofrenia yang Menyehatkan

Makanan yang harus dihindari penderita tukak lambung

Beberapa orang yang menderita tukak lambung juga mengalami asam lambung. Pada beberapa orang, makanan tertentu dapat mengendurkan bagian bawah kerongkongan, yang dikenal dengan sebutan lower esophageal sphincter atau LES. 

Kondisi LES yang rileks memudahkan asam untuk kembali ke kerongkongan dan menyebabkan mulas, gangguan pencernaan, dan nyeri. Hindari makanan dan minuman berikut untuk meminimalisir gejalanya:

minum alkohol saat haid

Alkohol

Semua alkohol mengiritasi lambung dan akan menunda penyembuhan. Hindari anggur, bir, dan minuman beralkohol lainnya.

Kafein

Kamu harus mengurangi atau berhenti minum kopi, teh, dan soda berkafein. Kandungan ini dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Makanan tinggi lemak

Cobalah untuk menghindari makanan tinggi lemak, yang dapat meningkatkan asam lambung dan memicu refluks. Kamu mungkin perlu menghindari saus, sup krim, dan saus salad, ganti lemak sehat seperti minyak zaitun.

Makanan asin

Para peneliti telah menemukan bahwa makanan asin dapat mendorong pertumbuhan H. pylori (bakteri pemicu tukak lambung). Acar dan sayuran asin atau fermentasi mengandung banyak garam dan terkait dengan risiko ulkus H. pylori yang lebih tinggi.

Cokelat

Cokelat dapat meningkatkan produksi asam lambung, dan beberapa orang menemukan bahwa itu memicu gejala refluks.

Apakah susu baik untuk penderita tukak lambung

Susu memang dapat meredakan maag selama beberapa menit. Tapi susu juga akan merangsang perut untuk menghasilkan lebih banyak asam, yang bisa membuat lambung semakin sakit. Para penderita tukak lambung tidak disarankan untuk meminum susu.

Jika kamu sudah terlanjur terbiasa minum susu dan sulit untuk menghentikannya, tanyakan kepada dokter tentang penggantinya. Susu bebas laktosa atau susu kedelai bisa menjadi pengganti yang baik dan tidak akan mengiritasi lambung.

Tidak hanya susu, beberapa minuman lain juga bisa mengiritasi lambung. Inilah sebabnya mengapa sebaiknya berhenti mengonsumsi kopi, teh, cola, cokelat, alkohol, dan jus buah jeruk sampai lambung sembuh. 

Semua minuman tersebut bersifat asam atau dapat meningkatkan asam lambung. Air putih adalah pilihan terbaik, pastikan kamu tidak memilih makanan dan minuman yang salah selama proses penyembuhan tukak lambung.

________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference