makanan untuk penderita muntaber

Saat mengalami muntaber tubuh menjadi terasa lemas akibat diare dan muntah yang terus menerus. Mengkonsumsi makanan untuk penderita muntaber dapat membantu memulihkan tubuh dan mencegah muntaber agar tidak semakin parah. 

Berikut sejumlah makanan yang baik dan aman untuk dikonsumsi penderita muntaber.

Muntaber harus makan apa?

makanan untuk penderita osteoarthritis

Muntah dan diare dapat menyebabkan usus tidak dapat menyerap nutrisi dan cairan dari makanan dengan baik. Namun, ada sejumlah makanan yang dapat membantu tubuh untuk mengembalikan nutrisi yang hilang selama muntaber. Berikut sejumlah makanan tersebut.

1. Diet BRAT

Diet yang satu ini memadukan beberapa makanan yakni  (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), serta roti panggang (toast). Berbagai makanan tersebut kombinasi dari jenis makanan rendah serat, hambar, dan bertepung yang akan membantu memadatkan feses ketika diare. 

Makanan ini direkomendasikan untuk anak hingga dewasa dengan gangguan pada sistem pencernaan. Namun, setelah merasa lebih baik, kamu harus kembali ke pola makan biasa ya. Pasalnya, makanan ini tidak mengandung semua nutrisi yang diperlukan tubuh.

2. Sereal dan biskuit

Ketika mual dan muntah, kamu juga dapat mengkonsumsi sereal atau biskuit. Kamu juga bisa pilih jenis biskuit dan sereal yang diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral.

3. Makanan berkuah

Makanan berkuah dapat membantu mencegah dehidrasi yang rentan dialami oleh orang yang tengah diare dan sering muntah. Kamu bisa konsumsi sup ayam atau makanan dengan kandungan air yang tinggi.

4. Makanan hambar

Selama muntaber, mau tidak mau kamu harus mengurangi makanan berbumbu. Saat muntaber, disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan rasa hambar seperti roti panggang, ubi jalar rebus, nasi putih atau kentang.

Konsumsi kentang juga baik untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh dan memiliki kandungan kalium yang hilang ketika muntah dan diare.

5. Buah-buahan

Buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti melon dan semangka akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, kamu juga bisa konsumsi apel yang memiliki kandungan pektin yang baik untuk diare.

Ini Dia Kalori Buah Naga, Cocok untuk Diet!

6. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak dapat menjadi pilihan makanan untuk penderita muntaber. Makanan ini dapat membantu meringankan gejala muntaber. Pilih daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit. Kamu bisa memasak daging ini dengan cara dibakar atau dipanggang.

7. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang aman untuk dikonsumsi penderita muntaber. Selain itu, telur juga mengandung vitamin B dan selenium yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa masak telur dengan cara direbus. 

Berapa Kalori 1 Telur Rebus? Ternyata, Cocok untuk Diet Lho!

Makanan yang tidak baik untuk penderita muntaber

Selain mengkonsumsi makanan untuk penderita muntaber yang baik, kamu juga perlu menghindari beberapa makanan berikut ini. Pasalnya, makanan ini dapat menyebabkan muntaber semakin parah.

1. Makanan berminyak dan berlemak

kalori tempe goreng

Makanan berlemak dan berminyak dapat menyebabkan otot pada dinding saluran cerna megang, alhasil diare juga semakin parah. Makanan berminyak juga dapat menyebabkan perut jadi kembung.

2. Sayuran yang mengandung gas

Ada beberapa jenis sayuran yang perlu kamu hindari selama muntaber. Sayuran tertentu dapat menyebabkan gas di usus yang memperburuk muntaber. Beberapa sayuran yang mengandung gas adalah kembang kol, brokoli, paprika, kubus dan lainnya.

3. Buah-buahan tertentu

Selain sayuran, kamu juga perlu menghindari jenis buah yang dapat menyebabkan diare semakin parah seperti ceri, nanas dan anggur.

4. Pemanis buatan

Makanan dan minuman dengan pemanis buatan juga perlu kamu hindari karena dapat menyebabkan kembung dan buruk untuk diare. Hindari minuman bersoda dan makanan dengan kandungan pemanis buatan.

5. Makanan pedas

Kamu juga sebaiknya hindari makanan pedas karena dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan sehingga diare semakin memburuk. .

Cara agar muntaber cepat sembuh

minum air dingin saat haid

Muntaber dapat sembuh sendiri tanpa mengkonsumsi obat-obatan khusus. Namun, penyakit yang satu ini bisa menyebabkan elektrolit dan cairan tubuh berkurang. Untuk mengatasinya, kamu bisa penuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menghindari risiko dehidrasi. 

Selain mengkonsumsi air, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman elektrolit yang juga dipercaya dapat mengatasi mual. Selain itu, konsumsi juga makanan untuk penderita muntaber dan hindari makanan yang bisa memperburuk gejala muntaber.

Namun, jika muntaber tidak kunjung sembuh pastikan untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat.

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference